7 Hal Inilah Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Dokter Sehat – Sebuah fakta mengenai kesuburan wanita cukup mengejutkan, seperti dilansir Self, berdasarkan laporan The National Infertility Association, 12 persen wanita mengalami masalah infertilitas (tidak subur), atau 1 dari 8 wanita mengalami masalah ini. Maka tak heran jika ada wanita yang dapat hamil dengan mudah, sedangkan sebagian yang lain harus berusaha dengan segala upaya untuk segera mengandung.

7

Tidak ada waktu terlambat bagi Anda untuk mempelajari kesehatan alat reproduksi dan mendapat pengetahuan mengenai tips agar Anda dapat hamil dengan mudah, bahkan jika saat ini Anda belum menikah, pengetahuan ini wajib Anda ketahui sebagai bekal.

William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproductive Medicine dan direktur Reproductive Endocrinology and Infertility di Baylor College of Medicine, Houston, memberikan tips penting melalui HealthySELF, agar Anda dapat memaksimalkan kesuburan dan dapat mengandung dengan mudah.

1.Seks yang teratur
Pria jaman sekarang mengalami penurunan kesuburan akibat kesibukan dan stress, sama halnya dengan wanita. Sehingga apabila Anda dan pasangan hanya melakukan hubungan intim sekali saja dalam seminggu, maka peluang untuk hamil yang tadinya 50% turun menjadi 10%-18% saja.

Pun demikian, berhubungan intim juga tidak disarankan terlalu sering, bahkan hingga setiap berapa jam sekali, karena sperma juga membutuhkan waktu sekitar dua hari untuk matang. Setidaknya, potensi kehamilan bisa meningkat 80% apabila dalam seminggu Anda berhubungan intim tiga atau empat kali.

2.Menjauhi rokok
Anda atau pasangan disarankan menjauhi rokok, merokok 10 batang setiap hari dapat menyebabkan kesuburan berkurang.

3.Menjaga berat badan
Berat badan ideal harus tetap dijaga baik untuk wanita maupun pria, berat badan sangat mempengaruhi kesuburan, sehingga setidaknya harus menjaga BMI tetap normal.

Baca Juga:  Wanita Yang Mengindap Kanker Serviks Bisakah Hamil?

4.Membatasi asupan kafein
Ketika merencanakan kehamilan, maka asupan kafein harus dibatasi. Asupan kafein tidak boleh lebih dari 200 mg per hari.

5.Berolahraga
Olahraga adalah bagian dari hidup sehat, namun jangan dilakukan secara ekstrim, penelitian menyarankan agar wanita melakukan olahraga setidaknya 7 jam selama seminggu, tidak lebih apabila ingin hamil.

6.Safe Sex
Sebisa mungkin lakukan seks aman sejak dini untuk melindungi Anda dan pasangan dari penyakit menular dan memperbesar potensi kehamilan.

7.Jangan ditunda
Yang tidak kalah penting adalah tidak menunda kehamilan, keduanya harus bekerja sama membangun keluarga di waktu yang tepat. Setidaknya usia 30an adalah waktu yang paling pas.
Bagaimana, sudah mendapatkan masukan baru dalam perencanaan kehamilan Anda. Jangan lupa bagikan informasi ini pada suami Anda ya.