5 Hal yang Harus Pria Tahu tentang Menopause

DokterSehat.Com – Menopause memang dialami oleh wanita, tapi pria juga harus memahami hal ini dengan baik. Sebagai pasangan pria harus tahu apa yang terjadi pada wanita saat menopause, seperti apa gejalanya dan apa saja efeknya. Menopause tidak hanya sekadar masalah turunnya kesuburan saja. Lebih dari itu, menopause juga memengaruhi mental dan kognitif dari wanita.

menopause-doktersehat

Kalau Anda ingin memahami menopause lebih banyak dan menyiapkan diri untuk mendampingi pasangan, pahami lima hal di bawah ini dengan saksama.

1. Menopause tidak berjalan dalam satu malam

Menopause tidak berjalan satu malam saja. Proses ini berjalan selama beberapa bulan sampai tahun hingga wanita benar-benar tidak subur dan pembuahan mustahil untuk dilakukan. Wanita dengan usia di atas 40 tahun biasanya mengalami gangguan menstruasi, susah tidur, hingga hot flashes yang membuat wanita sering berkeringat di malam hari.

2. Proses menopause berbeda

Setiap wanita memiliki fase atau proses menopause yang berbeda. Ada yang mengalami dengan tanpa rasa sakit. Namun, ada yang mengalami menopause dengan rasa sakit dan juga stres akibat perubahan hormon.

3. Tidak lebih baik dari menstruasi

Banyak pria menganggap kalau berhenti menstruasi artinya wanita tidak perlu merasakan sakit setiap bulan saat PMS. Saat menopause terjadi wanita justru sering merasakan sakit, kadar lemak naik, dan gangguan pikiran lainnya.

4. Perubahan fisik banyak

Ada banyak perubahan fisik yang dialami wanita saat menopause. Perubahan ini akan mengganggu kehidupan wanita khususnya secara seksual. Wanita akan mengalami penurunan libido dan vagina mengering.

5. Mengubah gaya hidup adalah yang terbaik

Untuk mengatasi gangguan fisik dan mental, wanita disarankan untuk mengubah gaya hidupnya. Dimulai dari mengubah pola makan dan melakukan olahraga dengan rutin. Kalau Anda ingin memberi dukungan pada pasangan ikuti gaya hidup barunya yang lebih sehat.

Baca Juga:  Hindari Menopause Dini dengan Beberapa Cara Ini!

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan pasangan.