5 Kiat Cegah Penularan Virus Korona

DokterSehat.Com – Virus korona yang tengah melanda Arab Saudi tidak perlu dikhawatirkan, karena calon jamaah haji dapat menanggulangi penyebarannya dengan menjaga kesehatan, kata staf Divisi Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Anna Uyainah.



Corona virus atau virus korona memang banyak di Arab Saudi, tapi tidak perlu dikhawatirkan, karena hingga saat ini belum ada laporan jamaah haji meninggal dunia karena virus ini, ujar dr. Anna Uyainah di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (19/9/2013).

Orang yang terjangkit virus korona memang berisiko tinggi meninggal dunia, namun jumlahnya hingga saat ini tidak terlalu banyak.

Sebagai antisipasi, berikut 5 kiat yang perlu dilakukan untuk mencegah tertular virus MERS CoV :

  • Selalu melakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS), utamanya rajin cuci tangan pakai sabun (CTPS), makan bergizi, cukup istirahat dan lain-lain.
  • Pencegahan penularan infeksi saluran napas, bila batuk mulut ditutup, penggunaan masker, dan lain-lain
  • Kepekaan terhadap kemungkinan sakit infeksi saluran napas, artinya jangan menyepelekan keluhan batuk, demam dan lain-lain.
  • Bila ada kecurigaan terhadap MERS CoV (perburukan yang amat cepat dalam 1 – 2 hari, riwayat kontak dan lain-lain). Maka harus segera dirujuk ke fasilitas kesehatan memadai, dan dijaga kemungkinan penularan.
  • Ikuti terus perkembangan informasi yang benar tentang MERS CoV di Arab Saudi, dan jangan ragu untuk bertanya dan konsultasi dengan petugas kesehatan kita.