6 Bahaya Menonton Televisi Terlalu lama Bagi Kesehatan

Dokter Sehat – TV tentu tidak bisa lepas dari kehidupan kita baik untuk hiburan maupun berita tapi taukah anda ketika kita berbicara tentang TV terdapat efek buruk apabila menonton TV terlalu lama, masalah penyakit degenaratif dari penuaan serta penyakit kronis menghantui kita semua.

doktersehat-nonton-tv-lama-beresiko-kematian

Dalam Masyarakat Kita sudah menjadi kebiasaan menonton TV bahkan ketika berkumpul dengan keluarga kita pasti menonton TV namun apakah anda tau bahaya menonton TV bagi kesehatan tubuh sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan kita sadar kesehatan menjadi harga mati bagi kita semua untuk itu cobalah menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan anda Kita biasanya tidak terlalu ambil pusing dengan masalah sepele ini, seperti menonton TV yang dapat mempengaruhi kesehatan kita.

Dan menonton TV memang sangat mengasikkan sehingga sebagian orang betah berlama-lama di depan televisi. berikut beberapa bahaya menonton TV bagi kesehatan tubuh, para ilmuwan di Skotlandia menemukan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu di depan televisi dua jam sampai empat jam sehari, akan meningkatkan risiko serangan penyakit jantung dan kematian dini, dikutip dari laman Times of India.

Para peneliti juga mengambil foto pembuluh darah mata anak-anak itu. Mereka juga mengkalkulasi ukurannya dan menganalisis tinggi, berat badan, dan tekanan darah. Hasilnya, rata-rata anak menghabiskan 1,9 jam per hari menonton televisi dan 36 menit melakukan aktivitas fisik di luar ruangan.

Nah, anak-anak yang lebih sering menghabiskan aktivitas fisik baik di ruangan atau di luar ruangan lebih sehat matanya. Gopinath menyarankan kepada orang tua agar mengubah kebiasaan anak-anak, dari menonton televisi menjadi aktivitas fisik, seperti bermain di taman. Paling tidak satu jam setiap hari.

Masalah lain dengan TV adalah iklan, ketika menonton tayangan iklan tanpa disadari otak Anda telah dicuci dengan tayangan pada iklan. Terutama iklan di junk food yang berbahaya karena mereka dapat menyebabkan obesitas. Tapi masalah ini mudah dihindari bagi orang-orang yang masih memutuskan untuk menonton TV, dengan cara mematikan TV ketika iklan sedang ditayangkan, dan membaca buku atau berjalan-jalan di udara segar sementara iklan sedang ditayangkan.

Baca Juga:  Peneliti Mengalami Kemajuan Dalam Menciptakan Vaksin Terbaik yang Bisa Mengatasi HIV

Bahaya lain dari TV adalah masalah social, TV mengisap seluruh waktu Anda sehingga komunikasi dengan orang tua, keluarga, teman menjadi berkurang dan sering juga bagi anak-anak kesulitan menemukan teman karena duduk di depan TV terlalu lama. Padahal melakukan komunikasi (berbicara) merupakan suatu keharusan bagi manusia dan TV telah membuat mereka menjadi robot mindless duduk di depan kotak.

Berikut ini berbagai bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan :

1. Memicu meningkatnya resiko penyakit jantung
Melihat televisi terlalu lama (lebih dari 4 jam sehari) dapat menyebabka masalah atau penyakit pada organ jantung. Ini dikarenakan, saat seseorang menonton televisi, maka tubuhnya sedikit sekali bergerak dalam waktu yang relatif lama.

2. Jam tidur malam yang tidak teratur
Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup setiap malamnya untuk mempertahankan kesehatan tubuh itu sendiri. Membiarkan mata untuk melihat acara televisi hingga larut malam tentu akan berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh dari hari ke hari.

3. Memperbesar resiko diabetes
Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, menghasilkan bahwa resiko penyakit diabetes akan meningkat mencapai angka 14 persen, saat seseorang menonton televisi selama dua jam dalam seharinya.

4.Penambahan berat badan berlebih atau kegemukan
Kegemukan pada tubuh tentu memicu munculnya berbagai masalah dan gangguan kesehatan serta penyakit. Kurang aktif bergerak serta mengemil berlebih saat menonton televisi merupakan faktor pemicu obesitas atau kegemukan itu sendiri.

5. Meningkatnya resiko serangan asma
Menonton televisi dengan durasi yang lama dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit asma. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris terhadap 3000 anak, mulai usia bayi sampai dengan usia 11 tahun, menunjukkan bahwa anak-anak tersebut akam memiliki resiko menderita asma dua kali lipat saat melihat acara televisi selam dua jam atau lebih setiap hari.

6. Menurunkan kesehatan organ mata
Saat menonton acara favorit ditelevisi, organ mata akan jarang berkedip dan selalu fokus pada satu objek didepannya. Hal inilah yang akan membuat organ penglihatan akan menurun dari waktu ke waktu.