9 Bahan Dapur Ini Bisa Bikin Gigi Anda Putih dan Sehat

DokterSehat.Com– Senyum menjadi ciri khas masyarakat Indonesia di mata para turis. Senyum ramah dengan gigi putih berkilau akan membuat orang lain senang melihatnya. Bahkan, orang-orang akhir-akhir ini menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan gigi yang indah dengan menjalani operasi gigi. Padahal ada sesuatu di dekat kita yang dapat dengan mudah membuat gigi kita menjadi indah.

doktersehat-bawang-merah-putih

Berikut ini ada beberapa makanan sehari-hari yang tidak pernah Anda sadari dapat digunakan untuk membantu membuat gigi Anda putih, seperti mengutip Bright Side.

doktersehat-susu-keju-telur

1. Keju, bukan permen karet
Keju adalah solusinya! menjadi sumber kalsium yang bagus. Keju bisa membantu Anda menyingkirkan rongga pada gigi anda. Studi telah menunjukkan bahwa tingkat pH sangat penting bagi kesehatan gigi. Makanan yang terbuat dari susu ini telah dicatat untuk menaikkan tingkat pH dan membawanya di atas 5,5, yang mengurangi risiko kerusakan gigi.

Semua permen karet memang menghasilkan air liur, yang bagus untuk gigi. Selain itu, permen karet yang manis, khususnya, bisa lebih berbahaya. Orang yang menderita sakit rahang atau gejala gangguan temporomandibular (TMD / TMJ) juga disarankan untuk menghindari permen karet. Selalu disarankan untuk menggunakan alternatif untuk mengunyah permen karet.

doktersehat-kunyit-perut

Photo Credit: Scott Dexter

2. Kunyit Vs obat-obatan
Warna kunyit tak tergantikan, dan itu adalah seumber pewarna yang terkenal sejak zaman dahulu. Tidakkah sulit untuk percaya bahwa itu bisa memutihkan gigi Anda?

Penelitian membuktikan bahwa kunyit tidak hanya memecahkan masalah kebersihan gigi tapi juga masalah gigi yang serius seperti sakit gigi, pembengkakan gusi, radang gusi, dan periodontitis. Obat-obatan, di sisi lain, hanya bisa memberi bantuan sementara dan dapat merusak kesehatan gigi dalam jangka panjang. Overusage obat dapat memberi Anda kondisi seperti mulut kering dan masalah gigi dan gusi.

doktersehat-wanita-cantik-wajah-muka-ketimun-mentimun-masker

3. Mentimun Vs lemon
Ini adalah kepercayaan populer bahwa lemon bisa membuat gigi Anda putih mengkilap. Tapi jika Anda bertanya kepada dokter gigi, dia mungkin mengatakan bahwa ada efek samping yang serius kehilangan enamel gigi. Jadi apa alternatifnya? Mentimun!

Serat mentimun diketahui dapat memijat gigi dan gusi Anda. Seiring dengan itu, jus mentimun yang disekresikan di mulut Anda bermanfaat bagi penderita pilorrhea —peradangan dari gingivitis yang menyebar sampai ke struktur penyangga gigi.

Anda mungkin menemukan lemon di atas daftar pengobatan gigi di banyak tempat. Tapi ada juga yang mempercayainya. Mereka mungkin melakukan pekerjaan eksternal untuk membuat gigi Anda lebih putih, tapi juga merusak email. Lemon mengandung asam, yang secara bertahap bisa menghilangkan lapitsan tipis enamel pada gigi Anda.

doktersehat-buah-stroberi

Photo Credit: Andrew Malone

4. Stroberi Vs strawberry candy
Buah merah kecil ini adalah buah ajaib! Stroberi dikatakan sebagai salah satu yang misa memutihkan gigi paling kuat karena buah berwarna merah ini tidak hanya bertindak sebagai zat yang baik, tetapi juga merupakan sumber vitamin C yang kaya.

Stroberi juga bisa digunakan sebagai pembersih gigi bila dicampur dengan baking soda. Jadi dengan mengonsumsi stroberi, selain rasanya yang luar biasa, Anda juga mendapat khasiat untuk kesehatan gigi putih.

Permen stroberi, atau permen apapun dalam hal ini, lebih baik diminum secukupnya karena gula yang ada di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang. Hal ini juga disarankan untuk menyikat gigi setelah makan apapun yang manis.

Baca Juga:  Gigi Sehat Adalah Tanda Jantung Sehat Juga

doktersehat-tahu-putih-kukus-sehat-pencegah-kanker

5. Tahu Vs minuman soda
Banyak orang menyarankan mengkonsumsi tahu untuk kadar kalsium dan proteinnya yang tinggi. Mari perkenalkan satu manfaat lagi dari tahu.

Tahu dikatakan sebagai pembuat air liur, sehingga membantu membersihkan gigi. Hal ini juga sangat basa dan merupakan sumber kalsium yang baik untuk gigi Anda.

Tambahkan protein hebat ini ke makanan Anda tidak hanya untuk kesehatan gigi tapi juga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Sedangkan untuk minuman soda, pasti semua orang setuju dengan fakta bahwa soda tidak baik untuk kesehatan gigi. Minuman aerasi tidak hanya menyebabkan erosi gigi dan gigi berlubang. Minuman ini juga menyebabkan kerusakan lapisan email pada gigi Anda.

doktersehat-teh-hijau-matcha

6. Teh hijau Vs teh hitam
Anda suka minum teh hijau atau teh hitam, atau bahkan suka minum kopi. Nah, dua dari ketiga jenis minuman ini dapat mengurangi keindahan gigi Anda lho!

Kita cari tahu kenapa. Teh hijau kaya akan polifenol, yang membantu melawan bakteri plak. Ini juga membantu menghentikan dan mengendalikan pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga menghentikannya dari memproduksi asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Bonusnya adalah juga menghilangkan bau mulut.

Teh hitam dan juga kopi hitam bisa memberi Anda masalah gigi. Noda teh dan kopi hitam membuat gigi Anda menjadi berwarna gading, karena kandungan tannin yang tinggi.

doktersehat-minyak-kelapa

7. Minyak kelapa Vs cokelat
Minyak kelapa mungkin terdengar aneh untuk gigi, namun terbukti bisa memberikan keajaiban. Asam laurat yang ada dalam minyak kelapa cukup baik untuk melawan bakteri keras yang ada di mulut Anda, yang menyebabkan kerusakan gigi, bau mulut, dan penyakit gusi.

Metode yang digunakan disebut oil pulling, dan ini mengharuskan Anda menggosok minyak di gigi selama 15-20 menit. Caranya oleskan minyak pada gigi Anda perlahan. Anda tidak perlu menelan minyak dalam prosesnya.

Selain cokelat gelap yang membuat kerusakan pada gigi. Cokelat putih atau cokelat susu, yang memiliki kandungan gula lebih tinggi dari pada kakao, bisa menyebabkan masalah pada rongga mulut.

daun-seledri-doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Rima Nurmala

8. Seledri vs kripik kentang
Seledri terasa segar dan renyah, dan juga baik untuk kesehatan gigi. Kandungan air seledri yang tinggi membuatnya enak dikunyah untuk gigi Anda. Daun yang berwarna indah ini tidak hanya akan merampingkan pinggang Anda, tapi juga akan mengurangi bakteri yang ada di mulut Anda.

Seledri juga membantu menghilangkan plak. Jika dikunyah dengan baik, bisa juga membersihkan plak di antara gigi Anda dari partikel makanan.

Makanan yang berdampak pada kesehatan gigi juga berlaku untuk kripik kentang favorit Anda. Kentang-kentang ini penuh dengan pati dan karenanya tidak sehat untuk gigi Anda. Pati bisa terjebak di gigi Anda dan menyebabkan erosi.

doktersehat-bawang-merah-putih

pic credit: alice henneman

9. Bawang
Faktanya ternyata bawang bertindak sebagai pembersih gigi dan pemutih. Bawang mungkin membuat napas Anda kurang sedap, tapi senyawa belerang yang ada di bawang akan membantu mencegah pembentukan plak. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunyah beberapa bawang mentah. Menggosok bawang pada gigi Anda juga dapat membantu menyembuhkan sakit gigi.

Tipsnya, kelebihan fluorida dapat mempercepat kerusakan gigi. Jadi jika Anda berpikir sedikit mengurangi pasta gigi tambahan akan membantu gigi Anda tetap kuat dan putih, pikirkan lagi!

Gigi menambah indah senyum dan Anda harus merawatnya dengan hati-hati