6 Tips Anti-Aging untuk Tangan

DokterSehat.Com – Seseorang mungkin memiliki produk-produk dan metode-metode tertentu untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada wajah, tetapi bagaimana dengan tangan? Kulit tangan juga mengalami penuaan lho! Sama halnya dengan kulit wajah, kulit tangan juga rentan terhadap radiasi sinar matahari yang bersifat merusak kulit, terhadap paparan lingkungan seperti sabun dan hand-sanitizer, serta terhadap segala seuatu yang dipakai di tangan, misalnya sarung tangan. Dan karena kita menggunakan tangan kita untuk melakukan hampir semua aktivitas, kulit tangan cenderung tampak lebih tua dari kulit wajah.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Berikut ini adalah beberapa ancaman yang dapat terjadi pada kulit tangan (dan cara untuk mengatasinya):

Masalah: Tangan dicuci berkali-kali setiap hari, sehingga menimbulkan efek kulit kering – yang tentunya berperan dalam munculnya kerutan.
Yang bisa dilakukan: Oleskan pelembab pada kulit tangan setiap kali setelah tangan dicuci atau terkena air. Pilih pelembab yang agak pekat – yang berbentuk krim, bukan lotion. Gunakan juga produk-produk perawatan kulit yang biasanya hanya dipakai di wajah untuk dipakai di kulit tangan.

Masalah: Tangan banyak terpapar sinar matahari yang dapat merusak kulit tangan yang tipis. Sinar matahari itulah, bukan proses penuaan, yang dapat menimbulkan bercak-bercak kecoklatan pada kulit tangan. Radiasi matahari juga dapat mengurang ketebalan kulit, kandungan kolagen di dalam kulit, dan elastisitasnya.
Yang bisa dilakukan: Oleskan tabir surya secukupnya. Tangan banyak terpapar sinar matahari pada saat mengemudi, jadi tidak ada salahnya mengenakan sarung tangan pada saat mengemudi, baik mengemudikan kendaraan tidak bermotor (misalnya sepeda) maupun kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor dan mobil, karena sinar UV A masih dapat menembus kaca mobil dan mengenai kulit tangan. Jika kulit tangan sudah terlanjur mengalami kerusakan karena paparan sinar matahari tersebut, boleh dicoba untuk melakukan treatment, yang banyak tersedia di klinik kecantikan atau salon yang menyediakan fasilitas perawatan kulit, untuk mengambalikan kesehatan kulit tangan.

Baca Juga:  Kiwi, Si Mungil Sahabat Usus

Masalah: Lemak tangan semakin berkurang seiring dengan pertambahan usia. Dan pada tangan, hilangnya lemak ini bukan merupakan sesuatu yang tidak baik. Hal ini karena lemak di tangan berfungsi sebagai bantalan di sekitar pembuluh darah vena yang ada di tangan, sehingga pembuluh darah tersebut tidak tampak menonjol. Jadi, makin sedikit lemak di tangan, makin terlihat jelas uratan-uratan pembuluh darah vena yang ada di tangan.
Yang bisa dilakukan: Cobalah melakukan perawatan di klinik atau salon kecantikan untuk mengembalikan ketebalan lemak di tangan sehingga dapat menutupi pembuluh darah vena yang ada.

Dengan tindakan pencegahan dan perawatan sederhana yang tepat, kulit tangan tidak akan mengalami penuaan lebih cepat daripada kulit wajah. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk memperhatikan kulit kita saat ini, akan dapat memberikan banyak manfaat di masa depan nanti.

Semoga bermanfaat.