6 Tanda Peringatan Ini Menunjukkan Hati Anda Penuh Racun

doktersehat-perlemakan-hati-hepatitis

DokterSehat.Com– Hati adalah salah satu organ Anda yang paling bekerja keras. Anggap saja sebagai pembuang racun dan sangat efektif menguasai 500 fungsi lainnya, yang tercantum dalam buku-buku kedokteran. Sekarang setelah tahu seberapa besar hati terhadap tubuh, Anda tidak ingin menjadi ‘teman’ yang tidak tahu berterima kasih kepada hati, bukan?

Ada kabar baik, tips berikut ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kondisi hati dan bagaimana cara mengobati hati Anda, seperti dilansir dari Brightside, Senin (18/12/2017):

1. Sakit di bagian hati
Merasa sakit di bagian kanan atas perut Anda adalah tanda bahwa hati Anda mungkin dalam masalah. Biasanya, ini adalah rasa sakit yang membosankan. Namun, pada saat itu menjadi cukup intens. Ingat bahwa pekerjaan hati adalah untuk mendetoksifikasi dan membantu tubuh menyaring limbah sekaligus membantu tubuh mencerna makanan menjadi produk nutrisi. Bila hati Anda terkena penyakit, ia tidak dapat beroperasi secara efisien. Itu akan membengkak hingga menyakitkan dan tubuh mengirimkan tanda-tanda toksisitas –tingkat merusaknya suatu zat jika dipaparkan terhadap organisme.

2. Pergelangan kaki bengkak
Bila Anda mengabaikan masalah ini, hati Anda yang malang mencoba memperbaiki dirinya sendiri dengan mengorbankan jaringan bekas luka. Semakin banyak jaringan parut, semakin sulit bagi fungsi hati, yang akhirnya menyebabkan hipertensi portal. Yang terakhir menyebabkan cairan menumpuk di kaki (edema). Kabar baiknya adalah bahwa pembengkakan itu tidak menimbulkan rasa sakit. Hal ini dapat mempengaruhi kedua kaki, betis, atau paha. Namun, efek gravitasi membuat pembengkakan paling terlihat di bagian bawah tubuh.

3. Meningkatnya berat badan
Setiap tahun, semakin banyak orang memulai diet sehat dan berolahraga, namun mereka tetap berjuang mengatasi masalah berat badan. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang tampaknya tidak berasal dari makan berlebih atau kerusakan hormon, Anda mungkin ingin mendiskusikan fungsi hati yang tidak tepat dengan dokter Anda.

Apa yang terjadi adalah hati tidak dapat menangani semua racun yang masuk (alkohol, pemanis buatan, diet tinggi lemak, obat tertentu, dll.). Satu-satunya hal yang bisa dilakukan hati adalah dengan menyimpan racun tanpa filter ke dalam sel lemak. Kekacauan ini tidak akan membiarkan Anda menurunkan berat badan kecuali jika Anda membantu tubuh Anda untuk membersihkan hati yang terlalu banyak bekerja.

4. Alergi
Sangat sering, alergi adalah hasil dari kelebihan beban dan hati yang lamban. Bila ada terlalu banyak zat memasuki aliran darah, otak mengenali mereka sebagai alergen dan melepaskan antibodi dan bahan kimia (histamin, dll), yang menyebabkan ruam gatal. Hati yang sehat, pada gilirannya, membersihkan dengan sempurna semua molekul berbahaya dan menghilangkan efek alergen potensial pada tubuh.

5. Kulit dan mata kuning
Bila mata atau kulit seseorang berubah kekuningan, sains menyebutnya ikterus. Penyakit kuning itu sendiri bukanlah penyakit melainkan gejala kemungkinan malfungsi. Biasanya, penyakit kuning muncul saat hati yang sakit membuat sistem tersebut menumpuk terlalu banyak bilirubin —pigmen kuning yang dibentuk oleh pemecahan sel darah merah yang mati di hati. Bila hati gagal menyingkirkan bilirubin seiring dengan sel darah merah tua, maka tubuh akan menjadi kuning.

6. Keletihan kronis
Sindrom kelelahan kronis menyerupai penyakit seperti flu yang berkepanjangan. Menurut definisi, Anda harus mengalami gejala setidaknya 6 bulan sebelum Anda dapat didiagnosis dengan kelelahan kronis. Alasan di balik ini adalah keracunan hati. Hati, untuk sebagian besar berkontribusi pada pasokan energi dalam tubuh. Ternyata glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya untuk digunakan nanti.

Hati yang sehat mencurahkan glukosa di sela waktu makan atau kapan pun ada kebutuhan akan makanan dan energi. Hati yang berpenyakit, bagaimanapun, hampir tidak dapat menghasilkan glukosa dan memiliki sedikit ruang untuk menyimpannya.

Sisi baiknya, Anda tidak perlu putus asa jika Anda melihat sedikit pun gejala gagal hati. Pertama, hati bisa sembuh sendiri. Berikan saja istirahat dari gaya hidup yang merusak. Ya, semudah itu. Membersihkan hati adalah dengan melakukan kebiasaan sehat.

Para ilmuwan juga mengatakan ada sejumlah produk alami untuk meningkatkan kinerja hati. Jadi mulai sekarang, Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk terbiasa dengan teh hijau, kunyit atau air lemon, buah-buahan dan sayuran organik.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik