7 Cara Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

doktersehat-otak-kepala

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda bermimpi untuk menjadi manusia super, dengan lebih sehat, lebih positif, dan lebih pintar? Nah, inilah kabar baiknya. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk benar-benar meningkatkan kemampuan otak Anda ke level yang baru secara sederhana.

1. Berhenti ngomel
Setelah Anda menggerutu, otak Anda memicu banyak perubahan sepanjang itu menciptakan bias negatif dan bahkan mungkin berakhir dalam depresi. Alih-alih mengeluh tentang betapa sulitnya hidup, Anda mungkin ingin keluar mencari sinar bawah sinar matahari, berjalan-jalan dan bermeditasi. Psikolog di University of North Carolina melakukan percobaan dan menemukan bahwa orang-orang yang terlibat dalam 20 menit perenungan positif menunjukkan perhatian yang lebih besar serta gejala penyakit yang menurun.

2. Bersyukur atas apa yang Anda miliki
Temukan setidaknya tiga hal pada akhir hari yang Anda rasa bersyukur. Journal of Psychiatry and Neuroscience menyatakan bahwa latihan semacam itu akan meningkatkan kadar serotonin di otak Anda. Serotonin sangat penting untuk memfungsikan korteks prefrontal Anda, yang mengatur refleksi diri dan keseimbangan emosional, sehingga membantu mengesampingkan pola panik sebelumnya. Pikirkan tentang kegiatan sehari-hari yang positif secara rinci. Anda bahkan bisa menuliskannya.

3. Ungkapkan perasaan negatif
Anda mungkin ingin menuliskan perasaan negatif Anda. Jangan malu, bergegaslah dan tuangkan ke dalam kertas. Para ilmuwan mengatakan bahwa pemrosesan emosi linguistik mengurangi aktivitas amigdala (bagian otak yang berperan dalam melakukan pengolahan dan ingatan terhadap reaksi emosi), dan dengan demikian mengurangi tingkat stres. Amigdala yang lebih tenang berarti lebih bahagia.

4. Bersosialisasi
Sebuah studi pada tahun 2010 di University of Michigan menemukan bahwa bersantai dengan teman atau berada di ruang fisik yang sama dengan orang lain sangat banyak memanfaatkan otak Anda. Pada skala yang lebih besar, otak Anda dapat mengalami perubahan positif jika Anda bersosialisasi atau dikelilingi dengan individu yang cerdas dan emosional. Tahukah Anda bahwa manusia bersifat menularkan? Anda bisa “terinfeksi” dengan emosi dan perilaku. Fenomena ini juga dikenal sebagai penularan sosial atau emosional.

5. Peluklah seseorang
Pelukan ajaib. Pelukan hangat dengan orang terdekat seperti orangtua, suami, istri, anak dan teman membuat otak kita melepaskan dopamin —hormon kesenangan. Itulah mengapa Anda langsung merasa aman dan rileks. Periset mencatat bahwa memeluk menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan memperbaiki mood Anda.

6. Berhenti melakukan tugas ganda
Ubahlah multitasking menjadi monotasking. Saat Anda berbicara di telepon, berselancar di internet, dan menulis pesan, mungkin Anda berpikir bahwa Anda multitasking. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa mencoba untuk fokus pada lebih dari satu hal sekaligus dapat mengurangi produktivitas Anda hampir 40 persen. Jadi fokus pada satu tugas untuk waktu yang terbatas. Setelah selesai, hadiahi diri Anda dengan istirahat sejenak dari latihan fisik, secangkir teh atau memainkan smartphone.

7. Mendengar musik yang tepat
Inilah kabar baiknya. Anda tidak perlu mematikan musik untuk bekerja secara produktif. Sebenarnya, nada musik yang tepat untuk relaksasi gelombang otak alpha.

Tentu saja ini bukan aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk membuat otak Anda bekerja lebih baik. Bisa juga dengan tersenyum, tidur siang, membelai kucing Anda, menghirup udara segar, memperlihatkan diri Anda lebih ringan, dan segala sesuatu yang sehat membuat mood Anda lebih baik bekerja paling baik untuk otak Anda.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik