800 Ribu Kematian Bayi Bisa Dicegah Dengan Pemberian ASI Eksklusif

DokterSehat.Com – Sebuah hasil penelitian yang baru saja dipublikasikan oleh jurnal The Lancet menunjukkan sebuah fakta bahwa yang sangat mengejutkan dimana pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif ternyata bisa mencegah kematian bayi hingga angka 800 ribu per tahunnya. Angka ini tentu sangatlah besar mengingat banyak orang yang masih cenderung menyepelekan manfaat dan pentingnya menyusui ASI secara eksklusif. Selain bagi sang bayi, pemberian ASI eksklusif ternyata juga bisa memberikan kebaikan bagi sang ibu mengingat dari penelitian yang sama, terungkap bahwa mereka yang menyusui bayinya hingga setidaknya usia sang bayi 12 bulan akan memiliki resiko jauh lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Bahkan, tercatat jika setidaknya 20 ribu kematian akibat kanker payudara bisa dicegah dengan menyusui.

shutterstock_113110369 copy

Salah satu pakar kesehatan yang melakukan penelitian ini, Cesar Victoria, mengungkapkan jika masih banyak orang tua yang mengganti ASI dengan produk susu formula di pasaran karena menganggapnya sama saja atau bahkan menganggap susu formula memiliki nutrisi jauh lebih baik daripada ASI. Padahal, jika hal ini dilakukan maka anak pun akan mengalami dampak negatif pada perkembangannya, keseahtannya, dan penyerapan gizi dalam jangka yang panjang. Selain itu, bagi sang ibu sendiri, hal ini ternyata juga bisa berimbas buruk bagi kesehatannya.

Di Inggris sendiri, ditemukan fakta bahwa hanya 0,5 persen bayi yang bisa mendapatkan ASI hingga usianya 12 bulan. Secara keseluruhan, hanya 37 persen bayi di Inggris yang mendapatkan ASI eksklusif. Fakta ini tentu membuat sedih banyak pakar kesehatan mengingat setidaknya durasi paling ideal bagi bayi untuk mendapatkan ASI adalah 18 bulan lamanya. Bahkan, WHO berkata jika idealnya bayi mendapatkan ASI hingga usianya mencapai dua tahun dimana setengah tahun pertama bayi mendapatkan ASI eksklusif dan satu setengah tahun berikutnya bayi mendapatkan ASI dan makanan pendamping ASI.

Baca Juga:  Penyakit Kulit Eksim

Dengan mendapatkan asupan ASI yang ideal, bayi pun akan memiliki harapan hidup lebih tinggi, mengalami perkembangan fisik dan kecerdasan yang baik, dan cenderung lebih rendah terkena diabetes ataupun obesitas. Dengan adanya fakta-fakta ini, anda yakin mau mengganti ASI dengan susu formula demi buah hati anda?