6 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Behubungan Intim

DokterSehat.Com– Tak hanya bisa membuat pasangan mendapatkan keturunan atau kepuasan seksual, berhubungan seks secara rutin disebut-sebut bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?



Meningkatkan daya tahan tubuh
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Psychological Reports menyebutkan bahwa berhubungan intim sekali atau dua kali dalam sepekan bisa meningkatkan sistem imun tubuh dengan signifikan. Dengan melakukannya secara rutin, maka tubuh akan mengalami peningkatan antibody bernama immunoglubolin A (IgA) pada air ludah dan lapisan mukosa. Hal ini bisa membuat kita lebih baik dalam mencegah datangnya flu atau pilek.

Baik bagi kesehatan jantung
Pria yang rutin melakukan hubungan intim akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 45 persen lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh aktifitas seksual yang ternyata bisa membantu meningkatkan denyut jantung dan hal ini akan berimbas baik bagi kesehatan salah satu organ dalam tersebut.

Menurunkan tekanan darah
Sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan State University dan dipublikasikan dalam Journal of Health and Social Behaviour menunjukkan fakta bahwa wanita yang berhubungan intim dengan rutin akan mengalami penurunan tekanan darah. Hal ini akan menurunkan resiko terkena hipertensi dan masalah jantung.

Mengatasi rasa nyeri
Banyak orang yang memilih untuk tidak bercinta saat mengalami sakit kepala. Padahal, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Munster di Jerman, disebutkan bahwa berhubungan intim bisa menurunkan rasa nyeri yang disebabkan oleh migrain atau sakit kepala lainnya. Dalam penelitian ini, 60 persen orang yang menderita migrain mengalami penurunan rasa sakit setelah melakukan aktifitas seksual. Hal ini disebut-sebut berkaitan dengan pelepasan hormon endorphin saat berhubungan intim yang memang bisa meredakan rasa sakit.

Baca Juga:  Ada Tanda-Tanda Ini? Bisa Jadi Anda Tidak Subur

Menurunkan resiko terkena kanker prosat
Pria yang rutin bercinta dan mendapatkan ejakulasi akan menurunkan resiko kanker prostat dengan signifikan. Dengan mendapatkan ejakulasi, maka kita juga akan membuang berbagai zat karsinogen atau pemicu kanker pada prostat.

Meningkatkan kualitas tidur
Jika anda mengalami masalah susah tidur malam atau insomnia, berhubungan intim secara rutin disebut-sebut bisa membantu mengatasinya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berhubungan intim akan membuat tubuh melepas senyawa kimia seperti oksitosin, dopamin, dan endorphin yang bisa membantu kita untuk segera terlelap.