informasi kesehatan


BLIGHTED OVUM (KEHAMILAN KOSONG)

BLIGHTED OVUM (KEHAMILAN KOSONG)

Blighted ovum adalah keadaan dimana seorang wanita merasa hamil tetapi tidak ada bayi di dalam kandungan. Seorang wanita yang mengalaminya juga merasakan gejala-gejala kehamilan seperti terlambat menstruasi, mual dan muntah pada awal kehamilan (morning sickness), payudara mengeras, serta terjadi pembesaran perut, bahkan saat dilakukan tes kehamilan baik test pack maupun laboratorium hasilnya pun positif.

Pada saat konsepsi, sel telur (ovum) yang matang bertemu sperma. Namun akibat berbagai faktor maka sel telur yang telah dibuahi sperma tidak dapat berkembang sempurna, dan hanya terbentuk plasenta yang berisi cairan. Meskipun demikian plasenta tersebut tetap tertanam di dalam rahim. Plasenta menghasilkan hormon HCG (human chorionic gonadotropin) dimana hormon ini akan memberikan sinyal pada indung telur (ovarium) dan otak sebagai pemberitahuan bahwa sudah terdapat hasil konsepsi di dalam rahim. Hormon HCG yang menyebabkan munculnya gejala-gejala kehamilan seperti mual, muntah, ngidam dan menyebabkan tes kehamilan menjadi positif. Karena tes kehamilan baik test pack maupun laboratorium pada umumnya mengukur kadar hormon HCG (human chorionic gonadotropin) yang sering disebut juga sebagai hormon kehamilan.

Hingga saat ini belum ada cara untuk mendeteksi dini kehamilan blighted ovum. Seorang wanita baru dapat diindikasikan mengalami blighted ovum bila telah melakukan pemeriksaan USG transvaginal. Namun tindakan tersebut baru bisa dilakukan saat kehamilan memasuki usia 6-7 minggu. Sebab saat itu diameter kantung kehamilan sudah lebih besar dari 16 milimeter sehingga bisa terlihat lebih jelas. Dari situ juga akan tampak, adanya kantung kehamilan yang kosong dan tidak berisi janin.

Karena gejalanya yang tidak spesifik, maka biasanya blighted ovum baru ditemukan setelah akan tejadi keguguran spontan dimana muncul keluhan perdarahan. Selain blighted ovum, perut yang membesar seperti hamil, dapat disebabkan hamil anggur (mola hidatidosa), tumor rahim atau penyakit usus.

Sekitar 60% blighted ovum disebabkan kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. Infeksi TORCH, rubella dan streptokokus, penyakit kencing manis (diabetes mellitus) yang tidak terkontrol, rendahnya kadar beta HCG serta faktor imunologis seperti adanya antibodi terhadap janin juga dapat menyebabkan blighted ovum. Risiko juga meningkat bila usia suami atau istri semakin tua karena kualitas sperma atau ovum menjadi turun.

Jika telah didiagnosis blighted ovum, maka tindakan selanjutnya adalah mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim (kuretase). Hasil kuretase akan dianalisa untuk memastikan apa penyebab blighted ovum lalu mengatasi penyebabnya. Jika karena infeksi maka dapat diobati sehingga kejadian ini tidak berulang. Jika penyebabnya antibodi maka dapat dilakukan program imunoterapi sehingga kelak dapat hamil sungguhan.

Untuk mencegah terjadinya blighted ovum, maka dapat dilakukan beberapa tindakan pencegahan seperti pemeriksaan TORCH, imunisasi rubella pada wanita yang hendak hamil, bila menderita penyakit disembuhkan dulu, dikontrol gula darahnya, melakukan pemeriksaan kromosom terutama bila usia di atas 35 tahun, menghentikan kebiasaan merokok agar kualitas sperma/ovum baik, memeriksakan kehamilan yang rutin dan membiasakan pola hidup sehat.

pf button both BLIGHTED OVUM (KEHAMILAN KOSONG)
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

137 Responses to “BLIGHTED OVUM (KEHAMILAN KOSONG)”

  1. Frilda says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Komentar Tidak Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 6

  2. dr. Intan says:

    @Frilda – Memang benar tindakan dokter dengan menunggu terlebih dahulu, karena pada usia kehamilan 5 minggu diameter kantung kehamilan belum terlihat jelas, biasa kantung kehamilan akan tampak lebih jelas setelah 8 minggu bahkan akan lebih pasti setelah 12 minggu. Pada saat itu barulah bisa semakin dipastikan bahwa memang kantung kehamilan tersebut kosong dan tidak berisi janin.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 1

  3. Nina says:

    Terima kasih atas Info yang sangat membantu…

    Saya memiliki masalah yaitu pada minggu ke-2 dari telatnya jadwal haid, saya test pack. Hasilnya positif. Karena saya kerja dipelosok jadi cuma ada bidan. pada pemeriksaan pertama bidan hanya memegang perut saya dan memberi obat vitamin dan penguat rahim (karna saya menggunakan motor sebagai transport ke tempat kerja) begitu juga pada pengecekan kedua. pada 16 dan 17/03/2012 keluar flek warna coklat di CD. dan saya melakukan pengecekan ke 3 (17/03/2012) pada usia kehamilan 11 minggu. kebetulan ada dokter kandungan yang lagi dinas ke tempat saya. saat itu dokter melakukan USG. dan ternyata katanya ga ada bayi di rahim saya (astaghfirullah) dan beliau bilang rahim saya normal. beliau memberikan vitamin E dan akan melakukan pengecekan kembali 2 minggu berikutnya.
    Namun esok harinya (18/03/2012) hingga hari ini (19/03/2012), ternyata keluar seperti warna coklat dengan jumlah cukup banyak dan juga lendir2 berwana merah. Nah apakah saya termasuk blighted ovum dok?? dan apa yang harus saya lakukan?
    Mohon bantuannya…
    Terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  4. icha says:

