5 Manfaat Kesehatan dari Ashwagandha (Ginseng India)

DokterSehat.Com – Dikutip dalam sebuah jurnal internasional, salah satu ramuan tradisional yang saat ini sedang banyak diteliti dan dimanfaatkan untuk kesehatan adalah Ashwagandha. Ashwagandha merupakan salah satu ramuan yang semakin mendapatkan perhatian dalam dunia kedokteran. Nama lain dari ashwagandha adalah ginseng India atau Withania Somnifera. Tanaman ini telah digunakan selama bertahun-tahun dalam sistem pengobatan India kuno, yakni Ayurveda, serta perngobatan masyarakat Cina.

doktersehat-Ashwagandha-ginseng-india-gooseberry

Ashwagandha memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan, anti-inflamasi, anti-stres, mempermudah tidur, sifat antibakteri dan antikonvulsan. Komponen biologis aktif yang terkenal dalam ashwagandha adalah alkaloid, lakton steroid, saponin, zat besi, dan kolin. Ashwagandha juga mengandung 18 asam lemak yang berbeda dan beberapa polifenol dan pitosterol. Ginseng India atau Withania Somnifera. Berikut ini 5 manfaat kesehatan dari ashwagandha (ginseng India) yang saat ini sudah diteliti kebenarannya:

  1. Meredakan Stres

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of India Psychological Medicine menemukan bahwa ashwagandha sangat bermanfaat dalam mengurangi stres serta efek sampingnya. Para penderita stres yang mengkonsumsi ashwagandha mempunyai kortisol (hormon stres) yang lebih rendah. Ashwagandha dapat membantu dengan baik pada penderita stres akut dan kronis. Ashwagandha bekerja sebagai tonik dan membantu tubuh beradaptasi dengan stres, serta memperkuat sistem saraf dan adrenal sekaligus menyegarkan tubuh dan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Merangsang Daya Otak dan Mencegah Pikun

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research pada tahun 2010, ashwagandha efektif dalam pengobatan Alzheimer. Ada beberapa bahan kimia dalam ashwagandha yang membantu meningkatkan produksi asetilkolin, pemancar utama sinyal saraf. Hal ini pada gilirannya meningkatkan kemampuan kognitif termasuk berpikir, konsentrasi dan daya ingat. Ashwagandha bahkan bisa merangsang pertumbuhan bagian dari sel-sel saraf yang telah rusak dan dengan demikian membantu mengurangi risiko penyakit mental yang berkaitan dengan usia seperti Parkinson dan penyakit Alzheimer.

  1. Melindungi dan Melawan Kanker
Baca Juga:  Waspada, Kortisol Picu Penyusutan Otot Hingga Osteoporosis

Sejumlah penelitian telah menunjukkan tanda-tanda positif bahwa ashwagandha dapat membantu mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker. Ini karena Ashwagandha tinggi antioksidan dan anti-kanker. Komponen-komponen dari Ashwagandha dapat bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan berbagai jenis kanker seperti payudara, usus besar, leukemia, paru-paru, melanoma, prostat dan sarkoma. Ashwagandha juga dapat meningkatkan efek kemoterapi dan radiasi terhadap sel-sel kanker serta melindungi sel-sel sehat terhadap kerusakan dari terapi kanker konvensional.

  1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat kesehatan lain yang penting dari ashwagandha adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang tinggi pada Ashwagandha membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Namun ashwagandha tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

  1. Melawan Depresi

Ashwagandha memiliki anti-stres dan sifat antidepresan yang lebih efektif dibandingkan obat kuat yang digunakan dalam pengobatan depresi dan kecemasan. Sebuah studi tahun 2000 oleh para peneliti dari Institute of Medical Sciences di Universitas Banaras Hindu di India menemukan bahwa ashwagandha menstabilkan suasana hati pada pasien dengan gangguan perilaku. Dan juga, ashwagandha tidak menyebabkan kantuk, yang merupakan efek samping dari banyak obat-obatan. Metode ini harus diambil secara oral di bawah bimbingan seorang dokter untuk mengontrol depresi dan kecemasan.