7 Macam Buah-buahan Untuk Menurunkan Kolesterol

Dokter Sehat – Usaha untuk menurunkan kolesterol tidak hanya dengan memperhatikan asupan makanan dan menjauhi makanan yang banyak mengandung lemak , banyak cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kolesterol agar tetap stabil.

9

Berikut ini 7 jenis buah untuk menurunkan kolesterol :

1. Jeruk lemon
Buah jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C, kalsium yang tinggi, dan kandungan pektin yang tinggi sehingga selain membuat rasa segar juga bisa menurunkan kolesterol pada tubuh.

2. Anggur
Buah anggur memiliki sifat basa yang mampu menetralkan darah yang terlalu asam, asam yang berlebihan bisa merugikan kesehatan, sehingga dengan mengkonsumsi anggur maka lemak-lemak yang menimbun dan mengeras akan hancur. Selain itu anggur mengandung polifenol, pektin, tanin, dan vitamin C yang berfungsi untuk menonaktifkan virus dan tumor.

3. Apel
Buah apel memiliki kandungan pektin dan karoten yang memiliki serat yang larut dalam air sehingga bisa memperbaiki otot pencernaan dan membantu mendorong sisa-sisa makanan pada saluran pembuangan.

4. Alpukat
Buah Alpukat merupakan buah yang kandungan lemaknya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya, lemak yang terkadung didalam alpukat dapat menurunkan serum kolesterol jenuh.

5. Jambu biji
Buah Jambu Biji mengandung vitamin C serta kandungan pektin yang tinggi sehingga ampuh untuk menurunkan kolesterol yang ada pada tubuh kita.

6. Stroberi
Stroberi memiliki kekayaan kandungan seperti halnya mengkonsumsi gandum, perannya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat telah diakui dalam sebuah penelitian.

7. Bluberry
Buah ini memiliki komponen Pterostilbene yang bisa menstimulasi protein reseptor yang ada dalam sel, dan berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya.

Dokter Sehat