45 Detik, Waktu Paling Ideal Untuk Mencuci Tangan

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah berbagai macam infeksi dan penyakit adalah dengan mencuci tangan. Dengan rutin mencuci tangan, maka kita pun akan mencegah berbagai bakteri dan kuman memasuki tubuh kita. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul. Seberapa lama sebenarnya kita harus mencuci tangan agar efektif mencegah munculnya berbagai macam penyakit?

doktersehat-cuci-tangan

Deputi Chief Medical Officer dari Inggris bernama dr. Gina Radford menyarankan kita untuk mencuci tangan dengan durasi minimal 45 detik. Selain itu, pastikan bahwa kita memakai sabun saat mencuci tangan tersebut. Dr. Radford berkata jika andai kita mencuci tangan dengan durasi lebih cepat atau bahkan tidak memakai sabun, maka bisa jadi kegiatan mencuci tangan akan menjadi percuma karena masih ada bakteri dan kuman yang masih hidup dan menempel pada tangan kita.

Dr. Radford juga menyatakan jika ada beberapa waktu paling utama dalam mencuci tangan, yakni sebelum makan, sesudah makan, serta setelah menggunakan toilet. Waktu sebelum makan dan setelah menggunakan toilet diyakini adalah waktu dimana kuman dan bakteri sangatlah banyak pada tangan kita sehingga harus dibersihkan jika ingin mencegah penyakit.

Pakar kesehatan dr. Erni Nelwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RS Tjipto Mangunkusumo juga mengungkapkan jika anjuran rutin mencuci tangan dengan sabun bukanlah anjuran yang mengada-ada. Menurut beliau, meskipun terlihat sepele dan mudah untuk dilakukan, mencuci tangan dengan sabun dengan durasi minimal 45 menit akan sangat efektif dalam mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Sebagai contoh, kita bisa mencegah penyakit diare.

Tak hanya saat sebelum makan atau setelah keluar dari toilet, kita juga sebaiknya segera mencuci tangan setelah melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan, setelah menyentuh banyak benda yang juga disentuh oleh orang banyak, atau setelah bersalaman dengan banyak orang.