8 Jus Ini Efektif Menyembuhkan Demam Berdarah Dengue

doktersehat-demam-berdarah-dengue-zika

DokterSehat.Com– Di negara-negara tropis seperti Indonesia, epidemi seringkali terjadi. Iklim panas dan dingin di negara kita memungkinkan tempat berkembang biak yang sempurna untuk serangga pembawa penyakit.

Sejak dahulu, semua negara tropis harus berjuang melawan demam berdarah. Para ilmuwan terus berusaha menemukan solusi untuk masalah yang terus berkembang ini. Tapi saat dunia medis semakin maju, begitu juga imunitas nyamuk.

Nyamuk adalah masalah yang berkembang di setiap negara tropis karena kondisi cuaca ini menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi nyamuk. Selain itu, virus yang menyebabkan penyakit tumbuh di tempat yang lembab saat di bawa sinar matahari.

Salah satu penyakit yang menjadi lebih umum di negara kita adalah demam berdarah. Dengue adalah penyakit tropis yang menyebar melalui nyamuk yang membawa virus dengue. Nyamuk berkembang biak di air tergenang.

Gejala umum demam berdarah termasuk demam, nyeri sendi dan sakit kepala, yang bisa menjangkiti semua umur. Vaksin terhadap penyakit ini masih dalam tahap pengujian dan karenanya tidak ada obat yang tepat untuk penyakit ini.

Karena disebarkan melalui nyamuk, satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan menjaga agar lingkungan tetap bersih dan membersihkan lingkungan dengan menguras bak air, menutup bak air, dan mengubur barang bekas.

Biasanya, dokter menyarankan cukup istirahat dan asupan banyak cairan jika terkena demam berdarah karena demam bisa menyebabkan dehidrasi dan mengurangi jumlah trombosit. Oleh karena itu, terkadang orang menggunakan beberapa pengobatan alami untuk memerangi penyakit ini.

Ada beberapa jus yang efektif untuk melawan demam berdarah, yang akan menghidrasi tubuh Anda dan juga meningkatkan jumlah trombosit, seperti melansir Bold Sky, berikut ini.

doktersehat-buah-delima-pomegranate-menurunkan-kanker

1. Jus delima
Jus delima berkhasiat sebagai antioksidan. Buah ini efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit juga. Ini mendorong pertumbuhan limfosit dalam tubuh, yang melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Satu cangkir biji delima dicampur dengan dua gelas air, disaring dan dikonsumsi.

doktersehat-lidah-buaya

2. Jus lidah buaya
Jus lidah buaya mengandung banyak asam amino, yang bisa menambah jumlah trombosit. Selain itu efektif membunuh virus penyebab demam dan membantu Anda pulih lebih cepat. Jus lidah buaya banyak tersedia di pasaran.

3. Jus daun pepaya
Pepaya secara alami kaya akan vitamin dan mineral yang membantu penyembuhan tubuh lebih cepat. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah trombosit. Buatlah pasta daun pepaya segar dengan cara menghaluskannya menggunakan blender, tambahkan sedikit air. Minumlah 4-5 sendok teh setiap hari.

Jus-jambu-biji-doktersehat
Source: Best Herbal Health

4. Jus jambu biji
Jambu biji mengandung banyak vitamin A yang mempercepat proses pemulihan tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuatnya tahan terhadap infeksi, dan mencegah dehidrasi juga. Blender jambu biji, saring, dan siap diminum. Sebaiknya tanpa pemanis.

5. Jus daun basil
Jus daun basil sangat efektif melawan demam berdarah. Ini meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan dari dalam. Ambil segumpal daun basil segar, tumbuk atau blender hingga menjadi pasta, kemudian campur dengan segelas air dan minumlah secara teratur.

doktersehat-jus-buah-sehat
pic credit: rob bertholf

6. Wortel, mentimun dan jus lemon
Wortel mengandung banyak vitamin A dan lemon memiliki banyak vitamin C. Ketimun mengisi tubuh dengan cairan alami. Jus ini adalah cara yang paling baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan melawan virus penyebab demam berdarah. Blender masing-masing sayuran hingga menjadi setengah cangkir dan campuran bersama dengan secangkir air. Saring dan minumlah jus ini dua kali sehari.

doktersehat-buah-jeruk-peras

7. Jus jeruk
Vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Buah oranye Ini juga mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jus jeruk juga meningkatkan frekuensi buang air kecil dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Meskipun ada banyak jus jeruk yang dikemas dalam botol di pasaran, jus jeruk yanfg dibuat di rumah lebih baik.

doktersehat-buah-kiwi-baik-untuk-asma

8. Jus kiwi
Kiwi mengandung vitamin C dan meningkatkan jumlah trombosit darah. Tingginya jumlah antioksidan yang ada pada buah diperlukan oleh tubuh kita dalam dosis tinggi saat sakit. Penelitian terbaru mengklaim bahwa kiwi jauh lebih efektif. Blender dua buah kiwi bersama dengan satu cangkir air dan minum setiap hari untuk meningkatkan jumlah trombosit Anda.