6 Kesalahan Umum yang Dilakukan Wanita Saat Menstruasi

akibat-kurang-tidur-doktersehat
Photo Credit : www.pexels.com

DokterSehat.Com– Siklus alami yang dialami oleh wanita yang biasa disebut dengan mesntruasi akan datang setiap satu bulan satu kali. Tentu saja, para wanita sudah mengetahui gejala yang akan timbul sebelum menstruasi, saat sedang menstruasi, dan sesudah menstruasi. Gejala yang biasa akan timbul adalah gejala PMS yang menyebabkan mood menjadi jelek.

Photo Credit: pexels.com

Selain itu, saat sedang menstruasi, ada beberapa kebiasaan tidak baik yang sering Anda lakukan saat sedang menstruasi, diantaranya:

1. Terlalu banyak ngemil

Sudah menjadi hal yang wajar jika wanita yang sedang menstruasi akan memakan segala makanan yang ada di hadapan mereka. Dan mungkin Anda juga demikian. Namun, tahukah Anda jika pada saat sedang menstruasi Anda terlalu banyak makan dan ngemil, akan membuat perut Anda akan menjadi kembung. Oleh sebab itu, jika Anda ingin ngemil, pilihlah cemilan sehat yang baik untuk kesehatan.

2. Tidak menghitung masa periode

Umumnya, wanita akan mengabaikan masa periode mereka karena dianggap sudah biasa dan akan datang setiap bulan. Akan tetapi, menghitung masa periode sangatlah baik untuk mengetahui tanggal berapa Anda akan menstruasi di bulan berikutnya. Dengan demikian, Anda bisa menjaga pola makan dan mempersiapkan diri dari gejala PMS yang akan datang pada saat menstruasi. Jika Anda sulit menghitung masa periode menstruasi karena harus membutuhkan waktu dan keteliian, Anda bisa menggunakan aplikasi kalender periode di smartphone Anda.

3. Tidak melihat warna darah menstruasi

Mungkin sebagian besar wanita akan merasa jijik jika melihat darah menstruasi mereka. Padahal, mengetahui warna darah menstruasi sangatlah penting karena warna darah menstruasi akan menunjukkan tanda adanya penyakit atau infeksi pada vagina. Mulai sekarang, selalu lihat darah menstruasi Anda untuk mengetahui apakah ada penyakit atau tidak pada vagina Anda.

4. Tidak mencuci tangan sebelum mengganti pembalut

Mungkin hal ini terlalu sepele, namun seperti yang Anda ketahui bahwa vagina merupakan organ yang paling sensitif dan rentan terhadap penyakit. Jika Anda tidak mencuci tangan terlebih dahulu dan tangan Anda kotor, maka pembalut yang Anda sentuh akan kotor juga dan tanpa Anda sadari terdapat bakteri di dalamnya. Saat Anda kenakan pada vagina, bakteri tersebut akan menempel dan membuatnya semakin kotor.

5. Bermalas-malasan

Menstruasi memang akan membuat mood semakin jelek. Perut, pinggang, dan seluruh badan akan terasa nyeri. Hal tersebut membuat Anda selalu ingin bermalas-malasan. Hanya berbaring di atas temat tidur sambil bermain ponsel. Padahal, bermalas-malasan saat sedang menstruasi akan membuat mood Anda semakin tidak bagus. Untuk itu, cobalah untuk berolahraga ringan karena berolahraga pada saat sedang menstruasi akan meningkatkan mood Anda dan membuat suasana hati menjadi lebih baik

6. Tidak mengatur pola makan

Pada saat sedang menstruasi, Anda harus selalu mengatur pola makan karena apa yang Anda makan akan sangat berpengaruh untuk kesehatan. Karena pada saat sedang menstruasi, Anda akan kehilangan darah yang mengandung zat besi. Zat besi tersebut berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membuat Anda lebih bertenaga. Oleh sebab itu, Anda harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk mengganti nya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik