7 Cara Menemukan Kebahagiaan Setelah Alami Depresi

doktersehat-patah-hati-cinta-sedih
pic credit: emran

DokterSehat.Com– Depresi adalah istilah klinis yang digunakan untuk memberi label pada sekelompok perilaku dan pengalaman internal yang terkait dengan suasana hati yang tertekan. Ini juga merupakan diagnosis klinis. Depresi berbeda dari pada sedih.

Kesedihan adalah bagian normal dari kehidupan. Selama Anda tidak merasakannya sepanjang waktu, itu sebenarnya adalah hal yang sehat untuk Anda rasakan.

Penting untuk disadari bahwa belajar bagaimana bahagia setelah mengalami depresi terlihat sedikit berbeda untuk semua orang. Namun terkadang kita berjuang melewati depresi yang buruk dan keluar dari sisi lain, hanya untuk mendapati diri kita masih merasa sedih.

Meskipun ini bisa menjadi kenyataan frustasi dan mengecewakan tentang kehidupan setelah depresi, penting untuk mengakui bahwa perasaan sedih bisa menjadi indikator kemajuan positif.

Depresi sering membuat kita tidak bisa merasakan apapun, apalagi sedih. Ini mungkin bukan pilihan pertama Anda untuk Anda, tapi kesedihan benar-benar memiliki kebaikan tersembunyi.

Yang benar adalah bahwa setelah depresi tidak menjadi kenyataan bagi banyak orang. Depresi sebenarnya adalah tantangan seumur hidup yang kita pelajari untuk hidup dan bekerja dengan lebih efektif.

Jadi, bisa dimengerti bahwa mengetahui bagaimana menjadi bahagia lagi setelah depresi sepertinya tidak masuk akal atau tidak terjangkau oleh banyak orang. Dan jika Anda pikir Anda mungkin mengalami depresi, Anda seharusnya tidak merasa malu dengan pengalaman itu atau meminta pertolongan. Jika Anda berada di satu ruang setelah depresi, dibutuhkan sedikit waktu untuk kembali ke kebiasaan Anda.

Berikut adalah beberapa tips bagaimana mengatasi depresi, seperti dikutif dari laman Psychcentral, Senin, (11/12/2017):

Beri diri Anda waktu untuk menjadi sedih
Jika Anda masih merasa sedih, hal terpenting yang bisa Anda lakukan adalah memberi diri Anda ruang untuk merasa seperti sedih. Duduklah di sofa selama satu jam dan biarkan diri Anda menjadi sedih. Lalu bangun dan bergerak.

Mulai kembali dengan perlahan
Sering kali depresi menyebabkan ketidakaktifan yang bisa mendorong kita keluar dari kebiasaan sehat yang mungkin kita miliki pada hal lain dalam kehidupan kita. Jangan berharap untuk segera kembali ke semua aktivitas Anda.

Beri diri Anda banyak waktu untuk perlahan mengembalikan hal seperti semula. Ada baiknya untuk mendorong diri sendiri, tapi jangan memaksakan diri terlalu keras.

Buatlah sesuatu lebih mudah
Terkadang apa yang menjadi langkah kecil bagi kita saat merasa lebih baik adalah langkah besar setelah mengalami depresi untuk sementara waktu. Semakin kecil dan mudah Anda bisa melakukan aktivitas baru Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk sukses. Beri diri Anda kesempatan itu.

Akui kemajuan Anda
Mudah untuk mengkritisi kemampuan dan kemajuan Anda, terutama jika Anda memiliki gangguan kecemasan yang memperburuk perilaku ini. Sangat penting bahwa Anda mengetahui setiap hal baru dan bermanfaat yang Anda tambahkan ke dalam hidup. Anda hanya berlari maraton emosional dan sekarang Anda muncul di gym atau pusat kebugaran. Ini bukan suatau hal kecil.

Pilih opsi yang terbaik 
Perspektif kita menjadi kurang benar saat kita mengalami depresi. Kita melupakan apa yang baik untuk kita. Ketika Anda pulih dari depresi, Anda mungkin merasa seolah-olah Anda memilih antara sesuatu yang tidak begitu baik dan sesuatu yang lebih buruk. Cobalah dan pilih opsi yang lebih mudah atau sedikit lebih baik.

Luangkan waktu satu hari untuk Anda
Anda ingin kembali ke jalur semula, tapi jika Anda memberi diri Anda momen untuk bernapas, ini bisa membantu Anda mencapai tujuan Anda lebih cepat pada akhirnya.

Tetap berusaha
Anda tidak sampai ke tempat Anda berada dalam satu hari. Anda juga tidak akan sampai ke tempat yang Anda inginkan dalam satu hari. Teruslah melakukan usaha dan Anda akan melihat hasilnya, biarpun butuh waktu.

Penyakit mental bukanlah sesuatu yang bisa Anda lakukan untuk pergi, tapi ada perawatan yang dapat membantu Anda mengatasi depresi Anda.

Jika Anda masih merasa sedih setelah mengalami depresi, semoga kiat-kiat yang dapat ditindaklanjuti ini membantu Anda.

Hidup adalah perjalanan yang terus menerus dan biasanya tidak mulus, apalagi jika Anda sedang belajar bagaimana bahagia lagi setelah depresi. Apakah Anda menderita depresi atau tidak, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri adalah membangun keterampilan dan teknik hidup ini sehingga Anda dapat menempatkannya pada tempatnya saat Anda mampu.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik