5 Cara Unik Mengolah Buah

pisang-buah-smoothie-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Easy Healthy Smoothie

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda mengolah buah biasanya? Umumnya kita hanya mengonsumsinya langsung atau mengolahnya sebagai jus ya. Namun ternyata masih ada banyak cara agar kita bisa mengonsumsi buah dengan beragam cara lo.

Seperti yang kita ketahui bahwa kita dianjurkan mengonsumsi buah dan sayur sebanyak paling tidak lima porsi, dengan satu porsi sebesar 80 gram, dalam satu hari. Dengan kebutuhan sebesar itu, tentu bosan ya jika kita hanya mengonsumsi buah dengan cara yang itu-itu saja.

Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana cara menyajikan buah dengan berbagai metode. Tidak hanya sebagai variasi, memberikan sajian yang berbeda pada olahan buah juga akan membuat kebutuhan buah kita terpenuhi, kan?

Dilansir dari Mayo Clinic, beberapa cara makan buah yang bisa kita coba adalah:

1. Salad buah dengan saus buah

Salad buah tentu sudah cukup hits ya. Jika kita biasanya menggunakan saus dari bahan mayones atau keju. Kini gunakanlah saus dari buah, misalnya stroberi. Asupan buah tubuh tentu akan semakin banyak,kan?

2. Smoothies buah mix

Cara ini juga sudah cukup banyak dikenal ya. Jika Anda biasanya menambahkan es krim, susu atau yoghurt dalam smoothies, maka kini coba tambahkan buah lain sehingga smoothies memiliki banyak jenis buah di dalamnya. Smoothies buah ini tentu menjadi olahan buah yang super sehat.

3. Buah panggang

Tentu unik ya mendengar buah panggang, namun olahan ini cukup mudah kita buat lo. Iris buah menjadi bentuk yang siap makan, kemudian tata rapi menyerupai pai buah. Tambahkan minyak nabati, seperti minyak canola dan serbuk kayu manis di atas buah, lalu panggang. Nah, kini Anda mempunyai olahan mirip potato wedges yang lebih kaya serat dan vitamin, ya,

4. Olahan roti dengan topping atau isian buah potong segar

Jika Anda biasanya mengonsumsi pizza dengan sosis dan keju, maka kini cobalah membuat pizza buah. Paprika, nanas dan mangga tentu bisa menjadi pilihan yang cocok dengan adonan pizza. Selain itu Anda tentu bisa menambahkan buah potong segar, misalnya kiwi atau apel di atas olahan roti atau mungkin di dalam puding yang Anda buat, kan?

5. Sate buah

Mirip olahan barbekyu, buatlah sate buah. Bakar sedikit bagian buah lalu siapkan saus dari perasan air lemon dan yoghurt rendah lemak.

Nah, dari kelima cara di atas, kira-kira, mana yang akan Anda coba terlebih dahulu?