5 Teh yang Harus Anda Coba untuk Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com– Orang-orang di seluruh dunia telah minum teh selama berabad-abad, dan ada alasan bagus mengapa kita minum teh. Sejumlah penelitian menunjukkan teh tradisional yang dibuat dari daun camellia sinensis bukan hanya minuman hangat yang nikmat, tapi juga membantu menangkal kanker, diabetes tipe 2, dan arthritis. Minuman ini pernah dianggap sebagai obat resmi dalam budaya Tiongkok kuno, dan masih merupakan komponen dari pengobatan herbal saat ini.

doktersehat-teh-krisan

Anda mungkin akan menemukan ratusan teh berbeda yang diklaim memiliki potensi kesehatan dan kualitas melawan penyakit. Dan penelitian menunjukkan beberapa campuran alami ini mengandung kandungan mineral dan herbal yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan bahkan meningkatkan ketahanan fisik. Teh hangat juga telah terbukti bisa menstimulasi sistem pencernaan.

Sementara beberapa teh memberikan keuntungan kesehatan lebih banyak daripada yang lain, ada banyak bukti bahwa minum teh tanpa pemanis secara teratur dan secukupnya lebih bermanfaat daripada tidak. Di bawah ini, lima jenis teh yang layak diminum dan bagaimana masing-masing dapat membantu kesehatan Anda, seperti mengutip dari WebMD, Kamis (4/1/2017).

1. Teh oolong
Penelitian menyarankan minum teh oolong mungkin akan mengubah metabolisme Anda dan meningkatkan pengeluaran energi tubuh, mirip dengan proses yang ia tahan saat berolahraga.

Apa artinya semua ini? Teh hitam yang difermentasi ringan dapat membantu Anda enurunkan berat badan dengan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar, bahkan saat beristirahat.

Alasan untuk ini tidak sepenuhnya diketahui, namun para ilmuwan menganggap kafein dan flavanols, yang biasanya ditemukan di teh hitam dan hijau, dapat bekerja sebagai agen pembakar lemak.

Teh oolong sering disajikan di restoran Cina dan memiliki rasa manis dan buah yang enak disajikan panas atau dingin. Satu porsi menghasilkan sekitar 75 mg kafein, sekitar setengahnya dalam secangkir kopi.

2. Peppermint dan teh basil suci
Teh mint yang menyegarkan ini mudah disajikan, apakah panas atau dingin. Sementara peppermint telah diketahui untuk mengecilkan perut, penelitian juga menyarankan basil suci adalah ramuan super sendiri. Banyak digunakan dalam pengobatan Ayurvedic, tanaman hijau berdaun ini dipuji sebagai “Mother Medicine of Nature.”

Rangkaian khasiat penyembuhannya yang luas berkisar dari mencegah infeksi hingga menyebabkan kecemasan. Sejumlah penelitian eksperimental juga menunjukkan bahwa basil suci dapat melindungi hati dan ginjal akibat kerusakan yang disebabkan oleh menelan pestisida dan bahan kimia industri, yang terkadang ditemukan pada buah dan sayuran, bahkan setelah dicuci.

Baca Juga:  Teh Ini Bisa Membuat Daya Ingat Meningkat

teh-Rhodiola-doktersehat

3. Teh rhodiola
Punya kecemasan kinerja? Untuk hasil terbaik, minumlah beberapa teh Rhodiola. Bunga Rhodiola yang lezat dipelajari dan diuji oleh Rusia selama Perang Dingin, namun penelitian yang lebih baru juga mendukung peningkatan kebugarannya, seperti peningkatan daya tahan tubuh dan waktu pemulihan plahraga yang lebih cepat.

Tehnya tidak mengandung kafein, sehingga Anda bisa merasakan distimulasi tanpa mengalami kerusakan energi nantinya. Untuk mendapatkan efek yang sama seperti suplemen rhodiola yang terkonsentrasi, Anda mungkin perlu menggunakan dua kantung untuk teh Anda. Citarasanya sangat halus, dengan sedikit mawar.

4.Teh rumput laut
Mungkin Anda sudah mengunyah camilan rumput laut rendah kalori, tapi bagaimana dengan meminumnya? Rumput laut menawarkan berbagai mineral makanan yang ada di planet ini, termasuk yodium yang melindungi tiroid, vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan pemberian zat besi —dan pembuatannya hanyalah cara lain untuk memanfaatkan manfaat gizi ini.

Pabrik air juga dilengkapi dengan banyak mineral yang dibutuhkan tubuh kita, namun tidak dapat diproduksi sendiri. “Ada sekitar 60 mineral yang dianggap penting untuk tubuh manusia, dan rumput laut memiliki semuanya,” kata Valerie Goldstein, RD, pendiri Eating to Fuel Health.

“Sejumlah penelitian ilmiah telah menghubungkan asupan rumput laut secara teratur untuk menjaga kesehatan rambut dan mendorong pertumbuhan.” sambungnya.

5. Teh cuka sari apel
Apple Cider Vinegar (AVC) atau cuka sari apel telah digunakan untuk menghilangkan noda agar menurunkan berat badan. Dipuji sebagai obat alami untuk semua penyakit, ada beberapa kebenaran tentang manfaat kesehatan ACV.

Studi menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu menurunkan gula darah saat dikonsumsi dengan makanan bertepung, menjadikannya alat yang sangat membantu bagi mereka yang mengidap diabetes tipe 2. Karena ada kekurangan untuk menelan kerusakan seperti cairan yang sangat asam seperti pada email gigi —sangatlah cerdas untuk mencairkannya dengan air dengan menyiapkannya sebagai teh.

Anda tidak akan menemukan obat rumah ini dikemas dalam kantung teh, tapi Anda bisa dengan mudah membuat obat mujarab dengan beberapa bahan tambahan yang mungkin sudah Anda miliki di rumah. Dari segi rasa, cara terbaik untuk meminumnya adalah dengan ramuan yang manis, seperti resep teh jahe kunyit lemon.