5 Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit

DokterSehat – Jatuh sakit memang tidak menyenangkan untuk semua orang. Apalagi jika Anda jatuh sakit pada saat ada acara penting, sehingga membuat kita melewati saat-saat yang berharga itu. Nah, saat tubuh masih sehat, penting bagi kita untuk bisa menjaga agar tidak mudah jatuh sakit.   Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan kesehatan agar tidak mudah sakit:



1. Cukupi kebutuahan vitamin C di tubuh anda. Karena vitamin ini berfungsi membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Berbagai buah-buahan juga mengandung sejumlah vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda seperti jeruk.

2. Sering menghirup udara segar. Terus berada di dalam ruangan tampaknya menjadi cara aman agar terhindar dari sejumlah penyakit. Namun, faktanya adalah ketika di dalam ruangan terus-terusan, Anda akan terkungkung bersamaan dengan bakteri yang ada dalamnya. Bangunlah di pagi hari dan dapatkan udara segar atau berolahragalah di luar saat pagi hari, maka sistem imun tubuh Anda akan meningkat.

3. Tidur yang cukup setiap malamnya. karena, kurang tidur akan berdampak dalam menurunnya daya tahan tubuh.

4. Aktif berjalan kaki. Aktivitas berjalan kaki sangat membantu dalam menjaga kebugaran dan kesehatan badan anda. Dengan tubuh yang bugar, sehat dan fit sepanjang hari, maka perubahan cuaca tidak akan berpengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuh anda.

5. Segera Mencuci Tangan Selesai Beraktivitas. Flu dan pilek bisa dengan mudah menular dan menyebar lewat sentuhan. Anda perlu memastikan bahwa Anda selalu mencuci tangan Anda dengan bersih. Sebisa mungkin hindarkan tangan Anda bersentuhan dengan mata, hidung, dan mulut. Sabun dan air adalah pembersih tangan yang paling efektif, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Tapi, sabun batangan bisa jadi tempat tumbuh kuman, maka untuk lebih amannya gunakan sabun cari. Saat mencuci tangan dengan sabun, biarkan busa terserap ke kulit Anda selama 20 detik baru bilas dan keringkan dengan lap atau handuk bersih.