8 Langkah untuk Anda Agar Lebih Percaya Diri di 2018

tips-percaya-diri-tahun-baru
Photo Credit: Flickr/ Subharnab Majumdar

DokterSehat.Com– Apakah Anda ingin merasa lebih percaya diri di tahun 2018? Kabar baiknya adalah bahwa kepercayaan diri adalah sebuah keterampilan. Ini berarti kepercayaan diri adalah sesuatu yang bisa Anda pelajari dan kembangkan. Ini berarti kepercayaan diri bukanlah sesuatu yang Anda dilahirkan dengan atau kualitas yang Anda miliki atau tidak miliki.

Photo Credit: Flickr/ Subharnab Majumdar

Keyakinan dibentuk oleh peluang dan pengalaman masa lalu dan juga dibentuk oleh pengalaman baru dan pendekatan baru. Ini menggairahkan karena itu berarti kita semua bisa tumbuh dan memperluas kepercayaan diri kita.

Siap membangun kepercayaan diri? Ikuti 8 langkah berikut ini, seperti mengutip dari Psychcentral.com, Rabu (3/1/2018):

1. Pilih tujuan keyakinan Anda. Ambil langkah pertama. Alih-alih mendefinisikan kepercayaan diri sebagai perasaan lebih percaya diri pada umumnya, pikirkan tentang bagian mana yang ingin lebih dipercaya? Apakah itu sesuatu yang baru? Mungkin Anda memiliki tujuan berkarir atau ingin membuat awal yang baru. Buat catatan dan sespesifiknya.

2. Dapatkan yang spesifik. Tentukan hal-hal yang ingin bisa Anda lakukan atau tugas yang ingin Anda capai jika merasa lebih percaya diri. Apakah Anda ingin merasa percaya diri saat tampil atau berbicara di depan umum, atau merasa kurang cemas dengan wawancara? Apakah Anda ingin mencoba sesuatu yang baru tapi merasa terlalu takut? Apakah Anda ingin merasa lebih percaya diri sebagai orangtua?

3.Tinjau keahlian Anda saat ini. Keyakinan adalah persepsi Anda tentang kemampuan Anda untuk melakukan suatu tugas. Meninjau keahlian Anda penting karena jika Anda tidak memiliki keterampilan yang Anda butuhkan akan sulit untuk merasa percaya diri.

4. Sempurnakan keterampilan Anda. Sekarang setelah Anda membuat penilaian realistis tentang keterampilan yang Anda butuhkan saat ini untuk menyempurnakan dan mempraktikkannya. Begitu sering orang berhenti saat mereka berpikir mereka tidak memiliki keterampilan. Inilah inti yang Anda butuhkan untuk terus meningkatkan kepercayaan diri Anda. Dengan mempelajari hal-hal baru, menghadapi tantangan baru dan kemudian mempraktikkannya, kita membangun kepercayaan diri saat kesuksesan kita meningkat. Jika kita tidak mencoba hal baru, ini memperkuat pandangan diri kita sebagai kurang dan kita tidak mendapatkan bukti bahwa sebenarnya, kita dapat melakukan hal-hal baru.

5. Ubah pemikiran Anda. Apakah pikiran Anda menahan kepercayaan diri Anda kembali? Berpikir adalah salah satu poin yang bisa menjaga kepercayaan diri tetap terjaga. Periksa dengan seksama hal-hal yang dipikirkan oleh pikiran Anda tentang Anda, kemampuan dan kepercayaan diri Anda.

Berpikir sangat erat kaitannya dengan sistem kepercayaan sehingga melakukan sedikit investigasi dan mengidentifikasi pikiran mana yang menjadi keyakinan kuat. Ini mungkin keyakinan tentang Anda, wanita atau bagaimana dunia bekerja. Menantang pikiran-pikiran itu menggantikan mereka dengan pemikiran yang lebih sehat dapat membantu atau alternatif untuk melepaskan diri dari pikiran yang meredam kepercayaan diri Anda, menganggapnya sebagai cerita dan bukan fakta.

tahun-baru-2018-doktersehat

6. Mengingat kesuksesan masa lalu. Berpikir tentang kenangan akan kesuksesan masa lalu dan saat-saat percaya diri membantu membangun perasaan percaya diri. Mengingat perasaan setelah Anda melakukan sesuatu dengan percaya diri, seperti yang dirasakan di tubuh Anda dan pikiran yang Anda miliki tentang diri Anda adalah kebiasaan orang percaya. Kenangan ini tidak harus dikaitkan dengan tujuan kepercayaan diri Anda, mereka hanya perlu memikirkan Anda dengan perasaan sukses dan percaya diri menyelesaikan sebuah tugas.

Mungkin Anda berbicara di pesta pernikahan seorang teman meskipun Anda gugup, mungkin Anda menyelesaikan kursus yang menantang, mungkin Anda mendapat banyak umpan balik di tempat kerja, mungkin Anda mendaki puncak yang terkadang terasa tidak bisa diobati dan Anda merasa bangga dengan diri Anda di puncak.

7. Temukan tim penyelamatmu. Menjadi lebih percaya diri lebih mudah jika Anda memiliki tim pendukung di belakang Anda. Memiliki orang yang meningkatkan Anda daripada membuat Anda kecewa atau mendorong keraguan diri adalah penting. Ini adalah orang-orang yang memungkinkan Anda berubah dan ingin Anda berhasil.

Buat daftar orang yang mendukung kepercayaan diri Anda. Pilihlah kepercayaan-mengarahkan orang sebagai orang yang Anda ajak pergi untuk mengeluarkan gagasan, membantu umpan balik pemecahan masalah dan realistis.

8. Waktu untuk beraksi. Pada titik ini, saatnya untuk mengambil tindakan. Anda telah menyelesaikan keterampilan yang Anda butuhkan dan mempraktikkannya, Anda telah mengatasi rintangan dalam diri Anda sendiri, Anda telah mendapatkan regu kegembiraan Anda di tempat. Sekarang apa? Biasanya, Anda akan menemukan saraf. Apakah ini berarti Anda belum siap? Tidak. Hal ini normal untuk memiliki kombinasi saraf dan kecemasan saat Anda menangani sesuatu yang penting bagi Anda. Gunakan strategi menenangkan Anda dan terus berjalan.

Ini untuk lebih percaya diri Anda di tahun 2018. Tidak ada lagi kata menunggu dan berharap untuk percaya diri itu akan datang. Sebagai gantinya, Anda bisa belajar dan membangun kepercayaan diri Anda dengan perencanaan dan tindakan.