7 Makanan Ini Berkhasiat Menurunkan Hipertensi

doktersehat-kacang-putih
Source: flickr.com

DokterSehat.Com– Hipertensi atau tekanan darah tinggi dianggap sebagai silent killer karena tidak menunjukkan gejala apa pun. Jadi, sangat penting untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur dan mulai melakukan tindakan untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Ini akan membantu mengurangi ketergantungan Anda pada obat-obatan.

Makanan memiliki dampak yang signifikan terhadap tekanan darah. Berikut 7 makanan yang dapat mengurangi atau menurunkan hipertensi secara alami terbukti dalam berbagai penelitian, seperti melansir Home Remedies for All.

doktersehat-bayam-sayur

1. Sayuran hijau berdaun

Setiap makanan yang membantu mengurangi sodium dalam tubuh dapat mengurangi tekanan darah. Semua makanan yang kaya kalium juga membantu menurunkan hipertensi. Rasio kalium ke natrium yang tinggi membantu menyingkirkan natrium dari tubuh melalui urine sehingga menurunkan tekanan darah.

Sayuran hijau yang berdaun seperti selada, kangkung, lobak hijau, collard hijau, dan bayam tinggi potassium. Sayuran ini bila dikonsumsi dalam keadaan segar akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sayur kalengan, karena sayur yang dikemas ditambahkan pengawet. Kebanyakan pengawet mengandung sodium. Jadi belilah sayuran segar dan dikonsumsi segar untuk menurunkan tekanan darah.

2. Kentang

Kentang mengandung tinggi magnesium dan kalium yang membantu mengurangi rasio natrium dalam makanan. Kentang juga tinggi serat, sehingga memberikan manfaat kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Makan kentang panggang yang dicelupkan ke dalam yoghurt tawar dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan metabolisme. Kentang goreng dan kentang dimasak dalam lemak berat tidak akan memberi Anda manfaat yang diinginkan. Namun itu akan meningkatkan asupan lemak dan kadar kolesterol. Terlalu banyak mengonsumsi kentang goreng yang asin akan meningkatkan kadar kolesterol dan natrium dalam aliran darah sehingga menghasilkan tekanan darah yang lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda makan kentang dengan cara yang benar dan menuai manfaat penuh nutrisi-nya.

doktersehat-kacang-putih
Source: flickr.com

3. Kacang putih

Kacang putih penuh nutrisi termasuk kalium, magnesium dan kalsium. Kacang putih juga merupakan sumber protein nabati yang bagus. Masaklah kacang putih dengan tidak menambahkan garam atau lemak. Siapkan sepiring kacang putih rebus dengan sayuran berdaun dan kentang panggang untuk membuatnya lebih enak dan sehat.

doktersehat-blueberry-raspberry-arbei

4. Buah berry

Semua makanan yang kaya flavonoid baik untuk kesehatan jantung secara keseluruhan. Semua jenis buah berry kaya flavonoid. Anda bisa mendapatkan blueberry, raspberry dan stroberi dengan mudah di manapun. Jadi, konsumsilah secara rutin.

Anda dapat menambahkan buah berry ke dalam sarapan harian untuk memulai hari dengan diet yang dapat mengurangi tekanan darah.

bit-doktersehat

5. Jus bit

Bit adalah makanan bergizi yang luar biasa. Bit panggang sangat lezat, tetapi bit juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Salah satunya jus bit yang memberi manfaat langsung menurunkan tekanan darah.

Anda dapat merebus satu bit dan menghancurkannya dengan blender kemudian memeras jus untuk mendapatkan cairan jus. Anda bisa menambahkan jus lemon dan garam hitam untuk penambah rasa. Baik jus lemon dan garam hitam juga akan membantu mengurangi tekanan darah Anda serta membuat jus bit sedikit lebih lezat.

yoghurt-doktersehat
Source: The Daily Mash

6. Yoghurt

Yoghurt polos adalah obat lain yang bagus untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan metabolisme. Yoghurt mengandung kalsium, magnesium dan kalium. Semua mineral ajaib ini membantu untuk menangani tekanan darah tinggi.

Anda dapat menambahkan blueberry, raspberry, dan stroberi ke dalam 200 gram yoghurt polos untuk menjadikannya bagian dari sarapan sehat.

makan-ngemil-kacang-doktersehat
Photo Credit: telegrafi

7. Kacang-kacangan

Sementara banyak penekanan diberikan untuk makan diet rendah sodium, tetapi pada saat yang sama juga penting untuk mengonsumsi diet magnesium tinggi. Magnesium diperlukan untuk berfungsi lebih baik dari banyak proses tubuh termasuk metabolisme. Bahkan, jika metabolisme tubuh Anda meningkat maka itu berdampak langsung pada tekanan darah.
Metabolisme yang lebih baik berarti menurunkan tekanan darah. Kacang mete dan kacang almond kaya akan magnesium. Konsumsi kacang-kacangan ini sebagai bagian dari diet harian.

Jika menambahkan makanan ini ke dalam diet harian dan berolahraga secara teratur, tidur tepat waktu, makan tepat waktu, maka tekanan darah tinggi Anda akan berkurang. Selalu perhatikan tekanan darah untuk memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan harapan. Juga selalu konsultasikan dengan dokter.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik