6 Makanan Yang Bisa Menjadi Pengawet Alami

doktersehat-kayu-manis-baik-pencernaan
pic credi: cinnamon vogue

DokterSehat.Com– Penggunaan pengawet yang terbuat dari bahan kimia kerap tidak dianjurkan untuk beberapa kondisi, misalnya untuk bayi, ibu hamil dan beberapa kondisi penyakit, misalnya hipertensi. Untuk itu perlu kita ketahui bahan makanan apa saja yang bisa kita gunakan sebagai pengawet makanan alami yang jauh lebih aman dari pada pengawet buatan.

Bahan makanan yang digunakan sebagai pengawet alami adalah makanan, bumbu atau rempah yang mudah kita peroleh. Umumnya pengawetan alami sudah cukup sering kita ketahui, misalnya penggaraman untuk ikan atau pembuatan asinan atau acar dari bumbu alami.

Untuk dapat memperkaya ciata rasa makanan dengan bahan pengawetan alami, beberapa bahan makanan dibawah ini bisa dijadikan pilihan. Menurut penelitian di Institut Pertanian Bogor, beberapa bahan makanan yang menjadi pengawet alami adalah:

  1. Garam

  2. Garam sudah digunakan sejak lama sebagai bahan pengawet alami. Garam memiliki kandungan natrium klorida yang mampu mencegah tumbuhnya mikroorganisme, menyerap air pada bahan makanan dan memberi cita rasa pada makanan.

  3. Bawang putih

  4. Bumbu yang umum ada di dapur ini memiliki fungsi untuk menghambat proses pembentukan sel khamir (sejenis jamur) sehingga kerap dipilih sebagai bahan pengawet alami.

  5. Jeruk nipis

  6. Penamabahan asam pada makanan mampu menghambat pertumbuhan mikroba, menurunkan pH makanan dan mencegah terjadinya pembusukan makanan karena bakteri.

  7. Kunyit

  8. Kunyit memiliki sifat anti bakteri, menghambat pertumbuhan mikroba dengan merusak membran sel bakteri. Penggunaan kunyit sebagai pengawet bahan makanan alami akan memberi cita rasa dan kandungan kurkumin pada pigmen warnanya disebut bermanfaat untuk tubuh.

  9. Kayu manis

  10. Kayu manis termasuk rempah yang mampu mengawetkan makanan dengan sifat bakterisdal dan menghambat pertumbuhan khamir serta kapang. Kayu manis juga memiliki kandungan minyak esensial yang baik untuk tubuh.

  11. Biji pala

  12. Rempah biji pala telah diteliti memiliki senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri gram positif antara lain bacillus pumilus dan pseudomonas sp.

Bahan-bahan diatas bisa kita pilih sebagai bahan pengawet alami yang sama manfaatnya dengan pengawet kimia produk.

Berbagai metode pengawetan bisa kita buat dengan menggunakan bahan diatas sehingga cita rasa makanan berpengawet alami bisa lebih kaya rasa, kan?