6 Alasan Ini Terbukti Secara Ilmiah Mengapa Pasangan Anda Miliki Kemiripan

DokterSehat.Com– Anda mungkin pernah melihat adanya hubungan pasangan yang memiliki kemiripan di antaranya keduanya. Setiap pasangan memiliki banyak kesamaan dan beberapa bahkan memiliki wajah yang serupa. Bahkan ada pasangan yang terlihat seolah-olah mereka adalah saudara laki-laki dan perempuan.

pasangan-suami-istri-doktersehat

BrightSide, sebuah situs kesehatan telah melihat kecenderungan seperti itu, dan mereka memutuskan untuk mencari tahu apa yang ilmuan pikirkan tentang fenomena menarik ini. Berikut 6 bukti secara ilmiah mengapa pasangan memiliki kemiripan:

1. Menyerupai orangtua kita
Mereka mengatakan bahwa seorang pria cenderung menikahi wanita yang mirip seperti ibunya. Hal ini lebih mungkin bahwa istrinya memiliki kesamaan dengan ibunya, baik dalam kebiasaan dan penampilan.

Para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa kita memilih pasangan yang tidak hanya terlihat seperti kita, tapi juga seperti orangtua lawan jenis kita. Faktor yang paling signifikan di sini adalah warna rambut, mata dan usia orangtua kita. Jika orangtua Anda tidak muda saat bersama, Anda cenderung akan mencari pasangan yang lebih tua dari Anda.

2. Menghabiskan waktu bersama pasangan
Robert Zanjonc, seorang psikolog sosial Amerika, membandingkan foto pasangan pada hari pernikahan mereka dengan foto yang diambil 25 tahun kemudian. Studinya menunjukkan bahwa jika suami dan istri sama sekali tidak memiliki kesamaan wajah, setelah sekitar 25 tahun kemudian, mereka tampak sangat mirip.

Fakta keren lainnya dari hasul surveinya, semakin banyak kebahagiaan perkawinan yang dilaporkan beberapa pasangan, semakin besar peningkatan kemiripan wajah mereka.

3. Saling berbagi pengalaman
Alasan lain akhirnya mulai terlihat seperti saling berbagi pengalaman dengan pasangan Anda. Sepanjang hidup mereka bersama hingga mengalami banyak momen bahagia dan sedih. Segala sesuatu yang mereka jalani bersama sebagai pasangan dapat mempengaruhi bahasa tubuh dan keadaan emosional mereka. Sejarah mereka akan “tertulis” di wajah mereka, bahkan bentuk keriput pasangan di tempat yang sama.

4. Tertarik pada orang yang terlihat seperti Anda
Menurut penelitian, Anda akan tertarik pada mereka yang memiliki kesamaan wajah dengan Anda. Ini disebut perkawinan anortatif, sebuah teori yang menyarankan bahwa orang-orang dengan pasangan fenotipe serupa satu sama lain lebih sering.

Jika Anda mirip, kemungkinan anak Anda akan terlihat sangat mirip dengan Anda berdua. Para ilmuwan percaya bahwa ini adalah bagaimana individu mencoba untuk secara maksimal meneruskan gen mereka ke generasi berikutnya.

5. Sistem kekebalan tubuh serupa
Sistem kekebalan tubuh kita mencerminkan gaya hidup kita, termasuk kebiasaan makan dan latihan fisik kita. Sekelompok ilmuwan menyimpulkan bahwa pasangan yang telah lama menikah memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat mirip. Mungkin karena itulah dua pasangan sering berbagi kebiasaan dan gaya hidup mereka pada umumnya.

6. Seperti bercermin dengan pasangan Anda
Pasangan yang selaras satu sama lain sering saling cermati kebiasaan dan bahasa tubuh masing-masing. Ini menunjukkan bahwa ada kenyamanan emosional dan kepercayaan dalam hubungan mereka.

Para ilmuwan menyatakan bahwa para pasangan cenderung mengubah kebiasaan mereka sendiri selama pernikahan mereka. Misalnya, jika salah satu dari mereka mencoba berhenti merokok dan mulai makan makanan sehat, makan pasangannya akan melakukan hal yang sama.

Terlepas dari semua perbedaan dan kesamaan, hal terbaik yang harus dilakukan dengan pasangan adalah terus jatuh cinta dengan orang spesial Anda selamanya.