5 Cara Meningkatkan Harga Diri Anda

tips-percaya-diri-tahun-baru
Photo Credit: Flickr/ Subharnab Majumdar

DokterSehat.Com– Rasa harga diri dan kepercayaan diri bahwa Anda dapat menangani apa yang ditampilkan oleh diri Anda, itu semua adalah fitur harga diri. Tapi menghargai dan menyukai diri sendiri tidak selalu mudah, terutama jika rasa diri Anda diremehkan secara serius di masa muda, hubungan toksik, pengaruh budaya negatif atau perubahan besar kehidupan.

Jangan biarkan mereka menentukan rasa nilai Anda, alih-alih menyelesaikan kebenaran tentang siapa diri Anda dan bentuk pandangan Anda sendiri tentang diri Anda.

1. Menguasai kemajuan Anda
Mulailah dengan menilai apa yang mungkin telah merusak harga diri Anda. Dapatkan gambaran yang jelas tentang pengaruh dan kejadian yang mempengaruhi Anda. Jika ini menimbulkan ingatan yang menyakitkan menjadi kuat, bernapas dan bertahan dengan perasaan sampai mereka menjadi kurang kuat.

Melihat pengalaman dari posisi penerimaan: mereka terjadi dan mungkin tidak ada yang dapat Anda lakukan saat ini.

Menjadi sangat jelas tentang apa yang ada dalam kendali Anda dan apa yang tidak. Anda akan terkejut seberapa banyak pemikiran, perasaan dan tindakan Anda, dan betapa sedikit orang lain, situasi eksternal, Anda dapat mempengaruhi dan mengubahnya. Bekerja pada bagaimana Anda berada dalam kehidupan dan bagaimana Anda merespons tantangannya.

2. Tentukan kesuksesan
Kekuasaan, kekayaan dan ketenaran merupakan tanda sukses yang diterima secara umum. Pada tingkat praktis, lebih berguna untuk memikirkan apa yang disebut atlet Personal Best (PB). Karena semua orang unik dengan kondisi kehidupan mereka sendiri, mungkin ada beragam PB: menjadi nenek terbaik yang bisa Anda dapatkan, berada di urutan 10 besar, menciptakan musik yang membuat orang terkenal, mendaki Everest, bangkit setelah kesehatan teganggu.

3. Menaklukan kritik batin Anda
Waspadai perbandingan dengan orang lain atau terhadap cita-cita yang tidak realistis. Gambaran di media adalah semua hasil rekayasa dan keseluruhan industri menghasilkan keuntungan sehingga Anda merasa tidak memadai dan buruk tentang diri Anda. Jadilah cerdas dan mengenalikan manipulasi halus.

Buat daftar kualitas positif Anda. Banyak orang dengan harga diri yang rusak merasa ini sangat sulit. Pertimbangkan atribut dan perilaku seperti kebaikan, loyalitas, belajar mencintai, ketekunan, membantu orang lain dan sebagainya.

Jika Anda terjebak, berkonsultasilah dengan teman yang mendukung tapi waspadalah terhadap orang yang menjerumuskan Anda.

Jangan percaya omongan negatif diri Anda sendiri, tidak peduli seberapa meyakinkan dan benar nampaknya. Abaikan pikiran Anda dan beri perhatian penuh pada apa yang Anda lakukan saat itu. Atau renungkan apakah pemikiran Anda benar, realistis dan sesuai dengan kesempatan itu.

Perbarui sikap Anda terhadap kegagalan; lihat mereka sebagai pengalaman belajar daripada kesalahan. Kebanyakan kegagalan hanyalah kemunduran sementara atau penghalang jalan yang membutuhkan jalan berliku.

Jika Anda gagal dalam waktu banyak dan sulit membalikkan konsekuensinya, ingatkan diri Anda bahwa kemungkinan besar Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa, dengan apa yang Anda ketahui pada saat itu dan bagaimana Anda menilai keadaan.

Hati-hatilah menuduh diri dan penyesalan. Seperti orang lain Anda tidak sempurna; terima kekuranganmu kecuali jika kamu memutuskan untuk mengatasinya. Lihatlah gambaran yang lebih besar: tidak peduli seberapa bagus mereka bersembunyi dan berpura-pura sebaliknya, tidak ada yang kekurangan dan kesalahan.

4. Akui prestasi Anda
Tidak ada kesopanan yang salah di sini. Anda harus realistis untuk meningkatkan harga diri Anda. Lihatlah berbagai bidang kehidupan Anda: lingkungan keluarga dan rumah, teman dan hubungan, karir, kesehatan, keuangan dan pertumbuhan pribadi.

Tiap hari tanyakan pada diri Anda tiga area tentang apa yang telah Anda capai dan yang tertulis. Bahkan hitungan langkah terkecil pun: jangan berdebat dengan ibumu, serahkan tugas yang sudah lama Anda putuskan, buatlah rekening tabungan, lakukan latihan Anda. Jika Anda memiliki tujuan atau visi untuk diri sendiri dan kehidupan Anda, buat daftar bahkan langkah-langkah berserta waktunya.

5. Beri kepercayaan diri Anda dalam sebuah latihan
Ini benar-benar mengharuskan Anda keluar dari zona nyaman Anda. Setiap hari melakukan satu hal secara berbeda dengan bagaimana atau apa yang biasanya Anda lakukan. Mengambil jalan rumah yang berbeda dari biasanya, memulai percakapan dengan orang asing jika itu adalah sesuatu yang biasanya Anda hindari, katakan tidak pada permintaan jika itu bukan untuk kepentingan terbaik Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah:

  • Melakukan tindakan yang tidak Anda sukai, cenderung menghindari dan takut.
  • Mulailah dengan sedikit perubahan secara bertahap untuk meningkatkan kesulitan.
  • Meningkatkan fleksibilitas dan cara baru berlatih untuk membantu Anda menyadari bahwa Anda dapat menyesuaikan dan menahan diri Anda dalam berbagai situasi.
  • Teruslah menantang diri Anda dan tuliskan prestasi harian Anda.
  • Jaga kritik batin Anda untuk selalu dicek, pilih jenis pikiran yang Anda pikirkan.
  • Tanyakan kepada diri sendiri: apakah cara berpikir ini menyabotase atau memperkuat harga diri saya?

Dan jika Anda melihat gelas Anda setengah kosong daripada setengah penuh, ambil langkah untuk menerapkan pola pikir yang lebih optimis.

Berfokus pada apa yang negatif dan kurang mengarah pada stagnasi, ketakutan dan ketidakberdayaan. Memberikan perhatian pada kemungkinan, pilihan, pembelajaran baru, penemuan dan dengan berani pergi dengan naik turunnya kehidupan akan melatih Anda untuk mendukung diri Anda sendiri, dan melangkah keluar sebagai orang yang diberdayakan yang layak Anda dapatkan.