5 Mitos dan Fakta Kanker yang Perlu Anda Tahu

doktersehat-konsultasi-dokter-usus-kanker

DokterSehat.Com– Anda mungkin mendengar banyak selentingan informasi yang bertentangan soal kanker. Mungkin ada begitu banyak pendapat tentang apa yang menyebabkan kanker, siapa saja yang berisiko tinggi, dan bagaimana Anda bisa mengobatinya.

Lantas apa fakta dan mitos tentang kanker? Beberapa kebenaran di balik kesalahpahaman umum tentang kanker mungkin mengejutkan Anda. Berikut 5 mitos umum tentang kanker, seperti melansir The Truth About Cancer:

1. Kanker bersifat genetik
Artinya tidak ada yang bisa mencegah apakah Anda didiagnosis atau tidak. Ini adalah salah satu mitos terbesar karena para ahli memperkirakan bahwa lebih dari setengah diagnosa kanker dapat dicegah. Kurang dari 5 persen dari semua jenis kanker memiliki kaitan genetik. Sebagian besar kanker disebabkan oleh paparan lingkungan.

2. Alkohol baik untuk kesehatan
Segelas anggur merah telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung, namun alkohol menyebabkan peradangan. Keadaan radang kronis telah dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, diabetes, dan banyak penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Pengidap kanker harus banyak istirahat
Istirahat yang cukup pasti diperlukan untuk tetap sehat, saran para ahli terhadap isolasi dan ketidakaktivan, yang dapat menyebabkan kelelahan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan depresi.

Sementara pasien pengidap kanker yang berolahraga secara konsisten memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi. Manfaat olahraga juga bisa mempertahankan pandangan yang lebih positif selama pemulihannya.

4. Makanan tidak mencegah kanker atau mengobati
Makanan tinggi gula, sodium, dan lemak tidak sehat telah diuji dalam penelitian yang tak terhitung jumlahnya untuk memengaruhi mutasi sel yang menyebabkan kanker.

Sel kanker mengonsumsi lebih banyak gula (glukosa) untuk bahan bakar daripada sel lainnya di tubuh Anda. Sebaliknya, mengonsumsi makanan organik dengan vitamin dan nutrisi dapat mencegah kerusakan sel secara alami, meningkatkan kesempatan Anda untuk mencegah dan mengalahkan kanker.

5. Obesitas tidak meningkatkan risiko kanker
Dua pertiga penduduk Amerika Serikat dianggap mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, ini adalah mitos yang sangat berbahaya. Para ahli sepakat bahwa ratusan kasus kanker secara langsung disebabkan dengan membawa kelebihan berat badan. Salah satu alasan utama adalah sel-sel lemak mengeluarkan estradiol yang bertindak sebagai “pupuk” untuk sel-sel kanker.

Mengejutkan, organisasi-organisasi utama yang dianggap sebagai “otoritas terkemuka” pada apa yang menyebabkan kanker dan bagaimana hal itu dapat dicegah, mengabadikan beberapa mitos tentang kanker mereka sendiri.

Meskipun bukti ilmiah yang bertentangan dengan laboratorium independen, “otoritas” mengklaim tidak ada hubungan antara kanker dan dengan hal berikut ini:

  • Ponsel dan saluran listrik
  • Kosmetik
  • Pewarna rambut
  • Deodoran
  • Pengobatan radiasi
  • Kemoterapi
  • Pembersih rumah tangga
  • Makanan yang diproses
  • Pemanis buatan
  • Produk kedelai
  • Stres

Mitos tentang kanker sangat berbahaya dan begitu juga komunitas medis menolaknya untuk melihat lebih jauh daripada penyebab tradisional.

Jika Anda membuat keputusan berdasarkan fakta, ini akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mencegah kanker dan jika Anda didiagnosis bahkan bisa mengalahkannya.