5 Manfaat Yoga untuk Wanita Menopause

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com – Setelah memasuki masa menopause, wanita akan mengalami banyak masalah kesehatan pada tubuhnya. Mereka rentan mengalami osteoporosis yang bisa menyebabkan patah tulang. Selain itu, mood wanita juga menurun disertai gairah seks yang hilang.

Nah, untuk mengatasi keadaan ini, wanita disarankan untuk melakukan yoga. Dengan yoga, wanita menopause bisa mendapatkan beberapa hal di bawah ini:

1. Menurunkan stres

Melakukan yoga secara rutin setiap hari akan menurunkan rasa cemas, takut, dan perasaan negatif pada wanita. Dengan penurunan rasa cemas, stres dari wanita bisa menurun dengan cepat. Melakukan yoga secara rutin bisa membuat wanita menjadi lebih kalem dan merasa lebih bahagia.

2. Hilangnya rasa sakit pada tubuh

Yoga akan mengembalikan elastisitas pada tubuh. Dampaknya, rasa sakit pada pinggang dan persendian bisa dikurangi, Dengan tubuh yang lebih sehat, wanita bisa lebih aktif dalam bergerak dan ototnya tidak mudah mengalami gangguan.

3. Menurunkan tekanan darah

Stres yang terlalu sering menyebabkan wanita memiliki tekanan darah yang tinggi. Pada kondisi ini, yoga bisa menurunkan tekanan darah dengan membuat tubuh menjadi lebih tenang dari biasanya. Wanita juga tidak mudah berkeringat pada malam hari yang menyebabkan tubuhnya jadi lemas.

4. Meningkatkan imunitas

Tubuh yang lebih kalem dari biasanya membuat imunitas jadi meningkat. Wanita yang imunitasnya meningkat jadi jarang sakit dan tubuhnya jadi lebih bugar. Wanita akan jarang mengalami flu, nyeri pada tubuh, hingga gangguan lainnya.

5. Penurunan rasa panas pada tubuh

Saat mengalami menopause, wanita kerap alami hot flashes pada tubuhnya khususnya bagian wajah, kaki, dan tangan. Saat melakukan yoga, tubuh akan lebih kebal dan stabil sehingga gangguan seperti hot flashes bisa dihindari.

Nah, inilah beberapa manfaat yoga untuk wanita menopause. Kalau Anda sudah memasuki fase ini atau belum, coba lakukan yoga untuk membuat pikiran jadi lebih positif.