5 Tanda Anda Melakukan Eksfoliasi Berlebihan

kulit-wajah-doktersehat
Photo Credit: Flickr.Com/ Kylle Aquino

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah tahu bahwa eksfoliasi adalah salah satu langkah penting untuk menjaga kulit tetap bersih dari sel-sel kulit mati dan kotoran. Namun, hati-hati dan jangan sampai Anda melakukan eksfoliasi berlebihan. Berikut ini adalah beberapa tanda Anda melakukan eksfoliasi berlebihan.

Photo Credit: Flickr.Com/Kylle Aquino

1. Jerawat Bermunculan
Anda mungkin mengara sering-sering mengeksfoliasi kulit akan segera menghilangkan jerawat. Sayangnya, hal ini sebenarnya justru akan memperparah jerawat Anda. Eksfoliasi berlebihan justru akan melemahkan kulit dan membuatnya tidak bisa melindungi diri dari bakteri dan infeksi. Bahkan eksfoliasi dengan butiran scrub saat jerawat meradang justru akan menyebarkan infeksi.

2. Kulit Malah Semakin Berminyak
Jika Anda cenderung memiliki kulit berminyak atau kombinasi-berminyak, eksfoliasi berlebihan justru akan membuat kulit Anda semakin berminyak. Ketika kehilangan minyak alaminya, kulit akhirnya malah akan memproduksi lebih banyak minyak lagi untuk melembabkan kembali kulit.

3. Kulit Kering dan Bersisik
Sedangkan pada kulit kering dan normal, eksfoliasi berlebihan akan membuat kulit menjadi semakin kering dan mengelupas. Terkadang juga muncul bercak-bercak pada kulit wajah Anda. Saat menyadari hal ini terjadi pada kulit Anda, kurangi mengeksfoliasi kulit dan segera gunakan pelembab.

4. Kulit Mengkilap
Jangan salah mengira kilap yang muncul di wajah setelah sering melakukan eksfoliasi berarti Anda memiliki kulit yang berkliau dan dewy. Sebaliknya, bisa jadi ini justru terjadi karena tekstur kulit alami anda hilang karena eksfoliasi yang berlebihan. Kilau alami kulit harus muncul karena hidrasi, esense dan pelembab, bukan karena sering melakukan eksfoliasi.

5. Muncul Kemerahan dan Iritasi
Tanda pertama yang biasanya muncul karena terlalu sering melakukan eksfoliasi adalah kulit yang memerah dan iritasi. Jika kemerahan tetap ada beberapa jam setelah eksfoliasi atau bahkan hingga keesokan harinya, artinya Anda harus mengurangi eksfoliasi.

Nah, setelah mengetahui beberapa tanda di atas, sekarang saatnya memperhatikan reaksi kulit Anda setelah eksfoliasi.

Source: https://theklog.co/how-often-should-you-exfoliate/