5 Peringatan Dini Kanker Payudara yang Tidak Anda Sadari

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

DokterSehat.Com– Sebagai individu yang berpengetahuan dan peka terhadap kesehatan, Anda mungkin ingin tahu tanda-tanda bahwa Anda menderita kanker payudara yang perlu Anda awasi, untuk mencegah kanker payudara sejak awal.

Alih-alih harus menghadapi berat diagnosis kanker payudara setelah hal itu berlanjut —yang semoga tidak akan pernah terjadi!

Seperti melansir The Truth About Cancer, berikut daftar lima peringatan dini tanda kanker payudara, yang sebagian besar tidak Anda sadari atau jarang dibicarakan.

1. Tanda Awal Kanker Payudara pada Wanita: Jangan Hanya Cari Benjolan Payudara
Cara paling umum bahwa dokter konvensional mencari tanda-tanda pertama kanker payudara pada wanita adalah dengan mengidentifikasi benjolan di payudara. Mereka paling sering melakukan ini dengan sinar-x mammogram —alat khusus yang menggunakan energi radiasi atau sinar X yang untuk memantau perkembangan dalam jaringan di payudara.

Ini menawarkan kepada para dokter sebuah peta jalan dasar untuk menjelajahi daerah jaringan payudara, yang mereka percaya memungkinkan untuk menunjukkan adanya benjolan, massa, atau tanda peringatan kanker payudara lainnya yang mungkin mengarah ke keganasan.

Tapi mammogram bisa menjadi penyebab kanker karena radiasi pengion yang mereka kirim ke jaringan payudara. Mereka juga tidak akurat 100 persen dari waktu, terlepas dari apa yang mungkin Anda telah diberitahu. Benjolan dan massa di jaringan payudara bisa berupa jinak (tidak berbahaya) atau ganas (kanker), dan mammogram tidak membedakan keduanya. Hal ini sering menyebabkan diagnosis palsu dan perawatan yang tidak perlu dengan kemoterapi dan radiasi.

Pilihan yang lebih baik, jika Anda memilih untuk menjalani pemeriksaan kanker rutin, adalah thermography. Metode penyaringan unik ini memungkinkan dokter untuk tidak hanya mencari benjolan atau pertumbuhan yang tidak biasa, namun carilah gejala kanker payudara lainnya pada wanita.

Ini termasuk mengidentifikasi apakah angiogenesis terjadi di dalam jaringan payudara, yang merupakan indikator yang jauh lebih kuat dan lebih akurat bahwa kanker payudara mungkin ada.

Angiogenesis adalah cara yang bagus untuk mengatakan pertumbuhan pembuluh darah baru, yang dapat mengungkapkan bahwa tubuh wanita sedang mencoba untuk membangun sistem pasokan baru agar darah dikirim ke tumor payudara yang sedang berkembang. Dokter yang mengkhususkan diri dalam memeriksa gambar termografi akan dapat mengidentifikasi apakah angiogenesis sedang terjadi atau tidak, dan menyarankan tindakan yang tepat.

Kemungkinan gejala kanker payudara lainnya:

  • Pembengkakan semua atau sebagian payudara (meski tidak ada benjolan bening)
  • Iritasi kulit atau dimpling
  • Nyeri payudara atau puting susu
  • Pelepasan puting susu (balik ke dalam)
  • Kemerahan, skaliness, atau penebalan puting atau kulit payudara
  • Nipple discharge (selain ASI)

2. Hormon dan Kesehatan Seluler Anda
Banyak pakar kesehatan suka membicarakan kanker payudara sebagai sesuatu yang berasal dari “genetika buruk,” diturunkan dari ibu ke anak perempuan mereka. Ini menyiratkan bahwa kanker payudara tidak dapat dihindari dan terjadi sebagai skenario “lucky of the draw” yang tidak menguntungkan. Dan tergantung pada jenis kanker payudara yang mereka bicarakan, mungkin ada beberapa manfaat untuk teori populer ini.

Tapi kebanyakan jenis kanker payudara adalah hasil dari lingkungan, diet, dan gaya hidup, yang semuanya mendikte bagaimana sistem endokrin wanita memproduksi dan menyeimbangkan hormon.

Dengan kata lain, ketidakseimbangan hormon memainkan peran jauh lebih besar dalam menentukan risiko kanker payudara daripada yang dipikirkan banyak orang. Thermography dapat membantu dokter yang memenuhi syarat untuk menentukan apakah seorang wanita memiliki risiko kanker payudara yang tinggi karena indikator awal yang sering diabaikan ini.

