5 Jenis Kanker Ini Bisa Diobati

doktersehat-kanker-payudara-breast-cancer

DokterSehat.Com– Tidak ada jaminan untuk pemulihan kanker. Tapi dokter lebih berhasil menemukan dan merawat beberapa jenis penyakit. Beberapa secara perlahan mulai menggunakan huruf “C” penamaan untuk kanker yang berarti “penyembuhan”.

Beberapa ahli tidak menggunakan kata itu, tapi mencatat bahwa Anda tidak akan pernah bisa memastikan bahwa kanker akan sembuh selamanya setelah menjalani perawatan. Mereka lebih suka mengatakan “remisi,” atau mengurangi, yang artinya ada kemungkinan penyakit bisa kembali.

Tapi secara umum, orang yang bertahan bebas dari kanker selama lima tahun setelah diagnosis memiliki peluang penyembuhan yang lebih baik.

Tolok ukur itu tidak berarti Anda tidak bisa mati karena kanker atau bahkan Anda masih belum mengidap kanker di tubuh Anda, tapi ini pertanda baik.

Kabar baiknya, seperti melansir Web MD, berikut adalah lima kanker dimana ada harapan kuat untuk menyembuhkanya:

bph (pembesaran prostat jinak)-doktersehat

1. Kanker prostat
Tingkat hidup 5 tahun setelah diagnosis kanker prostat sebanyak 99 persen.

Apa yang membuat peluang pemulihan itu baik?
Banyak tumor prostat tumbuh perlahan atau tidak sama sekali. Bila itu terjadi, mereka tidak cukup berbahaya untuk membutuhkan perawatan. Banyak pria mengidap jenis tumor ini bisa hidup bertahun-tahun tanpa masalah. Mereka sering meninggal karena penyakit selain kanker.

Kapan kanker sulit diobati?
Saat kanker menyebar (disebut kanker metastatik), ini jauh lebih sulit diobati. Sebagian kecil kanker prostat dapat bergerak cepat ke bagian tubuh yang jauh. Bila itu terjadi, hanya sekitar 29 persen pria hidup 5 tahun setelah mereka didiagnosis. Kabar baiknya adalah dokter biasanya menangkap sebagian besar kanker prostat lebih awal sebelum mereka menyebar.

Apakah skrining bisa membantu?
Ada dua cara utama untuk memeriksa kanker prostat. Salah satunya adalah pemeriksaan rektal digital, saat dokter Anda memeriksa bagian kelamin dengan jari yang bersarung. Yang kedua adalah tes darah yang disebut tes PSA, yang mengukur kadar protein yang seringkali lebih tinggi pada pria dengan kanker prostat.

PSA bisa naik karena alasan selain kanker prostat, jadi beberapa kelompok medis mengatakan bahwa pria yang memiliki risiko normal terhadap penyakit ini seharusnya tidak mendapatkan tes tersebut.

Bicarakan dengan dokter Anda apakah Anda memerlukan pengujian. Biarkan dokter tahu jika Anda melihat ada masalah, seperti kencing darah. Ini bisa jadi gejala kanker atau masalah prostat lainnya.

faringitis (radang tenggorokan)-doktersehat
2. Kanker tiroid
Orang yang hidup 5 tahun setelah diagnosis sekitar 98 persen —tergantung tipe jaringannya.

Apa yang membuat peluang pemulihan itu baik?
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher Anda —berfungsi membuat hormon yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membakar kalori, mengendalikan detak jantung Anda, dan banyak lagi.

Jenis kanker tiroid yang paling umum adalah papiler, yang tumbuh perlahan. Bahkan ketika tumor besar atau mulai tumbuh ke jaringan lain di dekatnya, dokter sering dapat mengobati dan bahkan menyembuhkan penyakit ini dengan operasi yang menghilangkan kelenjar. Setelah operasi, orang minum obat untuk menggantikan hormon tiroid yang dibuatnya.

Dokter juga menemukan kanker tiroid lebih awal dari sebelumnya, yang membuat mereka lebih mudah untuk disingkirkan.

Kapan kanker ini sulit diobati?
Jenis penyakit yang disebut kanker tiroid anaplastik memiliki tingkat kelangsungan hidup 5 tahun hanya 7 persen, namun sangat jarang terjadi.

Apakah skrining bisa membantu?
Tidak ada tes skrining yang direkomendasikan untuk kanker tiroid. Kebanyakan orang atau dokter mengetahui bahwa mereka memiliki tumor saat mereka merasakan benjolan atau bengkak di leher. Terkadang dokter melihat masalah saat Anda melakukan ultrasound —alat pencitraan yang biasanya digunakan untuk mendiagnosis, karena alasan lain. Pastikan beritahu dokter Anda jika merasakan benjolan di leher Anda atau jika Anda memiliki gejala seperti masalah pernapasan atau sakit saat menelan.

radang testis orchitis-doktersehat

3. Kanker testis
Tingkat hidup 5 tahun setelah diagnosis sebanyak 95,1 persen.

Apa yang membuat peluang pemulihan itu baik?
Pada tahap awal (saat tumor belum menyebar ke bagian tubuh lainnya), dokter bisa menyembuhkan kanker ini dengan pembedahan untuk mengangkat satu atau kedua testis yang memiliki tumor. Jika seorang pria hanya memiliki satu testis yang diangkat, yang lain biasanya akan membuat cukup hormon untuk berhubungan seks dan memilki anak.

Untuk kanker stadium akhir, operasi dan radiasi atau kemoterapi sering bekerja dengan baik. Transplantasi sel induk kadang dilakukan. Dokter mengkreditkan cisplatin obat kemo, diperkenalkan pada tahun 1970-an, dengan dorongan utama untuk tingkat kelangsungan hidup pengidap kanker testis stadium lanjut.

Kapan kanker ini sulit diobati?
Ada perawatan yang bekerja dengan baik bahkan untuk kanker testis stadium lanjut. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun untuk tipe tumor ini adalah 73 persen, masih cukup tinggi untuk kanker pada tahap akhir.

Apakah skrining membantu?
Tidak ada tes skrining untuk kanker testis. Pria harus menemui dokter, jika mereka merasakan benjolan di testis, atau jika seseorang merasa benjolan menjadi lebih besar dari yang lain. Ini bisa jadi tanda awal tumor.

Kanker-Kulit-doktersehat
4. Melanoma
Tingkat hidup 5 tahun setelah diagnosis sebesar 91,7 persen.

Apa yang membuat peluang pemulihan itu baik?
Anda biasanya bisa melihat kanker kulit melanoma dengan mata telanjang saat masih dalam tahap awal. Jika belum menyebar melampaui permukaan kulit, dokter bisa menyembuhkannya dengan operasi.

Kapan kanker ini sulit diobati?
Jika Anda tidak mengidapnya lebih awal, melanoma jauh lebih mungkin dibandingkan kanker kulit lainnya untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya. Begitu melampaui permukaan kulit, sulit untuk diobati. Hanya 15-20 persen orang yang menemukan melanoma setelah mereka menyebar ke bagian tubuh lainnya akan tetap hidup 5 tahun setelah diagnosis mereka.

Apakah skrining membantu?
Anda dapat memeriksa kulit Anda untuk bercak besar, berwarna gelap, aneh, atau terangkat. Ini sangat penting untuk memeriksa punggung dan kulit kepala, skrotum, dan di antara jari-jari kaki Anda. Lebih sulit melihat melanoma di tempat ini. Beritahu dokter Anda segera jika Anda melihat adanya perubahan ini.

Dokter bisa memberi tahu Anda apakah di bagian kulit itu normal atau tidak. Lakukan skrining secara teratur oleh dokter kulit jika Anda memiliki risiko melanoma lebih tinggi, jika Anda belum mengidap atau ada penyakit menurun dari keluarga Anda.

doktersehat-wanita-kanker-payudara-konsultasi-implan-bakteri-mastitis

5. Kanker payudara tahap awal
Tingkat hidup 5 tahun setelah diagnosis, tahap awal 0 dan 1-99 persen bahkan sampai 100 persen.

Apa yang membuat peluang pemulihan itu baik?
Obat modern telah membuat langkah besar melawan kanker payudara. Dokter sudah tahu lebih banyak tentang bagaimana menemukan dan mengobatinya. Dokter juga memahami kondisinya jauh lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, kita sekarang tahu bahwa kanker payudara bukan satu-satunya penyakit tapi banyak. Periset telah memperoleh berbagai obat untuk mengobati jenis tertentu.

Kapan kanker ini sulit diobati?
Kanker payudara yang terdiagnosis lebih dini, lebih mudah diobati dan disembuhkan daripada setelah mulai menyebar. Beberapa jenis penyakit ini juga lebih bisa diobati dibanding yang lain. Misalnya, tumor payudara yang “reseptor estrogen positif” akan mendapat manfaat dari obat yang menurunkan kadar estrogen.

Di sisi lain, kanker payudara “triple negative” cenderung lebih agresif dan tidak mendapat manfaat dari perawatan yang ditargetkan.

Apakah skrining membantu?
Studi telah menemukan bahwa mamprogram bisa membantu Anda hidup lebih lama. Tapi kelompok medis memiliki pedoman yang berbeda mengenai kapan Anda harus mendapatkannya. Beberapa merekomendasikan tes skrining setiap tahun yang dimulai pada usia 50 tahun jika Anda memiliki risiko normal terkena kanker payudara.

The American Cancer Society merekomendasikan wanita berusia 45 mulai memprogram tahunan dan mereka yang berusia 40-44 harus memiliki pilihan untuk memulai mamprogram tahunan jika mereka mau.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik