8 Makanan agar Awet Muda

DokterSehat.com – Ada beragam ciri bahwa anda telah terkena penuaan, seperti kulit yang semakin keriput, rambut kusam dan juga berbagai masalah lain. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri anda bukan? Nah, bila anda ingin dapat selalu tampil awet muda, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi beberapa makanan ini.



Selalu tampil segar dan terlihat awet muda tidak bisa didapat hanya dengan perawatan dari luar. Anda juga harus melakukan perawatan dari dalam. Salah satunya dengan konsumsi makanan nutrisi awet muda.

Makanan apa saja yang baik untuk kecantikan Anda?

Kiwi
Buah ini kaya vitamin C sebagai antioksidan dan juga vitamin E yang mencegah penuaan sel. Menurut Elizabeth Somer, penulis buku Age-Proof Your Body, vitamin E ini melindungi sel dan mencegah kerusakan jaringan kolagen akibat paparan sinar ultraviolet.

Tiram
Seafood ini merupakan penghasil utama zinc yang diperlukan untuk menjaga jaringan kolagen sehingga kulit tetap sehat. Zinc diperlukan untuk proses regenerasi sel-sel kulit Anda.

Salmon
Ikan salmon kaya asam lemak omega 3 yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan DHA-nya membantu menjaga sistem imunitas tubuh dan mencegah timbulnya sel kanker kulit.

Sereal whole-grain
Sereal kaya serat ini mengandung banyak vitamin B kompleks, meliputi folat, B6 dan B12. Semua zat gizi itu diperlukan oleh rambut supaya tetap sehat. Vitamin B membantu produksi sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke akar rambut dan kulit kepala.
Jika kekurangan vitamin B kompleks, Anda bisa mengalami rambut rontok, uban, ketombe, dan sebagainya.

Daging
Daging adalah sumber utama keratin, yaitu protein yang berperan dalam menjaga tekstur rambut selalu halus, lembut, dan tebal. Kekurangan keratin bisa membuat rambut kusam, bercabang, dan juga kebotakan.

Baca Juga:  Ketombe dan Penyebabnya

Teh hijau
Menurut penelitian Medical College of Georgia, teh hijau membantu mengatasi ketombe yang parah. Kandungan polifenol teh hijau menetralkan protein di tubuh yang mengontrol regenerasi sel kulit.

Lemon
Menurut Jeannette Graf, M.D, penulis Stop Aging, Start Living Buah asam ini mengandung alkaline yang sangat tinggi sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Permen karet tanpa gula
Mengunyah permen karet membantu produksi air ludah yang penting untuk melindungi email gigi dari serangan zat yang merusak gigi misalnya soda, kopi, dan sebagainya. (VIvanews.com)

 

Sumber : ibuprita.suatuhari.com