Inilah 7 Persiapan yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Trimester Ketiga

Doktersehat - Ibu Hamil Trimester 3Doktersehat - Ibu Hamil Trimester 3
Photo Credit: Flickr.com/Svetlana Mosienko

DokterSehat.Com– Saat memasuki trimester ketiga, banyak wanita hamil menjadi cemas karena akan menjalani proses persalinan. Untuk mengatasi kecemasan ini, akan lebih baik bagi ibu hamil untuk tetap fokus melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan ibu hamil saat memasuki trimester ketiga. diantaranya:

  1. Memantau gerakan janin

Memantau pergerakan janin adalah sesuatu yang penting. Hal ini berguna untuk mendeteksi ketidaknormalan kondisi janin. Pada umumnya, pergerakan janin sudah sering terjadi pada minggu ke-28. Semakin besar dan kuat janin, Anda mungkin akan merasakan tendangan di bawah tulang rusuk.

Perhatikan apabila tiba-tiba janin mendadak tidak aktif bergerak seperti biasanya, karena mungkin itu bisa jadi tanda dia mengalami gangguan kesehatan. Jika janin tidak begitu aktif bergerak pada minggu ke-36 hingga menjelang kehamilan, Anda tidak perlu khawatir. Karena pergerakannya memang akan sedikit melambat seiring pertumbuhannya di dalam kandungan.

  1. Perlengkapan yang harus di bawa ke rumah sakit

Meski tanggal persalinan masih bisa meleset dari tanggal prediksi, tidak ada salahnya untuk mengemasi segala perlengkapan yang dibutuhkan selama berada di rumah sakit. Hal ini penting untuk dipersiapkan jika tiba-tiba Anda melahirkan sebelum tanggal prediksi.

  1. Persiapan menyusui

Jika Anda berencana menyusui secara eksklusif. Mulai saat ini, cobalah untuk mencari tahu tentang manfaat menyusui, bagaimana cara menyimpan ASI, lalu apa saja yang harus dilakukan ibu menyusui agar ASI-nya berkualitas, serta hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan.

  1. Mempersiapkan stamina

Banyak ibu hamil yang memiliki keinginan untuk bisa melahirkan secara normal, namun Anda perlu tahu bahwa proses persalinan normal membutuhkan tenaga dan persiapan dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi untuk membantu mempercepat proses produksi sel darah merah. Selain itu, konsumsi juga makanan kaya protein, karbohidrat, dan gula ketika memasuki persalinan agar ibu tidak kekurangan tenaga saat melahirkan dengan persalinan normal.

Istirahat yang cukup juga membantu kondisi ibu tetap stabil dan tidak mudah kelelahan. Agar tidur Anda lebih nyaman, letakkan satu bantal diantara lutut dan beberapa di bawah perut. Posisi ini membuat ibu hamil lebih merasa nyaman.

  1. Mengenali kontraksi dan tahap persalinan

Perhatikan bagaimana setiap kontraksi terasa dan seberapa sering kontraksi terjadi. Ini dapat membantu Anda untuk membedakan kontraksi dari tanda-tanda nyata persalinan.

Seiring mendekati tanggal persalinan, tidak ada yang dapat memberi tahu Anda seperti apa persisnya pengalaman melahirkan atau seberapa lama prosesnya akan berlangsung. Pelajari pula cara mengatasi rasa sakit saat persalinan baik secara alami maupun dengan bantuan obat-obatan atau jarum suntik.

  1. Melakukan peregangan

Memasuki trimester ketiga, melakukan sejumlah peregangan adalah waktu yang tepat. Cobalah untuk tidak khawatir jika Anda merasa sulit untuk belajar latihan peregangan baru di trimester ketiga ini. Bahkan peregangan sesekali dan menggoyang-goyangkan tangan-kaki dapat membantu Anda menghindari dari kram kaki.

Latihan peregangan berguna untuk membuat otot tubuh Anda lebih lentur dan hangat semasa kehamilan. Gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan antara lain memutar leher, memutar bahu, gerakan berenang, peregangan area paha, tungkai, pergelangan kaki, dan lain-lain.

  1. Mempelajari perawatan bayi baru lahir

Trimester ketiga adalah waktu yang tepat untuk beralih fokus dari perawatan ibu dan janin menjadi perawatan seputar bayi. Hal ini harus dilakukan karena Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk membaca setelah bayi Anda lahir.

Jika beberapa persiapan di atas telah Anda lakukan tetapi rasa cemas tak kunjung hilang, hal itu adalah sesuatu yang wajar jika ini adalah kehamilan pertama. Namun, jangan biarkan pemikiran yang belum pasti terjadi itu membuatmu Anda stres.

Konsultasikan dengan dokter kandungan tentang segala hal yang menghantui Anda. Tanyakan pula bagaimana cara mencegah agar hal itu tidak terjadi. Dengan begitu perasaan Anda bisa menjadi lebih tenang.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik