7 Manfaat Makan Ikan Saat Hamil

Doktersehat - Ikan
Photo Credit: Flickr.com/Vu Nguyen Hoang

DokterSehat.Com– Ikan adalah salah satu makanan terbaik yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Sayangnya, tidak banyak orang tahu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ikan. Agar pola makan Anda dipenuhi oleh nutrisi yang baik masukanlah ikan dalam menu sehari-hari Anda,

Mengonsumsi ikan selama kehamilan sangat dianjurkan oleh banyak ahli kandungan. Ikan dikenal kaya akan gizi, sehingga bisa membantu para ibu hamil untuk memberikan nutrisi untuk janin di dalam kandungan.

Namun, mengingat ternyata tidak semua jenis ikan terutama ikan laut baik dan aman dikonsumsi selama kehamilan, Anda harus memperhatikan jenis ikan yang Anda konsumsi. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makan ikan saat hamil, antara lain:

  1. Mengembangkan otak janin

Kandungan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem saraf dan otak pada janin yang ada di dalam kandungan. Ini adalah salah satu cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan. Ikan laut seperti salmon dan tuna dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak yang ada di dalam kandungan, karena ikan laut jenis ini mengandung banyak asam folat dan omega-3.

  1. Menghindari persalinan prematur

Mengonsumsi ikan secara teratur bisa mencegah janin terlahir secara prematur. Ikan yang bisa digunakan untuk mencegah bayi lahir secara prematur adalah ikan laut, sebab kandungan gizi ikan laut lebih besar dibandingkan dengan ikan air tawar.

  1. Menyehatkan kulit

Ibu hamil yang banyak mengonsumi ikan dipercaya kulitnya akan lebih sehat dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi ikan. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil bisa membuat kulit ibu hamil kusam, berjerawat dan masih banyak masalah kulit lainnya. Vitamin pada ikan dipercaya bisa menutrisi kulit ibu hamil dibandingkan dengan pemakaian kosmetik.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ibu hamil yang teratur mengonsumsi ikan akan memiliki jantung yang sehat dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi ikan sama sekali. Manfaat itu tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil saja, namun bisa dirasakan oleh janin yang ada di dalam kandungan. Pembentukan organ jantung janin pun bisa berkembang secara sempurna jika ibu hamil rutin mengonsumsi ikan.

  1. Mengembangkan otot janin

Jika janin memiliki otot yang tidak berkembang, janin akan mengalami kelumpuhan. Sebab saraf di dalam tubuh janin berhubungan dengan otot yang ada di dalam tubuhnya. Oleh sebab itulah penting sekali bagi ibu hamil untuk mengonsumsi ikan secara teratur. Kandungan omega-3 pada ikan sangat bermanfaat untuk menumbuhkan dan mengembangkan fungsi neurologis pada janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Menjaga indra penglihatan

Kandungan protein dan DHA yang ada di dalam ikan dapat menyehatkan indra penglihatan pada janin agar terhindar dari risiko kebutaan. Ikan juga membuat perkembangan janin lebih aktif untuk menangkap lingkungan yang ada di sekitarnya, sebab daya visual janin akan berkembang berkat kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan, terutama di dalam ikan salmon.

  1. Mencegah keguguran

Bagi wanita yang tengah hamil muda, makan ikan saat hamil dapat mengurangi risiko keguguran. Kandungan DHA pada ikan dapat mencegah terjadinya kontraksi di dalam rahim. Jika ibu hamil mengalami kontraksi dini pada rahimnya, hal ini dapat meningkatkan risiko keguguran.

Tips Memilih Ikan yang Baik

Meskipun ikan baik untuk kesehatan ibu hamil, namun ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih dan mengkonsumsi ikan. Alangkah baiknya jika ibu hamil mengetahui kualitas dari ikan yang dikonsumsinya.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah memastikan lingkungan tempat pemeliharaan ikan tersebut. Jika ibu hamil tahu bahwa lingkungan pemeliharaan ikan tersebut bersih dan tidak tercemar dari polusi serta bahan-bahan yang berbahaya, ibu hamil boleh mengonsumsi ikan tersebut.

Ibu hamil harus menghindari mengonsumsi ikan yang ditangkap di sungai tempat pembuangan limbah atau diracun. Ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi ikan yang dibakar secara langsung tanpa proses penggorengan terlebih dahulu.

Ikan mentah yang langsung dibakar biasanya tidak matang sempurna, sehingga bisa menjadi makanan berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan. Ikan mentah dan ikan yang setengah matang mengandung bakteri salmonella.

Selain itu, hindari atau batasi konsumsi ikan yang berpotensi mengandung merkuri dalam kadar tinggi. Makarel, tuna putih/albacore, hiu, dan todak adalah sebagian jenis ikan yang dapat mengandung merkuri berkadar tinggi.

Faktanya, semua orang pasti pernah terpapar merkuri dalam kadar yang berbeda-beda karena hampir semua ikan mengandung jejak-jejak merkuri. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi konsumsi makanan yang diduga mengandung bahan ini.