5 Makanan Yang harus Dihindari Saat Larut Malam

Dokter Sehat p Beberapa orang ada yang memiliki kebiasaan makan atau mengemil saat larut malam, kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan lagi, karena ada beberapa alasan yang membuat makan di larut malam harus dihindari.

9

Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan sering makan larut malam karena dipicu oleh stres di siang hari atau mengalami gangguan tidur insomnia, sehingga seseorang mengalihkannya ke makanan. Bahkan kegiatan makan larut malam hanya untuk membuat badannya bertambah gemuk pun sebaiknya tidak dilakukan. Memiliki kebiasaan makan larut malam sangat tidak dianjurkan, terutama jika dilakukan hampir setiap hari.

Pada orang yang memang memiliki kebiasaan ini dalam istilah medis disebut dengan sindrom makan malam (late night eating syndrome), orang dengan sindrom ini akan mengonsumsi makanan berat setelah melewati jam makan malam ideal.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari jika Anda ingin ngemil saat sudah larut malam :

1.Makanan berminyak dan berlemak
Saat malam hari perut sebenarnya juga membutuhkan istirahat. Makanan berminyak dan berlemak akan membuat Anda merasa lemas di pagi hari, karena saat tengah malam perut dipaksa bekerja lebih keras untuk mencerna semua makanan tersebut. Jauhi jenis makanan seperti makanan siap saji, kacang, es krim, atau makanan yang mengandung keju. Lagipula, makanan yang berminyak dan berlemak juga memicu timbunan lemak dalam tubuh.

2.Makanan tinggi karbohidrat atau makanan manis
Tidak ada salahnya untuk menyantap makanan manis, karena bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, jika Anda menyantapnya terlalu banyak, atau memilih jenis makanan yang berkarbohidrat tinggi, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat sehingga bisa mengganggu kenyamanan tidur. Hindari cemilan yang manis dan berat seperti martabak, dessert, keripik, nasi dengan lauk-pauk bersantan, atau roti. Kunyah saja buah-buahan atau sereal sebagai penggantinya.

Baca Juga:  Makanan Perusak Mood

3.Daging merah dan protein lainnya
Seperti makanan berlemak, mengonsumsi daging merah pada tengah malam akan membuat pencernaan bekerja sangat keras sehingga Anda akan sulit tidur. Tidak perlu menghindari protein sama sekali, yang pasti konsumsi saja dalam porsi yang secukupnya.

4.Makanan pedas
Rempah-rempah mungkin bisa menjadi obat alami untuk berbagai penyakit, dan punya efek menghangatkan tubuh. Namun, sebaiknya hindari makanan pedas, baik yang dihasilkan oleh cabai atau rempah-rempah lain saat ingin makan pada malam hari. Makanan yang pedas bisa mengusik perut, dan senyawa kimia yang ada di dalamnya bisa merangsang indera Anda sehingga jadi sulit tidur.

5.Makanan dalam porsi besar
Tidur dalam keadaan perut lapar memang sangat tidak menyenangkan. Bila memang harus makan, makanlah asal jangan sampai terasa sangat kenyang. Makan terlalu kenyang juga membuat perut tidak nyaman, lho. Jika ingin ngemil ketika sudah larut malam, pastikan total kalorinya tetap di bawah 200 kalori. Hati-hati juga akan timbunan lemak yang mengincar Anda ketika menyantap makanan dalam porsi yang besar.