8 Kebiasaan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Langsing

DokterSehat.Com – Tidak selamanya diet yang dilakukan mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Terkadang kita sudah melakukan diet mati-matian, namun yang didapat hanya rasa tersiksa karena kelaparan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus menahan lapar berlebihan.



Setiap perubahan yang harus Anda jalani selama melakukan diet adalah langkah penting untuk membawa tubuh Anda mengenal pola hidup yang lebih baik dan lebih sehat, tentu tidak perlu melakukan perubahan besar-besaran untuk menurunkan berat badan. Ada begitu banyak kebiasaan-kebiasaan kecil yang jika Anda lakukan rutin setiap hari akan memberikan perubahan yang besar bagi tubuh Anda.

Berikut ini ada 8 kebiasaan sehat untuk membuat tubuh Anda lebih langsing dan lebih sehat :

  • Jangan lupa sarapan
    Untuk mengisi kembali energi tubuh setelah bangun tidur, biasakan sarapan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Selain memberi energi di pagi hari, sarapan juga mencegah Anda makan secara berlebihan di siang harinya.
  • Jauhi makanan berkalori tinggi
    Bagi Anda yang terbiasa ngemil makanan manis dan berkalori tinggi, mulai saat ini mengurangi makanan tersebut jika ingin menurunkan berat badan Anda. Lebih baik mengganti camilan manis yang biasa Anda makan dengan makanan yang kalorinya rendah, misalnya buah dan kacang-kacangan. Selain mengenyangkan, kandungan vitamin, mineral dan serat pada buah juga baik untuk kesehatan. Batasi konsumsi karbohidrat, dan perbanyak porsi sayuran serta protein pada menu makan utama Anda.
  • Makan teratur
    Atur waktu makan Anda, hal ini untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan juga untuk mencegah timbulnya rasa lapar yang berlebihan di waktu-waktu tertentu. Cukup makan nasi 3 kali sehari dalam porsi yang tidak berlebihan. Sedang waktu-waktu di antara jadwal makan dapat Anda selingi dengan konsumsi buah. Makan dengan cara ini dapat menjaga berat badan Anda.
  • Makan dalam porsi kecil dan perlahan
    Saat makan, coba bagi makanan Anda menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Makan secara perlahan setiap bagian makanan di piring Anda. Otak membutuhkan waktu 20 menit untuk merasakan kenyang. Dengan makan secara perlahan, Anda akan merasa cepat kenyang meskipun porsi yang Anda makanan lebih sedikit dari biasanya.
  • Jangan lakukan aktivitas lain saat makan
    Hindari makan sambil nonton, ngobrol atau melakukan aktivitas lain. Karena Anda tidak akan pernah menyadari seberapa banyak yang telah Anda makan saat itu. Melakukan aktivitas saat makan akan membuat otak Anda terbiasa mengasosiasikan kedua hal tersebut. Misalnya, Anda akan merasa aneh jika nonton tanpa makan, sekalipun saat itu bukan jam makan.
  • Keluar rumah dan berbelanja dalam keadaan kenyang
    Jangan keluar rumah atau pergi berbelanja saat perut kosong, kenapa? Karena dengan kondisi perut kenyang, Anda tidak akan tergiur membeli makanan yang tidak sehat di luar rumah yang mungkin saja dapat menjadi pemicu bertambahnya berat badan.
  • Sikat gigi setelah makan
    Rajin sikat gigi dan menggunakan obat kumur setelah makan, hal ini bertujuan agar Anda tidak tergoda untuk makan lagi dan lagi di luar jam makan.
  • Rajin berolahraga
    Olahraga merupakan cara untuk membakar kelebihan kalori yang masuk ke tubuh. Jadi, kalaupun dalam sehari kalori yang masuk ke tubuh Anda lebih, dengan olahraga kalori tersebut akan digunakan secara optimal dan tidak akan tertimbun sebagai lemak. Ini sangat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat loh.
Baca Juga:  Almond, Camilan Nikmat Yang Baik Untuk Diet

Butuh keuletan dan kesabaran untuk menurunkan berat badan, ayo mulai 8 kebiasaan sehat ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga diet Anda berhasil!