5 Alasan menangis baik untuk kesehatan!

DokterSehat.Com – Air mata bukan indikator Anda seorang wanita sentimentil. Air mata adalah sesuatu yang alami, bahkan baik untuk tubuh. Sebagian orang menangis saat menonton film, sebagian lain menangis karena sedih, dan banyak lagi alasan mendorong Anda mengeluarkan air mata. Tak perlu menahan diri bila uraian air mata tak mau berhenti.

7

Berikut tujuh alasan menangis baik untuk Anda :

  1. Menyehatkan mata
    Ketika menangis, air mata akan membasahi bola mata dan kelopak mata. Ini akan mencegah bola mata dari kekeringan. Selain itu, air mata juga mencegah dehidrasi pada membran mukus seseorang. Ini akan meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.
  1. Melindungi dari bakteri
    Setiap hari mata kita terpapar berbagai macam bakteri dari lingkungan. Seringkali bakteri-bakteri tersebut berdiam diri di sekitar mata. Air mata yang dikeluarkan akan membantu Anda membunuh bakteri-bakteri tersebut. Ini karena air mata mengandung cairan bernama lysozyme. Menangis selama lima sampai 10 menit bisa membunuh hingga 90 – 95 persen bakteri.
  1. Meningkatkan mood
    Menangis bisa menurunkan tingkat mangan dalam tubuh yang berkaitan dengan mood buruk. Tingkat mangan yang tinggi bisa memicu perasaan seperti cemas, agresivitas, emosi buruk, dan mood buruk lainnya.
  1. Menurunkan stress
    Beberapa ahli membandingkan efek olahraga dan menangis untuk meredakan stres. Mereka menemukan bahwa ketika menangis, air mata akan menghilangkan zat kimia yang terkumpul dalam tubuh seperti endorfin, leucin-enkaphalin, dan prolactin yang bisa memicu stres dan memperburuk mood. Ini artinya dengan menangis, Anda juga bisa menurunkan stres yang dirasakan.
  1. Sebagai terapi
    Menangis bisa jadi salah satu cara terapi untuk mengatasi perasaan negatif yang sedang dirasakan. Ketika mengalami konflik, Anda bisa menangis untuk mengurangi perasaan negatif tersebut. Jangan salah, hal ini juga bisa membantu kesehatan, karena perasaan negatif yang berkumpul seringkali juga bisa memberikan tekanan pada kesehatan saraf dan kardiovaskular Anda. Sehingga dengan melepaskan perasaan negatif tersebut, Anda juga menjaga kesehatan saraf dan kesehatan jantung.
Baca Juga:  Lebih baik makan bubur untuk sarapan daripada makan sereal

Itulah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan. Jangan ragu lagi untuk menangis jika Anda tengah merasakan stres, mood buruk, atau lainnya. Menangis bisa membantu menyehatkan mata, saraf, jantung, serta meningkatkan mood Anda!