5 Trik Ini Patut Anda Coba Saat Anda Susah BAB

DokterSehat.Com– Anda siap, mau dan ingin buang air besar (BAB), tapi Anda sepertinya tidak bisa kerena susah buang air besar di pagi hari. Tentu ini membuat hari Anda menjadi tidak bersemangat kerena belum tuntas di kamar mandi.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

Kamu tidak sendiri. Sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum, seperti di Amerika Serikat, yang mempengaruhi sekitar 42 juta orang setiap tahun, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Tapi itu bisa berarti hal yang tidak sama untuk orang yang berbeda. Menurut pakar kesehatan, sembelit seseorang bisa berarti buang air besar kurang dari tiga kali per minggu. Orang lain mungkin buang air kecil tiga kali sehari.

Sembelit bisa membuat Anda merasa kembung, dan ini dapat meningkatkan risiko kondisi tidak menyenangkan seperti wasir.

Sebaiknya Anda menambah serat, perbanyak minum, dan mengkonsumsi probiotik dapat membantu Anda dalam jangka panjang. Tapi jika Anda memerlukan penyembuhan lebih cepat, cobalah 5 trik untuk segera membuang kotoran yang menumpuk, seperti dikutip dari Men’sHealth berikut ini.

1. Minum air hangat
Minuman panas bisa merangsang sistem pencernaan Anda. Ini mendorong sesuatu yang disebut peristalsis, proses yang menyebabkan otot usus Anda mendorong kotoran ke rektum Anda,

Minuman panas apa pun termasuk air biasa kemungkinan akan memicu semacam kontraksi di usus Anda. Pilihan lainnya bisa juga dengan secangkir kopi hangat.

Kopi berkafein memicu kontraksi di usus yang 60 persen lebih kuat daripada air panas, dan 23 persen lebih kuat daripada kopi tanpa kafein. Senyawa dalam kopi kemungkinan memicu produksi hormon tertentu di tubuh Anda yang membantu proses pengosongan.

Minum kopi juga bisa memberi manfaat mental: Satu studi menemukan bahwa hampir sepertiga orang menyatakan, keinginan untuk buang air besar dalam waktu 20 menit setelah minum kopi.

Kemudian minumlah dengan sarapan yang kaya serat seperti sereal gandum atau oatmeal dengan kacang-kacangan. Sementara minuman panas memicu pencernaan Anda, serat dapat membantu membuang limbah Anda sehingga didorong maju secara efektif.

2. Buang air besar dengan cara jongkok
Pikirkan posisi toilet normal Anda, mungkin dengan duduk dan membungkuk? Namun, itu sebuah kesalahan untuk buang air besar.

Itu karena saat Anda duduk, otot puborektalis yang membantu Anda mempertahankan kontinuitas dengan menciptakan kerutan di antara kolon dan rektum, hanya sebagian rileks.

Tapi saat Anda berjongkok, otot sepenuhnya rileks. Akibatnya, rektum Anda lebih pendek – yang memungkinkan kloset Anda lebih memadai.

Nah, ini tidak berarti Anda harus jongkok di kloset dberdesain duduk, itu malah  akan membuat Anda keseleo.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk membeli Squotty Potty – sebuah bangku yang diletakkan di alas toilet. Kemudian Anda meletakkan kaki Anda di atasnya yang mengangkat lutut di atas pinggul Anda, meniru posisi jongkok. Ini bisa membantu Anda buang kotoran dengan lancar. Atau, Anda bisa membangun sendiri kloset khusus untuk jongkok.

Kemudian, setelah Anda menyiapkannya, pastikan Anda masuk dan tidak main media sosial. Ini akan Menghabiskan banyak waktu di toilet dapat benar-benar membuat sembelit memburuk.

Baca Juga:  Berdarah Sampai 5 Tetes Pada BAB

Semakin lama Anda duduk, semakin kontraksi otot usus Anda memudar. Itu bisa menyebabkan beberapa bisa memicu perkembangan wasir.

3. Tidak menunda bangun tidur saat ingin BAB
Pagi cenderung menjadi waktu terbaik untuk BAB, karena usus besar terbangun dengan keras. Ini segera berkontraksi, yang mengubah sinyal waktu untuk BAB. Jika Anda malas bangun tidur dan menahan BAB, ini berisiko mematikan sinyal untuk BAB.

Tubuh Anda memiliki ritual dan program tertentu, catatannya, jika Anda mengikuti sinyal untuk BAB maka akan lancar. Tapi jika Anda menunda sinyal BAB, maka sinyal itu akan hilang dan tidak akan kembali. Akibatnya, Anda tidak akan merasakan dorongan BAB dan itu bisa menyebabkan kembung dan tidak nyaman. Atau, lebih buruk lagi Anda mungkin mencoba memaksanya dan kemudian mulai susah.

Jadi jika Anda tahu Anda harus BAB sebelum meninggalkan rumah, katakanlah jika Anda sedang dalam perjalanan untuk berlomba atau mendaki gunung, pastikan bangun lebih awal dari biasanya sehingga Anda memiliki waktu pagi yang santai.

4. Bayangkan Anda mimpi BAB lancar
Kedengarannya gila, tapi sebenarnya ada beberapa keuntungan untuk membayangkan diri Anda berhasil BAB yang menyenangkan. Sebenarnya, sering menggunakan teknik visualisasi dengan pasiennya. Itu karena koneksi pikiran, tubuh Anda bisa digunakan untuk melonggarkan dasar panggul Anda, yang seringkali terlalu ketat pada orang yang memiliki masalah sembelit.

Otot dasar panggul berbentuk peluru memegang organ panggul Anda, seperti usus dan kandung kemih Anda.

Bayangkan area tubuh Anda sebagai bendungan yang menahan air. Jika Anda membuka kunci bendungan dengan lembut, Anda akan mendapatkan aliran yang Anda inginkan.

Pertimbangkan untuk menyisihkan waktu yang sama setiap hari untuk latihan ini, idealnya, di pagi hari ketika Anda sudah minum kopi, sehingga Anda bisa membentuk kebiasaan BAB biasa.

Duduklah di toilet, hirup dalam-dalam, dan ingatlah perasaan lega yang datang dengan kotoran epik. Sensasi fisik lega berhubungan dengan dasar panggul Anda. Dengan setiap hembusan napas, bayangkan bahwa selempang otot melepaskan.

5. Pijat perineum Anda
Jika trik ini tidak bekerja, Anda mungkin perlu melakukan pendekatan yang berbeda. Teknik memijat perineum, yakni antara bagian kulit anus ke skrotum Anda.

Dalam sebuah penelitian UCLA terhadap 100 orang dengan keluhan susah BAB, mereka yang menggunakan teknik ini mengalami peningkatan fungsi usus dan perasaan lebih baik daripada mereka yang tidak menggunakan trik perineum.

Para periset percaya bahwa memberi tekanan pada perineum Anda dapat membantu memecah kotoran keras dan mengendurkan saluran anus Anda, sehingga mempermudah keluarnya kotoran.

Begini caranya: Bila Anda merasakan dorongan untuk BAB, gunakan satu tangan untuk mendorong penis Anda dan skrotum Anda sedikit ke samping.

Dengan jari telunjuk dan jari tengah tangan Anda yang lain, tekan perineum Anda, mendorong ke arah bagian belakang tubuh Anda denga berulang. Tepat sebelum Anda siap untuk buang air kecil, jari Anda seharusnya bisa merasakan tinja mendorong sfingter (cincin serat otot) anus Anda.

Selamat mencoba!