4 Solusi saat Hamil Sesak Nafas

Dokter Sehat – Sesak napas pada akhir kehamilan umum terjadi dikarenakan pada trimester terakhir bayi anda tumbuh mendorong naik sehingga diafragma dan paru-paru mengalami perubahan dari keadaan normalnya, ini membuat Anda bernapas lebih cepat dari biasanya meskipun tidak akan merugikan kesehatan anda atau bayi anda. Bagi anda yang mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan atau dikarenakan kehamilan kembar sehingga kondisi akan naik lebih berat dari kehamilan biasanya dan membutuhkan istirahat yang lebih banyak.

6

Sesak napas pada ibu hamil bisa juga terjadi karena adanya gejala anemia, sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda dan janin Anda tetapi jika Anda mengalami anemia, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi Anda dan janin sehingga kemungkinan terjadi gangguan dalam pemasokan oksigen, hingga mengakibatkan sesak napas. Kondisi yang berbeda mungkin terjadi pada anda yang mengalami penyakit bawaan sebelum kehamilan seperti adanya gangguan asma atau masalah pernapasan lainya sehingga membutuhkan bantuan medis, dalam pemberian penanganan yang sesuai.

Adapun cara mengatasi sesak napas pada ibu hamil yaitu dengan :

1.Lakukan kegiatan olahraga
Dengan berolah raga dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar, dengan senam hamil misalnya, senam hamil biasanya dilakukan pada usia 28-30 minggu masa kehamilan.sebaiknya Ibu hamil selalu duduk dengan tegak agar ruang paru-paru tidak tertekan dan mempunyai ruang untuk bernafas.

2.Saat tidur usahakan agar kepala dan bahu diganjal pada satu atau dua bantal.

3.Jika sesak dirasakan saat berdiri atau berjalan, istirahatlah. Lalu bungkukkan badan dan sandarkan badan pada kursi atau bantal.

4.Agar gangguan sesak napas tidak bertambah parah, sebisa mungkin upayakan menghindari zat alergen atau pemicu kambuhnya asma. Entah itu debu, udara yang dingin dan sebagainya.
Perlu diperhatikan, sebaiknya Anda juga memeriksakan diri ke dokter kandungan selain mengevaluasi kehamilan juga menilai hemoglobin, tekanan darah, gula darah, keadaan jantung dan paru-paru.