5 Cara Agar Terhindar Kanker Dari Radiasi Ponsel

DokterSehat.Com – Ponsel sudah menjadi sahabat dalam kehidupan kita sehari-hari. Ke mana pun kita pergi, telepon genggam selalu menemani untuk memenuhi kebutuhan kita berkomunikasi. Ponsel nirkabel bekerja dengan cara mentransmit sinyal melalui frekuensi radio, sama dengan radiasi berfrekuensi rendah yang terdapat dalam oven microwave maupun radio AM/FM. Para ilmuwan selama bertahun-tahun telah mengetahui dampak radiasi sinyal radio frekuensi tinggi bagi kesehatan.



Menurut World Health Organization (WHO) : Cell phone use can increase possible cancer risk. Dari penyataan WHO tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan ponsel dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kanker. Tapi kita tidak mungkin membuang atau tidak menggunakan ponsel untuk berkomunikasi agar terhindar dari kanker tersebut.

Berikut ini 5 cara agar terhindar kanker dari radiasi ponsel :

  • Usahakan jangan menelepon orang lain saat anda berada di mobil atau di lift. Ini dikarenakan, ponsel akan menggunakan daya lebih atau besar saat digunakan di ruang berlogam dengan kondisi tertutup seperti di mobil maupun di lift.
  • Radiasi ponsel akan meningkat saat melakukan panggilan telepon. Jadi usahakan agak menjauhkan ponsel dari telinga anda saat anda memanggil teman lewat ponsel, dan mendekatkan ketelinga anda saat suara teman anda sudah terdengar. Dengan tujuan meminimalisir radiasi ponsel saat menelepon.
  • Jangan menggunakan atau menelepon teman di ponsel anda saat kondisi sinyal ponsel lemah. Karena saat sinyal ponsel lemah, maka ponsel akan berusaha mencari sinyal dengan keras. Sehingga menambah radiasi pada ponsel yang tidak baik bagi anda, jika terkena radiasinya.
  • Anda sebaiknya menggunakan headset saat berbicara lewat ponsel. Ini untuk menjauhkan sumber radiasi pada ponsel dari kepala anda.
  • Jika anda tidak menggunakan headset saat menelepon, usahakan jangan terlalu lama berbicara lewat ponsel. Ini juga bertujuan agar anda tidak terkena sumber radiasi terlalu lama saat menelepon memakai ponsel tersebut.