8 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Dokter Sehat – Kanker Payudara masih menjadi penyakit yang sangat menakutkan bagi para wanita, karena sifatnya yang sulit untuk dideteksi pada stadium dini, membuat kita harus mencari cara agar tidak terkena penyakit ini. Menjaga pola makan dan rajin berolahraga sering dianjurkan para ahli kesehatan demi menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu, ada pula kebiasaan sehari-hari yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara :



•Menghindari paraben
Paraben adalah senyawa yang bersifat menyerupai hormon tubuh, jika masuk ke dalam tubuh, akan terjadi ketidakseimbangan yang memicu kanker. Paraben biasanya ditemukan pada produk make up. Jadi hindari paraben demi mencegah kanker payudara.

•Menghindari BPA
Selain paraben, BPA juga termasuk senyawa karsinogen atau penyebab kanker. BPA banyak ditemukan dalam botol plastik, dot bayi, sampai peralatan makan. Hindari BPA demi menurunkan risiko serangan kanker payudara.

•Rajin memeriksa payudara
Tidak perlu melakukan tes pemeriksaan di rumah sakit jika ingin mendeteksi kanker payudara, lakukan saja sendiri di rumah setiap bulan pada hari ketujuh setelah menstruasi. Deteksi dini bisa memaksimalkan angka kesembuhan penyakit kanker.

•Jalan kaki
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jalan kaki setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara, jadi sempatkan diri untuk jalan kaki secara rutin demi menjaga kesehatan dan menangkal penyakit kanker.

•Makan sayuran
Pada sayuran yang berwarna hijau, ada antioksidan yang berperan dalam menghentikan penyebaran kanker. Oleh sebab itu makan sayuran hijau juga termasuk salah satu kebiasaan sehari-hari yang bisa mencegah kanker payudara.

•Mengonsumsi minyak zaitun
Minyak zaitun pada dasarnya kaya akan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh, sementara kadar lemak sehat dalam tubuh punya peran dalam memerangi radikal bebas. Sehingga konsumsi minyak zaitun dianjurkan demi mencegah kanker payudara.

Baca Juga:  Awas, Stres Picu Berbagai Penyakit

•Makan ikan
Ikan tertentu memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang menyehatkan, jadi jangan ragu makan ikan salmon, cod, dan tuna yang kaya akan mineral tersebut. Selain mencegah kanker, omega-3 sering disebut sebagai nutrisi yang ampuh menangkal berbagai macam penyakit kronis lainnya.

•Mendeteksi estrogen
Estrogen adalah hormon yang jika jumlahnya terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai macam kanker, jadi lakukan deteksi estrogen di rumah sakit dan temukan cara untuk menurunkan kadar hormon tersebut demi mencegah kanker payudara.
Itulah berbagai kebiasaan sehari-hari yang bisa mencegah kanker payudara, apakah Anda sudah melakukannya?