5 Obat Efektif Untuk Osteoarthritis

DokterSehat.Com – Osteoarthritis termasuk kedalam penyakit sendi degeneratif, menurut survei Badan Kesehatan Dunia (WHO), 40 % dari penduduk berusia di atas 70 tahun di dunia menderita osteoarthritis lutut. Bahkan sebanyak 80 % penderita mengalami keterbatasan gerak. Dan tahukah, bahwa penyakit ini dinobatkan sebagai penyakit nomor dua di dunia setelah jantung.

5

Orang yang terserang osteoarthritis, susah untuk menggerakkan sendi-sendinya serta geraknya menjadi terbatas karena turunnya fungsi tulang rawan, dengan demikian produktivitasnya akan terganggu. Kabar buruknya, penyakit ini juga bisa menyerang orang muda, dan paling banyak adalah wanita.

Kehadiran dari penyakit ini memang nyaris tidak dapat terdeteksi. Gejala yang menunjukkan seseorang mulai terserang osteoarthritis antara lain dimulai dari datangnya rasa sakit pada sendi setelah melakukan aktivitas,seperti pekerja berat, olah ragawan, dan sebagainya. Dari rasa sakit tersebut, kemudian lama-kelamaan akan terasa nyeri dan kaku. Jari-jari tangan membesar, terasa sakit, kaku bahkan mati rasa. Lutut terasa sakit dan kaku, susah berjalan. Pinggul terasa sakit dan kaku di kunci paha sehingga gerak jadi terbatas. Dan, pada punggung atau tulang belakang terasa sakit dan kaku pada leher.

jika Anda mengalami ini, ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan di rumah untuk meredakan nyeri dan peradangan sendi, antara lain adalah :

  • Diet
    Salah satu cara utama yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami gangguan sendi seperti arthritis adalah dengan diet Ladies. Berat badan berlebih dan lemak menumpuk adalah tanda-tanda tidak sehat dan karena tubuh terlalu berat, sendi juga mengalami tekanan yang lebih besar daripada mereka yang memiliki berat badan ideal. Bukan hanya itu, Anda juga harus menambahkan makanan kaya kalsium, vitamin D, E dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Jika Anda tidak bisa memenuhi makanan kaya vitamin tersebut, Anda juga bisa mendapat bantuan dari suplemen vitamin.
  • Cabai Merah
    Jika Anda suka makanan pedas dan menderita arthritis, maka makan cabai adalah salah satu pengobatan yang mungkin Anda sukai, karena ternyata cabai juga memiliki efek baik meredakan peradangan sendi. Anda bisa makan makanan pedas atau cukup digosok pada bagian yang nyeri. Rasanya mungkin panas pada awalnya, namun ini akan memberikan rasa hangat dan menghilangkan nyeri. Jika menggunakan cabai rawit atau merah terlalu panas, Anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun dan oles ketika akan tidur.
  • Paku ekor kuda
    Salah satu tanaman hias yang juga bisa dijadikan obat pereda nyeri saat arthritis menyerang adalah tanaman hijau paku ekor kuda. Anda bisa menjadikannya jus dan diminum setiap hari untuk meredakan nyeri.
  • Kemangi
    Daun kemangi dan keluarga basil lain juga sangat baik meredakan nyeri. Anda bisa menambahkan dalam lalapan atau dijus setiap hari. Atau jika Anda punya tanaman basil, Anda juga bisa menyeduhnya sebagai teh dan diminum setiap 3 kali sehari.
  • Olahraga
    Selain semua cara pengobatan alami tersebut, Anda juga jangan melupakan olahraga. Bukan berarti ketika sendi Anda sakit, Anda jadi tidak berolahraga sama sekali. Justru ketika Anda tidak melatih persendian Anda yang sakit, maka akan semakin parah nyerinya. Anda bisa menggerakkan pelan-pelan, melatih setiap hari agar tubuh lebih kuat.