5 Cara meningkatkan air susu ibu (ASI)

DokterSehat.Com – Air susu ibu (ASI) merupakan kewajiban kodrati yang seorang ibu untuk diberikan kepada buah hatinya. Namun terkadang produksi ASI yang dihasilkan Ibu tidak begitu banyak, sehingga anak musti ditambah dengan susu sapi. Para Ibu yang sedang menyusui, banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk meningkatkan produksi air susunya. Mulai dari cara paling sederhana sampai yang paling rumit. Dari yang natural hingga unnatural.



Nah kali ini akan diberikan beberapa cara meningkatkan air susu ibu (ASI) :

  • Konsumsi makan berlemak
    Makanan berlemak Sangat baik untuk membentuk asi yang mengandung lemak. Dimana lemak ini dapat membuat postur tubuh dari seorang bayi akan lebih baik , tidak kurus ataupun kegemukan. Anda dapat memenuhi kebutuhan lemak harian anda dari daging, kacang-kacangan, alpukat.
  • Bersantai
    Sering-seringlah bersantai untuk sekedar membuat tubuh anda menjadi rileks. Usahakan anda tidak mengalami stress sebab dapat mempengaruhi jumlah asi yang dikeluarkan oleh ibu.
  • Perbanyak minum air
    Seorang ibu membutuhkan sekitar 8 sampai 10 gelas asi setiap harinya. Hal ini dapat terpenuhi jika seorang ibu tidak mengalami kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Nah agar tidak kekurangan cairan sebaiknya anda memperbanyak minum air putih. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan air ini dari jus minuman tertentu. Namun ingat, jangan memperbanyak minum minuman bersoda sebab dapat membuat anda kekurangan cairan.
  • Penuhi kebutuhan protein
    Protein berguna untuk membangun jaringan di dalam tubuh sang bayi. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan protein anda ketika makan, anda bisa mendapatkannya melalui daging, telur, tahu, kacang-kacangan dan lain-lain.
  • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan
    Apa yang dimakan sang ibu, itu pula yang dimakan oleh seorang bayinya. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas asi agar tetap berkualitas sebaiknya anda memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau seperti bayam atau kangkung.
Baca Juga:  Penyebab Pusing Ketika Berdiri