6 Cara Membantu Anak Supaya Menjadi Yang Terbaik

DokterSehat.Com – Seringkali, orangtua datang kepada piskolog dan menceritakan bahwa sekolah mereka mengontak orangtua terkait dengan masalah perilaku anak, perhatian atau proses pembelajaran dan sekolah ingin anak-anak diuji.

9605585697_4e61cb52ee_k

Meskipun beberapa tes akan membantu anak-anak mendapatkan perlakuan khusus, kebanyakan tes saat ini terlalu fokus pada apa yang anak-anak tidak bisa lakukan daripada apa yang dapat mereka lakukan.

Setiap anak pada dasarnya memiliki banyak cara untuk menjadi cerdas dan berhak mendapatkan kemampuan mereka belajar untuk dikenal, dipuji, dan dipupuk. Studi di Universitas Harvard mendukung hal ini, bahwa anak-anak dapat mendemonstrasikan kecerdasan melalui berbagai cara melalui kata-kata, angka, musik, gambar, kemampuan atletik atau ketangkasan, serta perkembangan emosi dan sosial.

Orangtua memainkan peran penting dalam membangkitkan kemampuan belajar anak yang terpendam tersebut atau mengembangkan kepiawaiannya saat ini melalui pengalaman yang diberikan kepada anak di lingkungan rumah.

Berikut ini cara menjadikan yang terbaik dalam diri anak Anda :

• Hindari membandingkan anak dengan anak lain
Bantu anak untuk membandingkan dirinya dengan pencapaian masa lalunya.

• Jangan suap anak dengan hadiah
Memberikan insentif agar anak dapat meraih sesuatu menandakan bahwa pembelajaran tersebut sebenarnya tidak bermanfaat.

• Dengarkan cerita dan celoteh anak
Hal yang sangat dia pedulikan dapat memberikan petunjuk tentang kemampuan spesialnya.

• Biarkan anak menemukan minatnya sendiri
Perhatikan aktivitas yang dipilihnya. Kesempatan untuk bermain bebas ini dapat banyak menunjukkan dimana kemampuan khusus yang dimilikinya.

• Bertanyalah
Bantu anak Anda untuk menjadi terbuka ke berbagai hal menarik di dunia dengan menanyakan beberapa pertanyaan seperti: Kenapa langit berwarna biru? Temukan jawabannya bersama.

• Jangan paksa anak untuk belajar
Jika anak-anak dikirim ke kursus khusus setiap hari untuk belajar dengan harapan mereka dapat mengembangkan kemampuan belajar mereka, mereka mungkin bisa menjadi terlalu stres atau lelah untuk bersinar. Semangati, namun jangan paksakan.

Baca Juga:  Mengenal Nyeri Psikogenik

Gimana guys menurut kalian? Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini!

BACA JUGA : Cara Obati Sakit Mata Dengan Cara Alami Tradisional