5 Kebiasaan Yang Bisa Merusak kaki

DokterSehat.Com – Berapa banyak dari Anda yang memerhatikan keindahan dan kesehatan kaki? Jangan sampai Anda melupakan bahwa kaki juga merupakan aset berharga bagi seorang wanita. Tapi untuk merawatnya, Anda harus tahu lebih dulu beberapa hal yang dapat merusak kaki.

18

Kebiasaan yang bisa merusak kaki :

  1. Lari tanpa alas kaki
    Seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com, ada 38 otot di kaki kita dan otot-otot tersebut menyusun 25 persen dari jumlah keseluruhan otot tubuh. Dan lari tanpa alas kaki bisa cukup problematis bagi orang yang sudah terbiasa lari dengan mengenakan sepatu. Dr. Sherri Greene, seorang ahli penyakit kaki dari New York mengatakan bahwa karena banyak orang yang tak melatih kakinya, banyak yang pada akhirnya memiliki otot dan tendon yang lemah. Dan bagi orang yang menderita neuropati gangguan sarat, sangat tidak disarankan untuk lari tanpa alas kaki. Jika Anda ingin lari tanpa alas kaki, pastikan Anda melatih kekuatan kaki Anda terlebih dahulu.
  1. Tidak menggunakan kaos kaki
    Mengenakan sepatu tanpa kaos kaki bisa membuat jamur tumbuh di kaki. Jamur suka tumbuh di lingkungan yang gelap dan lembab. Karena jamur juga bisa bertahan dalam jangka waktu lama di sepatu, Anda juga masih berisiko terkena infeksi meskipun Anda telah membersihkannya. Untuk mencegahnya, selalu gunakan kaos kaki jika mengenakan sepatu.
  1. Terlalu sering mengenakan sepatu berhak tinggi (high heels)
    Sesekali memakai sepatu berhak tinggi tak akan berpengaruh buruk. Tapi jika Anda memakainya sepanjang hari dan setiap hari, maka Anda berisiko besar terkena bunion (bentuk deformitas (pergeseran fragmen pada fraktur) di kaki yang paling umum). Jika terkena bunion, biasanya Anda perlu melakukan operasi untuk mengembalikan posisi ibu jari kaki Anda.
  1. Mengenakan sandal jept kemana-mana
    Meskipun sandal jepit tampaknya menjadi sandal yang paling nyaman untuk dipakai ke mana-mana, tapi sandal jepit tidak bisa memberikan penyokong yang baik untuk kaki. Ketegangan otot kaki bisa terjadi akibat penggunaan sandal jepit yang berlebihan. Bahkan risiko tersandung juga semakin tinggi apabila Anda mengenakan sandal jepit karena Anda harus menahan penjepit dengan ibu jari kaki Anda, belum lagi jika jalan di jalanan yang licin.
  1. Tidak mengganti sepatu lari
    Kapan terakhir kali Anda mengganti sepatu lari Anda? Sepatu lari yang paling nyaman sekalipun jika disimpan terlalu lama akan kehilangan daya penyokong dan kemampuan untuk menahan tumpuan kaki Anda. Sebaiknya segera ganti sepatu lari Anda jika Anda sudah merasa kurang nyaman memakainya.
Baca Juga:  Alasan Mengapa Anda Mengalami Infeksi Candidiasis

Ketika melakukan olahraga seperti lari, kenali kemampuan Anda dan jangan sampai berlebihan. Saat kaki Anda cedera, segera kenali gejalanya dan tangani dengan menghubungi dokter secara langsung untuk mencegah dampak yang lebih parah atau berbahaya.