5 Cara Berhenti Merokok

Dokter Sehat – Berhenti merokok itu memang susah susah gampang, bagi yang baru baru kecanduan merokok, memang gampang untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Tetapi, jika seseorang sudah menjadi perokok pasif dan sudah lama kecanduan rokok pasti sangat susah untuk menghilangkan kegiatan tersebut.

15

Berikut ini 5 cara berhenti merokok :

1. Motivasi
Anda harus mempunyai motivasi yang kuat sehingga saat keinginan Anda untuk berhenti merokok dapat meredup.

2. Berolahraga
Melakukan olahraga ringan secara rutin seperti melakukan jogging akan membantu proses berhenti merokok, olahraga akan meningkatkan mood dan kesadaran serta meningkatkan energi dan menghilangkan stress akibat kecanduan rokok.

3. Bersiaplah dengan gejala-gejala
Anda yang sudah terbiasa merokok akan mengalami gejala-gejala kecanduan saat rokok di hilangkan dari hidup Anda, Anda bisa mengalami depresi, insomnia, tidak fokus, dan stres.

4. Pengalih atau pengganti nikotin
Nikotin adalah bahan yang membuat orang kecanduan rokok, untuk berhenti merokok, siapkanlah terlebih dahulu pengalih atau pengganti nikotin. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep yang dapat mengatasi kecanduan ini.

5. Sibukkan diri
Biasanya orang merokok di saat waktu senggang, dengan mencari kesibukan lain akan membuat anda lupa dengan rokok. Isi waktu anda dengan melakukan apa saja yang anda suka seperti olahraga dan berekreasi.

Dokter Sehat