3. Ketahui Tanda Kanker Payudara
Setiap tubuh wanita memiliki aliran dan arus yang unik, dan selaras dengan ritme pribadi Anda sangat berharga untuk menyadari tanda-tanda Anda terkena kanker. Dengan memperhatikan perubahan yang tidak biasa yang mungkin terjadi, terutama di dalam jaringan payudara, sangat penting untuk menghindari kanker payudara.

Jika Anda merasakan sakit atau nyeri yang tidak biasa di payudara Anda, termasuk sesekali berdenyut, sakit, atau bahkan berfluktuasi, hubungi dokter Anda.

Banyak wanita beranggapan bahwa hanya benjolan terisolasi dengan nyeri lokal yang menunjukkan adanya kanker payudara. Yang benar adalah bahwa kanker payudara dapat bermanifestasi sebagai tumor “seperti jerawat atau benjolan kecil“ dalam beberapa kasus, menyebar seperti tentakel kecil di seluruh jaringan payudara.

Para ahli dari MD Anderson Cancer Center di Houston memperingatkan bahwa kanker payudara sering muncul tanpa tanda peringatan kanker payudara klasik dari benjolan atau kemerahan.

Seperti disebutkan di atas, gejala kanker payudara lainnya pada wanita dapat meliputi pembengkakan dan iritasi, dimpling, pelepasan puting susu di luar normal laktasi, inversi puting susu, dan atau penebalan dan kemerahan pada kulit di sekitar puting susu. Ini semua adalah tanda awal kanker payudara potensial yang perlu Anda perhatikan di tubuh Anda.

“Ada kanker payudara yang hadir sebagai setengah benjolan atau mungkin tidak ada benjolan sama sekali. Bisa saja penampilan kulitnya aneh atau kulitnya merah atau pipit,” kata Dr. Naoto Ueno, kepala Riset Kanker Payudara Translational di Pusat.

Pastikan untuk mencari pola perubahan atau gejala baru dan tidak biasa yang terjadi di luar norma. Nyeri dan nyeri sesekali mungkin bukan gejala awal kanker payudara, tapi gatal yang persisten, misalnya, dapat menunjukkan penumpukan cairan, fungsi getah bening yang buruk, atau tubuh Anda yang mencoba membuat pembuluh darah baru untuk tumor payudara.

4. Sakit Punggung Menunjukkan Perkembangan Tumor Payudara?
Rasa sakit punggung bagian atas yang terasa seolah-olah berasal dari jauh di dalam tulang mungkin merupakan tanda awal kanker payudara. Tapi jangan berasumsi bahwa setiap serangan nyeri atau nyeri punggung yang Anda lihat berarti Anda menjadi tanda kenker!

Sakit punggung kronis yang tidak berhubungan dengan peregangan, chiropractic (metode perawatan untuk mengatasi gangguan sistem otot dan tulang belakang) atau cara lain mungkin merupakan pertanda bahwa tumor kanker payudara terbentuk.

Terkadang saat tumor berkembang di payudara wanita, mereka memberi tekanan pada tulang rusuk dan tulang belakang yang menyebabkan rasa sakit yang baru ditemukan dan terus-menerus.

Anda perlu menyadari adanya perubahan yang terjadi di kolom tulang belakang Anda, punggung bagian atas, dan bahkan leher. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda merasa sakit yang Anda alami sangat luar biasa dan ditandai dengan tekanan dari kemungkinan pertumbuhan internal.

5. Kekurangan Nutrisi dan Kanker Payudara
Jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi yang tepat dalam makanan Anda, termasuk vitamin D dan yodium, risiko Anda terkena kanker payudara sudah meningkat. Kekurangan hara bersifat endemik seperti di Barat.

Banyak orang tidak menyadari bahwa apa yang tidak mereka makan semakin menjadi kemungkinan mereka untuk mengembangkan kondisi kesehatan kronis seperti kanker payudara.

Hampir 75 persen populasi “sehat” dewasa kekurangan yodium, yang telah terbukti membantu menangkal sel kanker di payudara dan tempat lain di seluruh tubuh. Kekurangan vitamin D adalah salah satu faktor risiko kanker payudara.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa tingkat vitamin D yang rendah adalah ciri khas wanita dengan kanker payudara. Penelitian lain menunjukkan temuan serupa.

Aturan praktis yang bagus di dunia kaya nutrisi saat ini adalah untuk melengkapi nutrisi ini dan nutrisi melawan kanker lainnya seperti selenium dan seng. Anda mungkin juga ingin berkonsultasi dengan naturopath terlatih atau dokter integratif.

Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi kekurangan nutrisi spesifik yang mungkin Anda miliki dan membantu Anda mengoptimalkan “medan” biologis unik Anda untuk pencegahan kanker payudara yang terbaik.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik