5 Bau Badan Ini Menandakan Gejala Penyakit

DokterSehat.Com– Apakah Anda baru saja menyelesaikan olahraga yang melelahkan atau memakan burger yang di dalamnya terselip bawang merah, kemungkinan besar setelahnya badan Anda akan mengeluarkan bau badan tidak sedap dalam sebuah ruangan.

bau-mulut-doktersehat

Dalam kebanyakan kasus, mandi sederhana, gesekan deodoran, atau pasta gigi segar minty bisa memperbaiki situasi. Tapi dalam kasus lain, tidak sesederhana itu.

Itu karena bau badan Anda sebenarnya bisa memberi tahu banyak tentang kesehatan Anda. Sebenarnya, beberapa penyakit bisa menghasilkan bau unik dan berbeda, menurut sebuah penelitian di Swedia baru-baru ini.

Berikut adalah 5 bau badan umum yang mungkin menandakan masalah serius, dan apa yang harus Anda lakukan jika bau busuk itu muncul.

1. Napas berbau buah adalah gejala diabetes
Komplikasi diabetes yang disebut diabetes ketoasidosis atau diabetic ketoacidosis (DKA), yang terjadi saat tubuh Anda kehabisan insulin dan lonjakan gula darah Anda, kata Robert Gabbay, M.D., Ph.D., kepala petugas medis di Joslin Diabetes Center di Boston. Orang dengan diabetes tipe 1 umumnya mengalami lebih banyak daripada diabetes tipe 2.

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Inilah yang terjadi: Tubuh Anda tidak dapat menciptakan energi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik, sehingga mulai memecah asam lemak untuk bahan bakar. Ini menciptakan pembentukan zat kimia asam yang disebut keton dalam darah Anda. Salah satu asam aseton utama (komponen yang sama ditemukan di penghilang cat kuku) —bisa meninggalkan bau buah pada napas Anda, kata Dr. Gabbay.

Anda mungkin tidak menyadarinya sampai ada orang lain yang menyebutkannya, tapi dokter bisa mencium bau napas Anda begitu masuk ke sebuah ruangan.

Efek DKA bisa serius, bahkan mematikan. Hal ini dapat membuat Anda muntah dan sering buang air kecil, dan menyebabkan tubuh Anda kehilangan cairan pada tingkat yang berbahaya.

DKA umumnya terjadi dengan gejala diabetes lainnya, seperti kelelahan, penglihatan kabur, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, namun dalam banyak kasus, orang tidak memasukkan semuanya, yang menunda diagnosis dan pengobatan.

Jadi jika Anda memperhatikan bau buah pada napas Anda beserta gejala-gejala itu —terutama jika disertai rasa lelah, mulut kering, sulit bernapas, atau sakit perut, pergilah ke ruang gawat darurat sesegera mungkin, American Diabetes Association merekomendasikan .

Setelah dokter Anda menguji darah Anda untuk keton, dia akan bekerja menggantikan cairan yang hilang dan membuat kadar gula Anda kembali normal dengan perawatan insulin.

2. Bau kaki adalah gejala kulit berjamur
Sepatu kets Anda bau? infeksi jamur pada kaki Anda mungkin bisa disalahkan. Jika Anda melihat kulit kering dan bersisik di sekitar jari kaki, kemerahan, dan lecet, mungkin kaki Anda berjamur, menurut American Podiatric Medical Association (APMA).

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Kaki Anda mungkin juga mengeluarkan bau busuk, yang disebabkan oleh kombinasi bakteri dan jamur yang mengikis kulit dan jari kaki Anda, kata Cameron Rokhsar, M.D., associate professor klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York.

Jika Anda mengabaikan kaki berjamur, kulit di antara jari kaki Anda menjadi sangat lembut dan lembab, menjadikannya mudah diserang bakteri.

Jadi jika Anda mengalami gejala, cobalah semprotan antijamur. Jika masalah terus berlanjut setelah dua minggu, pergilah ke dokter. Karena berjamiur salah satu kondisi kulit buruk setelah berkeringat seperti usai olahraga. Hindari mengunakan sepatu kotor setelah digunakan untuk olahraga. Karena jamur cenderung tumbuh subur di lingkungan lembab, coba gunakan bedak talek untuk menjaga kaki tetap kering jika cenderung berkeringat.

3. Kotoran Anda bau busuk? itu gejala intoleransi laktosa
Ketika usus kecil Anda tidak menghasilkan cukup enzim yang disebut laktase, ia tidak dapat mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu, kata Ryan Ungaro, M.D., asisten profesor gastroenterologi di Mount Sinai Hospital di New York.

Baca Juga:  Benarkah Air Seni yang Dikerubuti Semut Adalah Tanda Diabetes?

doktersehat-toilet-wasir-kencing-berdarah

Jadi usus kecil Anda mengarahkan laktosa langsung ke usus besar Anda —alih-alih aliran darah Anda di mana bakteri usus Anda memfermentasinya. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung dan tinja berbau busuk, kata Dr. Ungaro.

Intoleransi laktosa cukup umum ebenarnya, diperkirakan 65 persen orang mengalami kesulitan mencerna produk susu, menurut National Institutes of Health. Tapi reaksinya, termasuk kram perut yang menyakitkan, mual, diare, dan muntah, serta kentut bau dan kotoran bau busuk bisa bervariasi dari orang ke orang, kata penasihat nutrisi Kesehatan Pria Alan Aragon, M.S.

Bagi kebanyakan orang, hanya dibutuhkan 12 gram laktosa —sekitar 8 ons susu atau secangkir es krim untuk menghilangkan gejala yang meresahkan.

Jadi jika kotoran gas atau kotoran Anda sangat berbau menyengat setelah meminum susu, Anda mungkin harus memeriksakan diri ke dokter Anda, kata Dr. Ungaro.

Dokter dapat mendiagnosis masalah ini, atau bahkan menyingkirkan lebih banyak masalah usus, seperti penyakit crohn (radang usus) , sebagai pelakunya di balik bau busuk. Kemudian, dokter Anda dapat membantu Anda menentukan berapa banyak laktosa yang dapat Anda konsumsi per hari tanpa menimbulkan masalah.

4. Urin bau tajam adalah gejala infeksi saluran kencing
Infeksi saluran kencing (ISK) dapat menghasilkan urin berbau tajam, hampir berbau kimiawi, kata Jamin Brahmbhatt, M.D., seorang ahli urologi di Orlando Health. Hal ini terjadi setelah bakteri yang paling umum E. coli, memasuki saluran kemih dan uretra Anda. Kemudian, mereka berkembang biak di kandung kemih Anda hingga menyebabkan infeksi.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria karena uretra mereka —saluran yang mengalirkan kandung kemih lebih pendek. Jadi, pria sering mengabaikan kencing manis mereka, karena mereka mengira mereka tidak berisiko terkena penyakit itu.

Namun tidak demikian: “Biasanya, orang-orang terkena infeksi jika ada sesuatu yang tidak membiarkan kandung kemih mereka mengalir” Dr. Brahmbhatt menjelaskan.

Ini berarti ISK Anda bisa menandakan masalah yang lebih besar, seperti batu ginjal, diabetes, atau kelenjar prostat yang membesar, yang dapat memerlukan pembedahan untuk mengobati, katanya. Jadi jika kencing Anda berbau busuk, periksakan diri ke dokter.

5. Bau mulut adalah gejala sleep apnea
Jika napas pagi Anda secara konsisten bau, meski Anda sudah menyikat gigi secara teratur. Itu bisa disebbkan sleep apnea yang tidak terdiagnosis, kelainan yang menyebabkan pernapasan Anda berhenti secara sporadis saat Anda mulai tidur.

doktersehat-lidah-mulut

Sleep apnea dapat menyebabkan mendengkur berlebihan, menyebabkan Anda bernapas melalui mulut sepanjang malam. Ini bisa membuat mulut Anda sangat kering, yang merupakan penyebab umum bau mulut, kata Raj Dasgupta, M.D., asisten profesor kedokteran klinis di University of Southern California.

Hal ini memungkinkan bakteri berkembang biak dengan lebih mudah dan ketika beberapa jenis mereka menghasilkan gas berbau telur busuk.

Jika Anda mengabaikan penyebab bau mulut, tapi tetap terbangun dengan mulut yang bau dan Anda mengalami kantuk di siang hari dan mendengkur, Anda harus menjadwalkan janji dengan dokter.

Sleep Apnea yang penting segera didiagnosis dengan cepat, kondisi tidur sangat terkait dengan diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung, sehingga memulihkannya lebih cepat daripada nantinya dapat memberi Anda efek kesehatan jangka panjang.

Setelah Anda didiagnosis, disarankan menggunakan alat tekanan udara napas positif kontinyu (CPAP), masker yang ditaruh di atas hidung dan mulut Anda untuk membantu menjaga agar saluran udara tetap terbuka saat Anda akan tidur.