5 Pengobatan Alami dan Pencegahan Penyakit Kronis Paru

doktersehat-sakit-paru-dada-jantung

DokterSehat.Com– Penyakit COPD (chronic obstructive pulmonary disease) atau penyakit kronis paru adalah penyebab utama kematian ketiga di Amerika. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit ini berada di peringkat ket-4 dan ke-5 HIV-AIDS sebagai penyebab kematian di seluruh dunia.

COPD ditandai dengan kerusakan paru-paru yang signifikan, sulit bernapas, sesak napas, mengi (suara napas nyaring), batuk, dan berlendir, dan terutama disebabkan oleh merokok.

Sayangnya bagi mereka yang menderita penyakit ini, itu progresif, artinya semakin parah seiring berjalannya waktu. Kebanyakan orang dengan COPD beralih ke perawatan tradisional seperti obat-obatan dengan efek samping yang sudah lama ada, sama sekali tidak menyadari solusi alami yang dapat membantu meredakan gejala tanpa menyebabkan stres atau rasa sakit tambahan.

Berikut adalah beberapa tips pencegahan dan pengobatannya, seperti melansir Natural Society:

1. Berhenti Merokok
Merokok saat mengidap COPD tentu tidak akan membuat segalanya menjadi lebih baik, dan ini bisa meniadakan perubahan lain yang Anda buat dalam hidup Anda. Merokok adalah penyebab utama COPD. Semakin banyak orang merokok, semakin besar kemungkinan orang tersebut akan mengidap COPD.

Namun, beberapa orang merokok selama bertahun-tahun dan tidak pernah terkena COPD. Temukan bantuan untuk menghentikan kebiasaan itu dengan baik. Anda akan takjub dengan apa yang terjadi saat Anda berhenti merokok.

2. Meningkatkan Kualitas Udara
Kualitas udara di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu, dapat dengan mudah diperbaiki dengan menjaga kelembaban dan ventilasi rumah Anda baik. Buat rumah Anda terhindar dari pertumbuhan jamur dan pastikan semua peralatan dilepaskan ke luar.

Exhaust fans (alat membuang udara kotor), dehumidifiers (alat menurunkan kelembapan), dan kipas angin pada umumnya adalah langkah bijak untuk membantu mengurangi COPD Anda.

3. Kurangi Asupan Garam
Semakin banyak garam yang Anda konsumsi, semakin banyak air yang Anda simpan, dan dengan air yang tersisa, ada kesulitan bernapas yang lebih besar. Jadilah pembaca label dan hindari makanan dengan kadar garam tinggi atau tambahkan garam ke piring Anda.

4. Batasi Kontak dengan Iritasi
Alat pembersih rumah tangga, produk perawatan, penyegar udara, dan bahkan hewan peliharaan dapat memperburuk gejala COPD Anda. Memilih produk pembersih rumah alami seperti yang dibuat dengan cuka atau baking soda, dan cari produk tanpa pengharum menyengat. Juga, jika Anda memiliki hewan peliharaan, investasikan dengan vakum yang bagus dan sering mandi untuk mengendalikan ketombe di rumah Anda.

5. Tambahkan Vitamin D ke Pengobatan Harian Anda
Walaupun ada banyak ulasan dan pengaruhnya terhadap COPD, vitamin D telah menghasilkan beberapa dampak positif. Dalam sebuah penelitian dari ilmuwan Belgia, mereka menemukan bahwa kadar vitamin D seringkali rendah pada pasien COPD dan suplementasi vitamin D dapat membantu meningkatkan kekuatan otot pernapasan. Jadi, dapatkan lebih banyak sinar matahari dan tambahkan suplemen D3 berkualitas tinggi di musim dingin.

Mengelola COPD adalah urusan seumur hidup; Perubahan gaya hidup adalah kunci utama untuk mengurangi tingkat keparahan gejala Anda. Meskipun Anda mungkin selalu berjuang dengan efek dari penyakit yang merusak ini, bukan berarti Anda tidak berdaya dalam perawatan Anda sendiri.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik