5 Penyebab Kesemutan Saat Hamil, Bagaimana Solusinya?

doktersehat-hamil-kehamilan

DokterSehat.Com– Kehamilan membawa banyak perubahan bagi tubuh ibu, termasuk sering kesemutan. Kesemutan umumnya tidak berbahaya, namun ada kalanya kesemutan menjadi tanda dari penyakit serius.

Penyebab kesemutan saat hamil

Kesemutan atau kebas dapat terjadi karena beberapa hal, di antaranya:
1. Berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu
Dilansir dari momjunction, berkurangnya aliran darah pada bagian tubuh tertentu dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya peningkatan volume cairan pada tubuh ibu hamil.

2. Ukuran janin semakin besar
Penyebab lainnya adalah bertambahnya ukuran janin sehingga dapat menghambat aliran darah ibu. Perut yang membesar dapat menekan aliran darah di bagian lain sehingga menyebabkan kesemutan.

3. Tekanan darah rendah
Jika saat hamil ibu mengalami tekanan darah rendah, hal ini juga dapat mengurangi aliran darah ke bagian tubuh tertentu. Tekanan darah rendah ini dapat terjadi ketika volume darah tidak mampu mengimbangi volume pembukuh darah. Umumnya hal ini terjadi di awal kehamilan.

4. Carpal tunel syndrome
Kesemutan juga dapat disebabkan oleh carpal tunel syndrome atau CTS, yaitu penumpuan cairan pada jaringan di pergelangan tangan Anda. Pembengkakan ini terjadi karena penumpukan cairan dan kemudian menekan saraf pada tangan dan jari Anda.

5. Diabetes
Jika Anda mengalami kesemutan dalam waktu yang lama dan sering, kemungkinan Anda mengidap diabetes gestasional. Sebaiknya segera periksakan ke dokter bila sering mengalami kesemutan dalam waktu yang cukup lama.

Penanganan saat kesemutan

Saat kesemutan, Anda dapat mengatasinya dengan mengubah posisi agar peredaran darah menjadi lancar. Jika peredaran darah lancar maka saraf pada bagian tubuh tesebut akan kembali menerima suplai darah sehingga sensasi kesemutan segera menghilang.

Mencegah kesemutan saat hamil

Salah satu cara untuk mencegah kesemutan saat hamil adalah dengan menjaga berat badan Anda selama hamil. Selain itu batasi konsumsi garam, gula dan minyak berlebih dan perbanyak air putih. Lakukan olahraga teratur untuk melancarkan peredaran darah dan jika perlu makan makanan yang banyak mengandung vitamin B6.

Semoga Anda terhindar dari masalah kesemutan, ya!