6 Bahaya Bakso bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com– Bakso adalah makanan yang lekat dengan masyarakat sehari-hari. Makanan berupa bola daging dan campuran mie, sayuran dan kuah membuat makanan ini diterima oleh semua kalangan, tak terkecuali ibu hamil. Namun apakah ibu hamil boleh makan bakso?

Sebelumnya, mari kita lihat bahan apa yang digunakan dalam satu mangkuk bakso. Satu porsi bakso terdiri dari bola daging yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam, tepung tapioka, telur, dan bawang putih. Kuahnya berbahan tulang sapi, lada bubuk, daun bawang, gula pasir bawang putih, bawang merah, dan kaldu. Sementara campurannya lainnya terdiri dari mie, sayur sawi dan tauge, saus kecap, cuka, MSG, dan sambal.

Namun, sayangnya mengonsumsi bakso tidak disarankan bagi ibu hamil, karena makanan lezat ini dapat mengangggu perkembangan janin dalam kandungan.

Lebih lengkapnya, DokterSehat akan menguraikan seberapa bahayanya jika ibu hamil mengonsumsi bakso. Bakso berbahaya pada ibu hamil, jika diolah dan disajikan dengan tidak benar. Seperti kita tahu, pemberitaan beredar bahwa bakso menggunakan bahan kimia berbahaya bagi tubuh manusia seperti boraks agar bakso kenyal, ada pula yang menggunakan pengawet seperti formalin, atau menggunakan bahan-bahan yang tidak segar seperti daging yang sudah tidak layak konsumsi. Inilah yang menjadikan bakso berbahaya pada semua orang yang mengonsumsinya, terutapa ibu hamil.

Berikut akibatnya jika ibu hamil mengonsumsi bakso yang diolah dan disajikan tidak benar:

1. Bayi berisiko cacat

Jika pengolahan bahan daging bakso yang tidak benar dan higienis, seperti penyembelihan sapi yang tidak benar atau sapi yang sedang sakit, dan sapi yang mati tanpa penyembelihan, bisa dikatakan bangkai. Kondisi bahan daging seperti ini bisa mengandung parasit hingga mikroorganisme berbahaya seperti Toksoplasma yang bisa membahayakan pertumbuhan janin secara fisik dalam kandungan.

Kemungkinan kelainan pada janin berupa jari tangan tidak lengkap, tanpa tuingkai bawah, kelainan jantung, hydrocephalus, dan bentuk dan struktur tengkorak tidak sempurna, jika ibi hamil mengidap virus Toksoplasma. Sebaiknya, ibu hamil disarankan mengonsumsi bakso yang dibuat dengan bahan yang segar dan higienis, apalagi membuat bakso yang lebih sehat di rumah.

2. Merusak saraf janin

Kandungan yang cukup banyak dalam bakso adalah Monosodium Glutamate (MSG). Mengonsumsi MSG saat perkembangan janin dapat mengganggu perkembangan sel otak janin dan dan bisa menyebabkan gangguan kerusakan pada sel saraf janin. Sementara itu, ibu akan berisiko terkena kanker payudara jika terlalu sering mengonsumsi MSG. Kondisi seperti ini sebenarnya juga dapat mengganggu perkembangan janin.

3. Berisiko meningkatkan hipertensi

Bahan lainnya yang tak kalah membahayakannya adalah garam, karena bakso tak akan sedap bila tak menggunakan banyak garam. Seperti kita tahu, banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan hipertensi. Nah, untuk ibu hamil seharusnya tidak mengonsumsi banyak garam, karena dapat menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat.

Garam dan MSG terdapat Natrium (Na) dapat menyebabkan retensi cairan tubuh, yang meningkatnya volume darah sehingga menyebabkan hipertensi. Meski Natrium tidak berpengaruh terhadap Preeklampisa dan Eklampsia, namun hipertensi selama ibu hamil, disarankan untuk menghindarinya karena hipertensi salah satu tanda adanya keracunan kehamilan.

4. Autisme

Boraks dan formalin yang terkandung dalam bakso, meski tidak semua bakso! ini merupakan bahan pengawet yang berbahaya. Jika ibu hamil mengkonsumsi boraks dan formalin dalam jangka panjang, kemungkinan dapat melahirkan bayi dengan autisme, hiperaktif, Cerebral Palsy, lahir bayi dengan berat rendah, hingga kemandulan.

Sementara formalin yang terkandung dalam baksi dapat dapat mengganggu dan merusak sel tubuh ibu hamil, baik ibu maupun janin menjadi rentan terhadap penyakit.

5. Keguguran

Sayuran seperti sawi, daun bawang dan seledri kemuingkinan terpapar bahan kimia seperti pestisida. Kandungan pestisida dan insektisida pada sayuran apabila tidak dicuci bersih, kemudian masuk ke dalam tubuh manusia, akan mengganggu proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Jika ibu hamil terpapar bahan kimia dari bahan bakso ini kemungkinan berisiko keguguran, kelainan saraf, kelainan organ jantung, kelainan anggota gerak tubuh, dan berbagai komplikasi.

6. Meningkatkan asam lambung

Cuka yang digunakan dalam semangkuk bakso bisa berisiko penyakit lambung seperti maag karena cuka bersifat asam. Jika penyakit maag tidak segera diobati, ini bisa menyebabkan gangguan kehamilan, seperti stres pada kehamilan dan berisiko keguguran.

Jadi, berhati-hati jika ibu hamil ingin mengonsumsi bakso, pastikan terlebih dahulu bakso yang Anda konsumsi aman atau lebih baik membuat bakso sendiri yang lebih sehat di rumah.