    dok, ini kehamilan saya yg ke-2, pertama saya pernah hamil 1 th yg lalu sampai umur sekitar 9minggu, dan saat itu janin dinyatakan tidak berkembang lalu diambil tindakan kuretase, saat ini saya sudah telat haid sekitar 5minggu (terakhir haid 15/02/2012, di testpack positif dan sesuai pemeriksaan dokter kemarin pun positif, dokter hanya bilang baru keliatan kantungnya saja umur kehamilan sekitar 5minggu(tetapi di printout USG 7minggu) dan dokter menyarankan utk bedrest dan tidak boleh berhubungan selama 2minggu dan 2minggu kemudian kontrol lagi setelah saya bandingkan dgn hasil USG kehamilan pertama memang aga berbeda karna yg dulu didalam kantung sudah terlihat seperti titik tapi saya tidak tahu apakah itu yg namanya janin,kalau hasil USG yang sekarang memang hanya terlihat lingkaran hitam saja dan saya diberi penguat cygest yg dimasukan ke dalam vagina, pertanyaannya dok, apakah kondisi ini normal? apakah obat penguat itu bisa membantu memunculkan janin? apa tanda yg muncul klo memang kita positif BO selain dr hsl USG? kalau kita BO apakah kantung rahim tetap berkembang?sampai kapan? mohon penjelasannya dok karena saya agak trauma dengan keguguran yang pernah saya alami, mohon jawaban dikirim ke email, terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. bayti says:

    Dok,kakak saya saat ini sedang hamil yang ketiga kalinya, Yang pertama dikuretase karena blightead ovum, sedang yg kedua tidak dilakukan tindakan kuretase hanya diberikan obat untuk meluruhkan janin.Kemudian 4 atau 5 bulan kemudian hamil lagi yang ketiga. Dan hari ini diketahui bahwa kehamilannya blightead ovum lagi, besok pagi akan kuretase. Sebenarnya berapa rentang waktu untuk boleh hamil kembali. Lalu apakah tindakan yg sebaiknya harus dilakukan,karena ini sudah ketiga kalinya. Bisakah dilakukan pengobatan alternatif? Terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 1

  6. Eni says:

    Dok..ketika kandungan saya 9w saya usg perut ternyata janin saya blm terlihat kemudian diberi waktu 2 minggu lg. 2 mgg berselang setelah pemeriksaan usg transvaginal dinyatakan kehamilan saya BO. Saat itu dokter menyarankan untuk kuretase tp sy pilih alami dgn obat, belum minum obat saya sudah keguguran jd skg tinggal pembersihan. Selanjutnya tindakan saya apa ya dok? Kemarin dokter sy blg stlh bersih disuruh usg lg utk menyakinkan selanjutnya cek lab. Terima Kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. hanita says:

    usia kandungan saya bru 3mggu,stlah d usg ternyata terdapat kista,yg ingin sy tanyakan apakah kista bs menyebabkan terlabat haid n membuat tes urin +?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. dr. Intan says:

    @hanita – Tergantung dari jenis kista yang anda alami.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

  9. any says:

    bagimana cr biar tdk terjadi bo lg.dan pasca kuret kpn blh hamil lg

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 18 Thumb down 1

  10. any says:

    @any -

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. indri says:

    bila pria mpnyai kntng zakar 1,apakah kmgkinan khmilan b o

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. ulfi says:

    apa yang dimaksud dengan ovum?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

  13. diana says:

    mau menanyakan dokter bila blight ovum tidak dilahirkan dengan kuretase apakah bisa secara spontan keluar tanpa diberi obat???

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Bisa saja, namun yang kita takutkan adalah bahwa keluarnya tersebut adalah sebagian dan dapat menimbulkan gangguan di kemudian hari. Oleh karena itu tetap disarankan untuk mengeceknya ke dr (spesialis kandungan) bila mengalami hal tersebut.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. I personally enjoy, bring about I recently found what precisely I was having a look pertaining to. You’ve broken my personal 4 day extended search! Our god Bless you guy. Use a awesome evening. Ok bye

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. dendi ferdinal says:

    Istri saya awalnya di claim BO, namun setelah 3 Kali konsul, dokter tersebut claim kandungan Istri jadi kanker rahim. Koq bisa begitu dok.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Blighted Ovum (BO) « dC Mind - [...] Blighted Ovum (BO) 21 09 2009 dikutip dari: http://doktersehat.com/2008/07/28/84/ [...]
  2. BLIGHTED OVUM (KEHAMILAN KOSONG) | Dokter Sehat « Doni Andriansyah - [...] BLIGHTED OVUM (KEHAMILAN KOSONG) | Dokter Sehat Posted: 2 September, 2010 by doni0407 in Uncategorized 0 …
  3. Berbagi Pengalaman tentang TORCH « berhenti sejenak - [...] Akhir pekan kami memeriksakan kandungan istri ke RSU dan kami mendapat kabar kurang menyenangkan: blighted ovum. Apaan tuh? Kami …
  4. Blighted ovum (Kehamilan Kosong) « JAWAD BAHONAR - [...] sperma/ovum baik, memeriksakan kehamilan yang rutin dan membiasakan pola hidup sehat. Read more: http://doktersehat.com/84/#ixzz26Gkgp7dU Like this:SukaBe the first …