6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes

DokterSehat.Com – Jika jogging dan yoga adalah landasan untuk kebugaran tubuh Anda, namun Anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah menambahkan program fitnes.



Sebagian dari wanita kebanyakan merasa tidak nyaman, tidak yakin, dan sedikit takut untuk mencoba fitnes. Mungkin dikarenakan mitos-mitos yang menyebutkan bahwa wanita yang fitnes akan memiliki badan yang besar, dan berbahaya bagi sendi-sendi wanita.

Namun pada kenyataannya, program fitnes sangat membantu sekali untuk kebugaran tubuh dan kesehatan hidup Anda. Selain itu program latihan fitnes bagi wanita juga membantu pencapain hasil yang maksimal ketika Anda jogging atau melakukan yoga.

berikut ini ada 6 alasan perlunya Anda ikut fitnes :

  • Kalori berkurang, kekuatan bertambah
    Kalori yang digunakan oleh tubuh Anda akan lebih efisien ketika massa dan kekuatan otot Anda bertambah. Latihan beban dan fitnes membakar kalori lebih banyak dibandingkan berjalan, berjalan membakar kalori lebih banyak dibandingkan berdiri, dan berdiri membakar kalori lebih banyak dibandingkan duduk. Kalori yang dibakar oleh tubuh akan semakin banyak jika kontraksi ototpun banyak. Jadi, agar kalori Anda tidak tertimbun jadi lemak, maksimalkan pembakaran kalori melalui fitnes. Kontraksi otot akan menambah kekuatan dan mengurangi kalori tubuh.
  • Lebih efektif membakar lemak tubuh
    Banyak orang yang takut fitnes dan takut angkat beban. Mereka menganggap melakukan hal tersebut hanya akan menambah ukuran otot sehingga membuat mereka keliatan besar. Padahal tujuan fitnes tidak hanya itu, melainkan juga untuk membakar lemak tubuh. Manfaat yang paling terasa selama maupun setelah fitnes adalah kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat, bahkan berhari-hari setelah fitnes pun demikian. Hal ini biasa disebut EPOC, Excess Post-Exercise Oxygen Consumption. Ketika tubuh menggunakan oksigen yang lebih banyak, maka kalori yang dilepas akan lebih banyak untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Membentuk tubuh
    Hal yang paling diidam-idamkan wanita adalah memiliki bentuk tubuh seksi dan ideal. Saat Anda membentuk otot melalui fitnes atau latihan beban, lemak di tubuh Anda akan berkurang sedangkan otot-otot tubuh Anda akan lebih terbentuk. Inilah yang membuat tampilan Anda terlihat lebih seksi. Melakukan olahraga rutin akan menyeimbangkan kadar lemak dan otot dalam tubuh, dan menghadiahkan Anda lekuk tubuh ideal.
  • Kualitas tidur lebih baik
    Latihan beban dan fitnes yang dilakukan setiap hari akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Anda akan tidur lebih cepat, lebih pulas, dan bangun lebih awal. Latihan fisik yang rutin dilakukan akan memperbaiki kualitas tidur malam Anda sehingga Anda dapat bangun pada pagi hari dalam kondisi bugar. Daripada sekedar minum kopi atau teh di sore hari, akan lebih baik jika Anda latihan beban dengan dumbbell atau barbell kan? Bisa menambah energi Anda setiap hari loh!
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan tulang
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang jarang melakukan latihan beban cenderung memiliki kadar gula tingi, hipertensi, ukuran pinggang yang besar, dan juga sangat berisiko terkena penyakit kardiovaskuler (jantung dan stroke). Meskipun detak jantung Anda meningkat saat latihan beban, namun tekanan darah Anda akan menurun secar signifikan setelah latihan beban.Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, latihan beban dan fitnes juga bertujuan memperkuat tulang. Sebagaimana yang kita ketahui, wanita berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis dibanding pria. Hal ini disebabkan, pada masa tua dan menopause tubuh wanita tidak lagi memproduksi hormon estrogen. Para peneliti di McMaster University Kanada menemukan bahwa latihan fisik secara rutin akan meningkatkan massa otot pada tulang belakang hingga 9%. Ini menunjukkan betapa pentingnya melakukan fitnes bagi wanita di usia muda untuk mencegah penuaan dini.
  • Menghilangkan stres
    Fitnes dan latihan beban dikenal sebagai salah satu cara untuk mencegah dan mengelola stres. Mereka yang rutin melakukan latihan beban lebih mampu memngelola dan terhindar dari stres ketimbang mereka yang tidak pernah latihan beban. Selain itu, rutin melakukan fitnes merupakan latihan daya tahan tubuh. Pada orang dewasa, fitnes dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan memori.